Mengenal Seruit Makanan Tradisional Khas Lampung dan Cara Pembuatannya


Hasbundoya.com - Seruit merupakan makanan asli yang berasal dari provinsi Lampung. Seruit berupa masakan tradisional yang berbahan dasar ikan. Disajikan dengan cara digoreng atau dibakar sesuai selera kemudian di temani sambal terasi. Selain itu, menu lain sebagai pelengkap makanan seruit ini meliputi tempoyak berupa olahan durian yang sudah di permentasi.

Untuk jenis ikan bisa ikan air tawarbl atau laut tergantung besarnya seperti ikan simba, baung, layis, patin, dll, ynag disajikan bersama dengan dilengkapi lalapan berupa sayuran. Untuk jenis lalapannya berupa timun, kol, sawi, kemangi, pete, jengkol, daun jambu monyet, dll.

Makana seruit ini cukup populer, bagi setiap pengunjung ke lampung sudah biasa menyantap hidangan berupa seruit ini. Sedangkan minumannya yakni serbat, terbuat dari buah mangga kwini yang disajikan dengan di belah lal dicampur air dan gula atau juga dibuat langsung berupa jus.

Secara umum, makanan seruit ini selalu ada pada tiap-tiap acara. Baik dilakukan oleh masyarakat lampung sai batin maupun pepadun. Keduanya juga sama-sama memiliki kebiasaan serupa seperti berkumpul bergotong royong sesuai falsafah hidup masyarakat lampung. Saat berkumpul dalam kegiatan sosial seperti upacara-upacara adat diperlukan makanan yang dapat dinikmati secara bersamaan seperti makanan khas seruit.

Namun, kebiasaan makan makanan seruit ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Hal ini dikarenakan masakan ini begitu lezat dan benar-benar mantap.

Berikut ini beberapa tahapan cara untuk membuat makanan seruit yakni:

- Mempersiapakan terlebih dahulu bahan utama yakni ikan. Dimana ikan yang sudah dibersihkan dan telah ddilumuri dengan garam. Kemudian siapakan bumbu rempah-rempah yang sudah dihaluskan berupa bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar dan jeruk nipis.

- Setelah semua selesai, lanjut pada proses pembakaran. Ikan yang sudah dibumbui garam tersebut langsung dibakar selang beberapa menit, jika sudah setengah matang maka ikan tersebut langsung diolesi dengan kecap manis sambil mengoleskan campuran bumbu yang telah dihaluskan diatas.

- Pembuatan sambal seruit.
Untuk menikmatinya maka disiapkan terlebih dahulu sambal untuk santapan seruit yakni cabai merah, cabai kecil, masako, rampai, garam, gula dan terasi yang sudah di bakar. Bahan-bahan tersebut dibersihkan dan langsung ditumbuk sampai halus.

Untuk menikmatinya sediakan tempoyak yakni durian yang sudah dipisahkan dari bijinya dan telah diawetkan dengan cita rasa yang asem. Tempoyak bisa di campurkan saat pembuatan sambal atau dipisah.

Tak ketinggalan untuk menambahkan menu kuah santan kental sebagai sayurannya, termasuk tambahkan beberapa jenis lalapan yang sudah disiapkan diawal.

Seruit pun siap disantap, bersamaan dengan nasi hangat. Cara menyantapnya, ambil daging ikan, sambal, tempoyak, dan lalapan, nikmati bersama kuah santan yang dicampur menjadi satu dan langsung di santap. Wooww mantap.

Di provinsi lampung sendiri terdapat rumah makan yang menyediakan makanan seruit. Harga yang ditawatkan cukup irit dan sangat pas dengan kantong anda. Jika anda datang ke lampung jangan lewatkan oleh-olehnya. Sebab, anda tinggal datang ke toko-toko yang menjual makanan khas seperti aneka jenis olahan kripik pisang, sambal Lampung dalam bentuk kemasan, ada juga kue lempok yakni sejenis dodol, aneka manisan, dan kerupuk kemplang khas lampung.

Oleh karena itu, mari datang ke lampung nikmati kuliner khas nya yang lezat dan jelajahi panorama alam di Sai Bumi Rua Jurai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel