Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dialek kita Beda, Tips Belajar Bahasa Lampung Lebih Mudah !

Rumpun Bahasa Lampung dalam kehidupan sehari-hari terkadang dijadikan sebuah perbedaan. Bahkan dalam 1 dialek saja sering terjadi pemahaman yang berbeda.

Wajar saja karena tidak semua kata Bahasa Lampung bisa sama pengucapannya. Bahasa daerah Lampung adalah rumpun bahasa melayu di sumatra bagian selatan. Di daerah Lampung memakai bahasa daerah. 

Namun, terkadang bahasa Lampung dianggap sulit, padahal mudah. Apalagi di peruntukan dalam menjawab tugas muatan lokal di daerah Lampung. 

Misalnya sesama dialek A berbicara Bahasa Lampung kadang menemukan pengucapan yang beda seperti contoh Lamban artinya Rumah, ada juga Nuwa/Nuwo yang artinya sama yakni Rumah.
Dengan adanya pengucapan berbeda tersebut kita mendapatkan pemahaman untuk menambah pengetahuan dalam mempelajari muatan lokal Bahasa daerah Lampung.

Tips Belajar Bahasa daerah Lampung Dengan Mudah

Mempelajari Bahasa Lampung sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menghafalkan Aksara Lampung

Menghafalkan aksara Lampung akan mempermudah kita untuk berkomunikasi. Untuk adik-adik pelajar misalnya, bisa menghafalkan Ka, Ga Nga, secara bertahap dan anak hurufnya.

2. Menulis Aksara Lampung

Belajar menulis kata atau kalimat, bisa dengan Bahasa Lampung atau Aksara Lampung. Tapi biar mudah tetap harus menghafal induk aksara dan anak huruf lebih awal agar lebih mudah.

3. Praktek Komunikasi

Misalnya kata-kata yang anda hafal terus diucapkan. Supaya makin lancar. Atau dengan perkenalan diri dengan Bahasa Lampung dan menyebutkan kalimat lainnya. 

Tips ini sangat sederhana, belajar Bahasa Lampung. Untuk sekedar berkomunikasi dan mengerjakan tugas muatan lokal, mudah dipahami jika dipelajari secara santai di daerah.