Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Syarat Ketentuannya

Hasbundoya.com - Memilih hewan kurban harus jeli yakni sesuai dengan syarat ketentuan nya. Biasanya menjelang Hari raya idul adha 1439 hijriah masyarakat yang ingin berkurban membanjiri peternak hewan baik kambing maupun sapi. Ditambah banyak bermunculan pedagang hewan kurban yang begitu ramai menghiasi seluruh daerah.

Hari raya kurban yang sangat ditunggu masyarakat muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah dengan saling berbagi melalui kurban. Jika anda ingin membeli hewan ternak tersebut untuk di kurban kan maka, alangkah baiknya jika ada berhati-hati . Jangan sampai anda salah memilih yang tidak sesuai dengan kriterianya.
Tips memilih hewan kurban dapat juga dilihat dari kasat mata. Ini bertujuan apakah layak hewan pilihan anda tersebut utuk dikonsusmsi. Jadi, anda perlu memperhatikannya dengan serius. Sebap, setiap hewan pasti ada yang cacat atau kurang sehat, bahkan memiliki penyakit yang tak Nampak sekilas.

Berikut ini tips mudah untuk memilih hewan kurban yang sehat dan sesuai syarat berkurban serta sangat layak untuk di konsumsi dengan aman:
1. Harus memenuhi syarat umur
Point utama untuk hewan berkurban adalah harus esuai umur yang telah ditentukan. Syarat ini dapat anda lihat dari segi fisik mulai dari berat badan dan apakah sudah pernah terjadi pergantian gigi seri baik di depan juga gigi bawah. Selain itu, untuk masalah usia dari kambing kurban yakni sudah masuk minimal 1 tahun. Namun, apabila usia khusus hewan sapi kurban yakni minimal 2 tahun.

2. Pilih hewan kurban yang sehat

wajib anda memilih jenis hewan kurban baik sapi maupun kambing yang dalam kondisi sehat. pilih keduanya yang terlihat bersih, segar, dan anda dapat mengamati kontak mata secara langsung yakni pilih yang memiliki mata cerah, dan gerakan licah, aktif, serta memiliki nasfu makan yang sangat tinggi.

3. Jangan pilih yang cacat

hindari memilih hewan kurban dalam kondisi cacat. Pilihlah yang aman dari segi fisiknya. tidak cacat disini yaitu hewan kurban baik sapi maupun kambing dengan posisi yang tidak pincang, apalagi buta, patah kaki, dan daun telinga tidak ada bahkan terdapat koreng atau bekas luka yang cukup parah.

4. Perhatikan tempat pembelian hewan
Tempat pembelian hewan ini sangat berpengaruh terutama dari kesehatan hewan. Anda wajib memilih tempat penjualan yang layak, bersih dan tidak dekat dengan tempat sampah. pemilihan tempat disini adalh hal yang tak kalah penting untuk di amati.

Anda sebaiknya tidak usah membeli hewan kurban yang diternak pada tempat-tempat pembuangan sampah terutama. Hal ini disebabkan bagi hewan yang diternak tersebut tidak dengan kondisi yang tepat maka sangat beresiko yang dapat berpotensi mengandung bahan berbahaya saat di konsumsi. Jalan alternatifnya pilihlah hewan kurban dalam posisi yang diternak pada lingkungan yang bersih termasuk yang jauh dari polusi udara.

Nah, sahabat blogger jangan lupa untuk melakukian hal diatas sebagai cara yang dapat membantu anda untuk membeli hewan untuk berkurban agar sesuai dengan kriterianya. Demikian informasi yang kami sampaikan semoga bermanfat untuk semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel