Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Tips Presentasi dan Persiapannya

Pembahasan mengenai 10 Tips Persiapan sebelum presentasi paling efektif agar lancar. Untuk membuat persentasi lancar maka penting melakukan persiapan. Mulai dari materi dan segala perlengkapannya. 

Menyampaikan persentasi harus dengan cara/tehnik yang baik. Jangan sampai para audiens menjadi bosan, sibuk dengan smartphone dan mengantuk.

Tips Persiapan Presentasi 

Mengapa persiapan persentasi penting di pahami?, Karena supaya dalam menyampaikan presentasi baik secara formal dan non formal dapat berjalan lancar dan kondusif.

Informasi yang disampaikan kepada audiens jelas, tidak keluar dari pembahasan dan mudah dipahami. Untuk itu, simak beberapa cara dalam persentasi berikut ini:

1. Pahami materi

Memahami materi yang akan di presentasikan. Materi terus diulas dan diingat. Sehingga dalam menyampaikan materi tidak banyak membaca naskah. 

2. Kenali audiens

Persiapan selanjutnya adalah mengenali siapa audiensnya. Mempresentasikan suatu materi disesuaikan dengan audiens. Sehingga pembawaannya akan tepat sasaran. 

3. Beri jeda beberapa saat sebelum memulai

Sebelum mulai melakukan persentasi berikan jeda waktu untuk memulihkan ketenangan agar fokus. Hindari persentasi dengan cepat, begitu juga jangan terlalu lambat intinya santai dan sesuai waktu yang sudah di tetapkan. 

4. Atur nafas hingga merasakan ketenangan

Untuk menghindari grogi maka atur nafas dengan baik. Tetap santai dan tenang, fokus pada topik yang di presentasikan.

5. Yakin bahwa anda bisa

Katakan dalam hati bahwa saya bisa melakukannya. Hindari mental pesimis yang akan memperburuk suasana dan tidak fokus. Selalu berfikir yang baik bahwa anda yakin dan mampu melakukannya dengan baik. 

6. Senyum untuk menutupi kegugupan dan Berikan Candaan

Senyum yang tulus dapat membantu mengatasi rasa gugup. Kemudian berikan candaan pada akhir persentasi. Supaya suasana presentasi menjadi kondusif

7. Terimalah ketidaksempurnaan dengan kalimat penutup


Nah, maksudnya memberikan penjelasan dengan rendah hati dan mengakhiri presentasi dengan mengucapkan terima kasih kepada audiens, permintaan maaf, serta minta kritik dan saran yang membangun agar bermanfaat.

8. Sesuaikan penampilan agar audiens fokus pada materi

Sebelum persentasi maka sesuaikan lebih awal penampilan yang sesuai dengan tempat dan kondisinya. Jangan sampai audiens lebih fokus pada penampilan anda. Tetapi buatlah audiens fokus pada materi yang anda presentasikan. 

9. Jangan bebani pikiran dengan menghafal isi persentasi

Ambil point penting saja, karena jika di hafalkan maka akan membuat materi tak tersampaikan dengan baik. Sehingga lupa materi yang akan di ucapkan. Nah, untuk mengatasinya cukup ingat point penting. 
Kemudian dikembangkan dengan gaya penyampaian anda.

10. Tampilkan video/gambar saat presentasi

Menyampaikan presentasi agar lebih kondusif. Jangan lupa siapkan video/gambar sesuai pembahasan pada materi yang akan disampaikan. Tujuannya agar materi tersampaikan dengan jelas dan menghindari audiens supaya tidak merasa bosan.

11. Fokus dan bayangkan anda sedang presentasi di hadapan tokoh

Menyampaikan presentasi agar tidak grogi ialah fokus. Bayangkan saat anda sedang presentasi di hadapan tokoh penting. Sehingga presentasi akan lebih baik. Jika tidak menyiapkan hal-hal penting sebelum persentasi maka jalannya presentasi kurang kondusif.

Jangan jadikan presentasi sebagai beban. Setiap orang memiliki gaya bicara yang berbeda-beda yang penting belajar dan berani melakukan presentasi dan minta kritik dan saran yang membangun untuk kedepannya. 

Jika dipelajari dengan baik maka anda pasti akan ada perubahan. Namun jika malu untuk mempelajarinya maka anda tidak akan mendapatkan perubahan yang lebih baik. 

Konsep presentasi yang baik adalah semakin banyak berlatih dengan metode persentasi yang efektif, mampu memberikan dampak perkembangan terhadap persentasi yang akan dibawakan. 11 Tips persiapan presentasi tersebut diharapkan menjadi refrensi untuk pembaca sekiranya bermanfaat.