Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Daya Baterai Gawai/Hp Lebih Tahan Lama

Daya baterai yang awet tergantung pemakaian. Agar Baterai dapat bertahan lama, kemungkinan dapat dilakukan dengan menghemat daya. Mengurangi pemakaian menjadikan daya baterai akan sedikit berkurang. 

Namun kecenderungan menggunakan gawai (Handphone) sebagai alat untuk melancarkan aktivitas. Daya baterai cepat berkurang disebabkan faktor penggunaannya. Daya baterai akan bertahan jika digunakan dengan baik dan segera dilakukan pengisian saat dalam kondisi sebelum daya baterai mati. 
Pada pemakaian dan penggunaan, daya baterai dapat awet atau mengalami kerusakan, yang diakibatkan kecerobohan dalam menggunakan. Gawai memiliki tipe dan merk yang berbeda, kualitas dan spesifikasi berbeda-beda.

Tergantung pada harga masing-masing gawai. Spesifikasi daya baterai juga terdapat perbedaan, dapat dilihat pada keterangan yang tercantum. 
Gawai memiliki daya baterai berbeda. Perlunya merawat dalam penggunaannya agar awet. 

Daya baterai akan sebanding dengan kapasitas yang dimiliki. Kapasitas daya baterai mempengaruhi pada pemakai. Pentingnya mengetahui kapasitas daya baterai, supaya dapat memaklumi pada saat daya baterai digunakan berkurang. 

Baterai adalah kekuatan utama gawai yang mesti dijaga dalam penggunaannya. Berkomunikasi dengan telekomunikasi atau menggunakan media sosial juga mempengaruhi daya baterai. 

Sehingga pentingnya merawat gawai agar tidak cepat rusak mengenai daya tampung pada baterai. Menyebabkan daya baterai akan cepat berkurang dan menjadi tidak stabil. 

Berikut cara mudah membuat daya baterai lebih awet:

1. Jika daya baterai tinggal 50% masih dapat digunakan. Hindari melakukan pengisian daya. 

2. Mengurangi kecerahan pada kontras layar akan mempengaruhi. Daya baterai akan awet karena tampilan layar yang tidak terlalu cerah. 

3. Mengaktifkan penghemat daya jika daya baterai sudah dalam keadaan dibawah 50%. Penghemat daya akan membantu daya baterai menjadi awet. 

4. Tentunya mengoptimalkan pemakaian. Daya baterai pada gawai akan awet dan tahan sesuai kapasitas gawai. 

5. Mengisi daya baterai sampai pada angka full 95-99%, terlalu lama mengisi daya gawai sampai melebih keterangan angka 100% menyebabkan gawai mudah mengalami kerusakan.

Untuk Menggunakan Power Saving dan Energi Saving atau penghemat baterai di Android diaktifkan ketika baterai dibawah 50%. Cara tersebut cukup bermanfaat menjadikan daya baterai awet dan tidak mudah rusak. Daya baterai cukup mudah mengalami kerusakan, karena mengisi daya dalam waktu yang berlebihan. 

Tips sederhana menggunakan gawai agar daya  baterai lebih awet. Namun kapasitas baterai tergantung pada merk dan tipe. Gawai jika sudah rusak akan sulit digunakan, kecuali diperbaiki atau diganti dengan yang baru.