Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tips Menjalankan Bisnis Tour Guide Yang Menghasilkan

Menjadi seorang tour guide memang terlihat sederhana tapi bisa menghasilkan pundi rupiah. Tour guide sebagai pemandu para wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu daerah wisata tentu menyenangkan. 

Menjadi tour guide dapat dilakukan secara personal maupun tim. Tentunya dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama ke tempat-tempat wisata.
Cara menjadi tour guide wisata cukup mudah, tentunya memasarkan paket wisata kepada orang-orang terdekat secara konsisten. Supaya mendapatkan konsumen untuk memesan paket wisata dan sebagai petunjuk jalan ke lokasi wisata. 

Bagaimana tips menjadi tour guide yang baik agar menghasilkan? Berikut cara sederhananya:

1. Kerjasama

Langkah awal ialah menjalin kerjasama kepada pemilik wisata, melalui petugas atau owner langsung. Supaya anda mendapatkan informasi paket wisata yang lengkap. 

Kemudian, tentukan kerjasama terkait fee yang akan anda terima. Apakah memasarkan dengan harga di luar modal atau dengan target jumlah pengunjung yang anda dapatkan.

2. Promosikan paket

Langkah selanjutnya ialah mempromosikan paket wisata tersebut. Caranya mulailah dengan orang-orang terdekat. Gunakan media sosial untuk menginformasikannya agar dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Cara ini sangat efektif, dapat di lakukan dengan menggunakan brosur atau secara online. Jangan lupa cantumkan kontak person di setiap keterangan terkait informasi pemesanannya.

3. Wajib Booking 

Jika terjadi pemesanan maka lakukan DP lebih awal sebesar 50%, untuk sisanya pelunasan minimal 3 hari sebelum keberangkatan. Ini bertujuan supaya konsumen tidak melakukan pembatalan.

Berikan ketentuan, apabila sudah melakukan DP maka tidak dapat dibatalkan kecuali pembalikan uang sebesar 15% dari jumlah yang telah di DP.

4. Tentukan penjemputan

Ada 2 versi penjemputan, diantarnya di terminal atau stasiun. Kemudian menunggu di titik penyeberangan atau di lokasi gerbang utama wisata. Tentunya harga penjemputan kedua lokasi berbeda maka kenakan tarif tambahan. 

5. Sediakan kendaraan

Untuk pengunjung yang telah mendaftar tawarkan jasa kendaraan. Misalnya antar jemput dari terminal pulang pergi. Untuk biaya di luar paket wisata supaya mendapatkan tambahan keuntungan.

Menjadi tour guide sangat menyenangkan dan tentu dapat menambah relasi atau pertemanan. Kemudian mendapatkan pengalaman perjalanan wisata.