Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alat Study Tour Yang Wajib Dibawa !

Study Tour adalah kegiatan belajar untuk mengunjungi sesuai tempat yang telah ditentukan. Biasanya dalam melaksanakan study tour akan mengunjungi museum, tempat wisata dan lainnya. 

Perlu dipahami bahwa Study tour berbeda dengan liburan, berwisata ataupun jalan-jalan. Karena dalam perjalanan Study tour telah ditentukan agendanya dan selesainya akan mengumpulkan tugas laporan individu/kelompok.

Study tour biasanya dilakukan oleh para pelajar atau mahasiswa dan organisasi maupun instansi lainnya. Adapun peralatan yang mesti disiapkan dan dibawa, saat melaksanakan study tour yaitu:

1. Uang Saku

Uang saku penting, asalkan jangan membawanya dalam jumlah yang berlebihan. Dalam perjalanan Studi tour akan ada kebutuhan lain yang dapat dibeli langsung saat tiba di tujuan.Kemudian jika ingin menikmati jajanan ringan atau makanan khas suatu daerah, maka uang saku perlu dipersiapkan supaya pikiran lancar, aman, dan menikmati perjalanan Studi Tour dengan semangat.

2. Alat Tulis

Studi tour akan mengunjungi tempat-tempat sesuai agenda yang sudah ditentukan. Selesai studi tour biasanya akan mengumpulkan tugas laporan. Maka dalam perjalanan studi tour perlu membawa alat tulis guna mencatat hal-hal menarik di setiap agenda.

3. Pakaian

Jangan lupa bawa pakaian selama study tour, sesuaikan dengan lama pelaksanannya. Membawa pakaian yang penting seperti seragam sekolah atau kampus, pakaian santai, jaket, sarung, dan pakaian yang lainnya.

Untuk pakaian harian tak perlu membawa terlalu banyak, cukup beli kaos murah yang ada ditempat-tempat tujuan Studi tour untuk sekedar pakaian ganti malam, dan bersantai.

4. Gadget

Gadget salah satu peralatan penting saat studi tour. Gadget untuk berkomunikasi ke keluarga, alat dokumentasi (bukan untuk selfie), dan memotret benda-benda unik saat kunjungan ke suatu tempat. 

Hasil motret sebagai dokumen pengumpul data untuk bahan membuat laporan. Jangan lupa fungsikan Gadget untuk mewawancarai narasumber di tempat tujuan untuk memperbanyak sumber laporan penelitian nantinya.

5. P3k/obat-obatan

Sebagai peralatan yang penting maka jangan lupa membawa p3k atau obat-obatan untuk kebutuhan. Misalnya vitamin sirup maupun kapsul, obat masuk angin, obat pilek/flu, obat sakit perut, dan lainnya.

Perlengkapan study tour tersebut wajib dipersiapakan. Kurangi barang bawaan yang berlebihan. Sebab dalam Study tour mesti fokus ke tempat yang dikunjungi untuk mencari informasi sebagai bahan membuat tugas laporan.