Wisata Religi Goa Matu di Kabupaten Pesisir Barat Lampung


Hasbundoya.com - Goa Matu di Pesisir Barat memiliki keindahan yang sangat memukau banyak wisatawan takjub saat mengunjungi wisata ini. Selain adanya Makam Syeh minullah dan makam Mahapatih Gajah Mada, pesisir barat juga memiliki wisata religi Gua Matu yang juga menyimpan cerita unik. Gua yang sudah ada sejak puluhan tahun, baru-baru ini mulai terekspos. Gua ini terletak dipekon Way Sindi, tepatnya dikecamatan Karya Penggawa, Pesisir Barat. Jika dilihat dari letaknya Gua Matu ini berjarak dari krui sekitar 11 KM. Namun, Jika ditempuh melalui kendaraan sepeda motor yakni berjarak sekitar 10 KM.

Bagi masyarakat pesisir barat sendiri Gua Matu dikenal lebih dari sekedar gua biasa pada umumnya. Tempat ini menyimpan bayak misteri dengan cerita mistis secara turun temurun. Setela resmi menjadi kabupaten, pesisir barat mulai melakukan terobosan-terobosan baru untuk memperkenalkan segala potensi yang ada kepada masyarakat luas. Salah satunya terus berupaya mengeksplor budaya dan pariwisata yang ada termasuk spot wisata Gua Matu sebagai tempat wisata religi yang layak dikunjungi wisatawan.

Sekarang ini akses menuju Gua Matu sudah di bangun seperti Gerbang utama yang berada tepat dipinggir jalan raya. Tidak seperti sebelumnya, tempat ini belum ada jalan khusus dimana hanya dapat dilewati melalui pinggir lautan dengan melewati tebing-tebing terjal. Berbeda dengan saat ini, Perintah daerah pesisir barat sudah berpartisipasi dengan membangun gerbang utama dan penetapan jalan menuju Gua Matu tersebut.

Secara fakta Gua matu memiliki pemandangan yang indah, panorama laut yang dapat disaksikan saat melakukan perjalanan menuju Gua, ditambah adanya cerita rakyat dengan penuh misteri sebagai sensasi yang akan anda rasakan disaat berkunjung ke wisata ini.

Dahulu kala Gua Matu memang tempat yang begitu menyeramkan, tersiratnya cerita dari rakyat sekitar sebagai tempat tinggalnya mahkluk halus yakni"Jin Matu". Walapun demikian, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak hanya itu saja para petualang yang berkunjung juga akan disuguhkan dengan ribuan kelelawar hitam dengan jumlah yang begitu banyak, kelelawar ini hidup dan tinggal di dalam Gua Matu.

Goa matu menjadi salah satu wisata religi yang sangat berkesan, Diketahui potensi goa matu sendiri dapat mnjafi daya tarik tersendiri sehingga akan berdampak terhadap kenaikan jumlah kunjungan wisatawan di Pesisir Barat.
Tempat wisata alam yang ada menyimpan banyak cerita rakyat yang dipercaya masyarakat setempat hingga kini dan masih terus diperbincangkan.

Cerita terkait penguhuni jin gua matu tersebut menjadi daya tarik bagi wisatwan. Tak heran para pengunjung yang datang pun dari berbagai daerah yang penasaran untuk menggali lebih dalam lagi tentang keadaan wisata religi goa matu tersebut.

Perjalanan untuk memasuki goa matu tergolong sulit, yakni harus menempuh perjalanan yang cukup terjal. Bagi sebagian orang yang tidak biasake tempat ekstrim semacam ini akan merasa ketakutan mengingat kondisi jalan yang berliku memasuki goa hingga keluar di pinggir pantai. Untuk menjangkau goa matu ini harus menunggu pasang surut air laut terlebih dahulu.

Memasuki daerah kawasan gua matu ini, pengujung pasti akan terpikat dengan hamparan hutan yang rindang dengan sejuknya udara membuat suasana perjalanan anda akan sangat menyenangkan. Untuk itu, ayo kunjungi Goa Matu yang ada di kabupaten pesisir barat di provinsi lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel