Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembuatan Kopi Lesung Nikmat

Kopi lesung merupakan salah satu cara dalam menghasilkan kopi yang tumbuk dengan lesung dan alu. Biji kopi yang telah dibersihkan dari kulitnya dan disangrai, lalu ditumbuk dengan lesung. 

Cara tersebut merupakan proses masyarakat melayu agar menghasilkan bubuk kopi yang nikmat sejak dahulu. Sekarang ini, minuman kopi bukan hanya dijadikan sebagai kebutuhan tapi sudah menjadi gaya hidup baik kaula muda hingga orang tua. 

Aroma kopi yang ditumbuk dengan lesung dan alu akan mengahasilkan aroma kopi yang wangi dan nikmat. Proses pembuatan Kopi tersebut melalui beberapa tahapan. Berikut cara membuatnya:

Pembersihan Kulit Kopi Cara Basah

Membersihkan kulit kopi dilakukan dengan cara basah atau kering. Jika cara basah maka Kopi hasil panen akan langsung ditumbuk terlebih dahulu untuk memisahkan kulitnya. 

Kemudian Kopi yang sudah ditumbuk akan terkelupas dan langsung dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. 

      (Foto: Proses penjemuran setelah di tumbuk basah)
Setelah kering maka dilakukan penumbukan kembali sampai biji kopi benar-benar terpisah dari kulitnya hingga bersih.

Pembersihan Kulit Kopi Secara Kering

Jika membersihkan kulit kopi dengan cara kering, maka kopi yang baru dipanen tidak langsung dibersihkan dengan ditumbuk. Melainkan langsung dijemur sampai kulit kopi mengering. Cara ini biasanya untuk menyimpan biji kopi dalam jumlah banyak dan akan dijual setelah bersih.

Caranya Kopi di jemur beberapa waktu sampai kering. Setelah kering maka kopi langsung di masukan dalam lesung untuk di tutu. Sehingga kulit kopi akan terpisah langsung dengan biji. Kemudian tinggal dibersihkan sampai biji kopi siap disangrai sampai matang.

Jika kopi sudah selesai disangrai, maka tinggal memilih apakah proses penggilingan hingga menjadi bubuk menggunakan mesin atau di tumbuk. 

Jika menggunakan mesin berarti bukan Kupi Tutu karena dengan mesin. Tapi jika ditumbuk sampai menjadi bubuk itulah yang disebut Kupi Tutu.

Cara Membuat Kupi Tutu 

Kupi Tutu, hanya dilakukan penyangraian dan dicampur pasir putih. Sehingga biji kopi akan matang sempurna yang dihasilkan dari panas wajan dan pasir. Berikut langkah membuat Kupi Tutu:

1. Panaskan kuali, masukan pasir putih (ambil dari pinggir laut) dan tunggu sampai panas. 

2. Kemudian masukkan biji kopi, dan sangrai sampai biji kopi matang sempurna. Warna kopi hitam dan sudah tercium aromanya.

3. Setelah matang, bersihkan kopi dari pasir. Sampai tak tersisa pasir yang menempel pada biji kopi.

4. Tiriskan, dan tumbuk biji kopi tersebut menggunakan Lesung dan Helu. (Lesung dan Helu: alat tradisional khusus penumbuk kopi). 

5. Tumbuk secara berulang dan bubuk kopi disaring untuk memisahkan bubuk kopi yang sudah halus. Lakukan sampai selesai. 

6. Bubuk kopi yang sudah halus tersebut sudah dapat nikmati. Atau langsung dikemas untuk dipasarkan. 

Sekarang ini, untuk membuat bubuk kopi bisa langsung digiling dengan mesin. Bagi yang suka dengan kopi yang di tumbuk dengan lesung dapat membuatnya sendiri di rumah sesuai selera. 

Namun para pecinta kopi dapat membedakan aroma dan rasa karena kopi lesung tidak di giling dengan mesin, melainkan ditumbuk pada lesung dan alu.