10 Tips Persiapan Presentasi Paling Efektif Agar Prs

Hasbundoya.com - Pembahasan kali ini kita akan mengupas mengenai 10 Tips Persiapan sebelum presentasi paling efektif agar lancar. Persiapan itu penting untuk berhasilan dalam presentasi. Terpenting adalah persiapan materi dan segala hal yang berkaitan.

Persiapan dalam melakukan Presentasi selain materi, ada pula menggunakan slide. Akan tetapi ini saja belum cukup, karena agar mapau menampilkan presentasi yang baik maka harus membutuhkan persiapan yang lebih detail dan tersusun agar lebih efektif.

Sebelum menyampaikan persentasi harus  melakukan persiapan. Menyampaikan persentasi bukan hanya sekedar berbicara hingga anda terlalu fokus dengan topik yang disampaikan. Persentasi yang baik harus didukung dengan cara/tehnik yang tepat, jangan sampai para pendengar bosan hingga tidak fokus kepada anda.
Mengapa persentasi penting kita pahami?, Karena menyampakan informasi baik secara formal dan non formal memiliki satu tujuan yakni bagaimana info yang akan disampaikan kepada orang lain harus akurat, jelas, dan dimengerti pendengar.

Pastinya persiapan ini berguna supaya bisa sukses dalam persentasi. Disini anda bisa menerapkan 10 Tips Persiapan Presentasi Paling Tepat Sebelum Mulai.
Baca juga: Cara Membuka Persentasi Yang Baik Dan Menarik Agar Lebih Kondusif

Banyak orang menganggap dalam sebuah persentasi hanya modal cuap cuap saja. Padahal tidak demikian. Artinya prsentasi perlu cara, konsep, dan sistem pembawaan yang tepat. Jika anda tidak biasa, maka anda bisa memahaminya pada pembahasan mengenai 10 Tips Persiapan Presentasi Paling Efektif Sebelum Mulai.
10 Persiapan Sebelum Persentasi Dimulai

Mempersiapkan hal-hal sebelum persentasi dapat membuat anda lebih nyaman saat memulai. Pada dasarnya persentasi hampir sama dengan berpidato untuk susunanya juga sama-sama memiliki pembukaan, isi, penutup, tanya jawab/tanggapan, kesimpulan dan lainnya. Hanya saja di bagian pidato disampaikan secara formal dan tidak dengan diskusi.

Untuk itu mari kita simak persiapan sebelum persentasi dimulai berikut ini:

1. Lakukan persiapan awal hingga lengkap.

Persiapan ini sebagai modal utama, ibarat kita akan berlayar ke tengah laut maka kita harus mempersiapkan apasaja yang dibutuhkan. Begitu juga dengan persentasi, lakukan persiapan mulai dari penguasaan materi apasaja yang akan disampaikan.

2. Atur nafas hingga merasakan ketenangan.

Karena gerogi biasanya nafas akan menggebu-gebu dengan cepat. Untuk itu, anda harus mengatur nafas setiap anda berbicara. Atur intonasi dan artikulasi kalimat yang jelas dengan suara yang tegas penuh wibawa.

3. Beri jeda beberapa saat sebelum memulai.

Sebelum mulai melakukan persentasi berikan jeda waktu untuk memulihkan ketenangan agar fokus. Hindari persentasi dengan cepat, begitu juga jangan terlalu lambat intinya santai dan sesuai waktu yang sudah di tetapkan.

4. Katakan dengan yakin bahwa anda bisa.

Tanamkan dalam hati bahwa saya bisa melakukannya. Hindari mental pesimis yang akan membuat anda menjadi tidak fokus. Selalu berfikir yang baik bahwa anda yakin dan mampu melakukannya dengan baik. Sehingga apabila rasa cemas menghantui akan santai dan sukses.

5. Senyum untuk menutupi kegugupan dan bergerak dengan bahasa tubuh.

Seyum dengan tulus dapat membantu anda menghindari rasa gerogi percayalah apabila anda sudah mentok dan bingung apa yang mau disampaikan, berikan senyuman sejenak sembari memberikan lelucon kepada para audiens.

6. Terimalah ketidaksempurnaan dengan kalimat penutup.


Nah, disini saat nya memberikan penjelasan dengan rendah hati. Sembari memberikan kesimpulan akhir hingga penutup dengan mengucapkan terima kasih kepada audiens yang hadi dan ucapkan mohon maaf atas kekurang. Ini akan menjadikan diri anda dilihat lebih profesional.

7. Sesuaikan penampilan agar audiens fokus pada materi.

Saat persentasi selain fokus pada materi, anda harus memperlihatkan penampilan yang sesuai dengan acara. Jangan sampai audiens fokus pada penampilan anda akan tetapi bagaimana caranya membuat penonton larut akan topik yang dibahas

8. Jangan bebani fikiran dengan menghafal isi persentasi.

Ambil point penting saja, karena jika di hafalkan maka akan membuat pikiran anda buyar akhirnya lupa kalimat mana yang akan di ucapkan. Nah, untuk mengatasinya cukup ambil topik permasalahan dan tujuan nya saja. Selebihnya tinggal kembangkan dengan bahasa sendiri sembari berikan respond kepada audiens.

9. Persiapkan alat bantu untuk mengalihkan kecemasan dan mengisi kejenuhan.

Alat bantu agar dapat menjadikan acara lebih kondusif. Seperti powert point, LCD, laptop. Ini dapat anda gunakan memutar video yang sesuia dengan pembahasan. Ini menghindari agar audiens tidak jenuu dan bosan. Selain itu, anda akan lebih banyak mendapatkan bahasa pembahasan.

10. Bayangkan anda sedang persentasi di hadapan orang-orang besar.

Agar tidak gerogi dan selalu fokus. Saat berlangsung persentasi sebaiknya menguasai dengan penuh percaya diri. Anggap saja anda sedang persentasi dihadapan presiden. Ini akan sangat membantu agar terlihat santai dan nyaman.

Tidak bisa dipungkiri bahwa persentasi pasti akan kita temui hampir disetiap bidang, terlebih jika pelajar/mahasiswa, melamar suatu pekerjaan atau berkompetisi. Ini merupakan tahapan penilain sebagai penentu agar dapat lolos tahap selanjutnya atau berhasil. Baca juga: Cara Membuka Presentasi yang Baik dan Menarik

Jika anda tidak menyiapkan hal-hal penting sebelum persentasi maka akan membuat anda gugup. Apalagi jika anda demam panggung, maka sefasih apapun materi yang akan anda persentasikan akan hilang.

Jangan pernah menganggap persentasi ini sulit. Setiap orang memiliki gaya bicara yang bebeda-beda tergantung bagaimana anda memperbaiki apabila terdapat kekurangnya dan terus koreksi saat anda persentasi lagi sebagai bahan perbandingan bagi anda. 10 Tips persiapan presentasi paling tepat sebelum mulai tersebut sudah sering digunakan oleh para penyiar, mahasiwa, dan lainnya.

Jika dipelajari dengan baik maka anda pasti akan ada perubahan. Namun jika malu untuk mempelajarinya maka anda tidak akan mendapatkan perubahan yang lebih baik. Konsep persentasi yang baik adalah semakin banyak berlatih dengan metode persentasi yang efektif, mampu memberikan dampak perkembangan terhadap persentasi yang akan dibawakan.

Itulah 10 Tips Persiapan sebelum presentasi dimulai yang dapat anda jadikan sebagai bahan pembelajaran supaya lebih baik dalam melakukan persentasi di depan publik. Anda bisa memahaminya dengan bertahap dan santai supaya berhasilm selamat mencoba ya sahabat semuanya !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel