Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Seruit dan Cara Membuatnya

Seruit merupakan sebutan dalam bahasa daerah untuk makanan, berupa ikan panggang/goreng yang dimakan dengan sambal tempoyak. Ikan panggang dinikmati dengan lalapan segar. Sambal tempoyak, atau sambal terasi dicampur dan diberi kuah santan. 

Masakan seruit dibuat dari bahan utama ikan. Disajikan dengan cara digoreng atau panggang sesuai selera saja. Kemudian di temani sambal terasi, tempoyak, tempe dan tahu yang telah di goreng. 

Selain itu, menu lain sebagai pelengkap makanan seruit ini ialah terong dan peternakan yang telah di panggang. Untuk jenis ikannya ialah ikan simba, baung, dan lainnya. Untuk lalapannya ialah timun, sawi, kemangi, pete, jengkol, dan lainnya.
Makanan seruit mudah dibuat dengan sederhana misalnya ikan goreng dan sambal terasi. Santap dengan nasi hangat dan masakan kuliner lainnya. 

Berikut ini beberapa tahapan cara untuk membuat makanan seruit yakni:

- Mempersiapkan terlebih dahulu bahan utama yakni ikan. Dimana ikan yang sudah dibersihkan dan telah di lumuri dengan garam. Kemudian siapkan bumbu rempah-rempah yang sudah dihaluskan berupa bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar dan jeruk nipis.

- Setelah semua selesai, lanjut pada proses pembakaran. Ikan yang sudah dibumbui garam tersebut langsung dibakar selang beberapa menit, jika sudah setengah matang maka ikan tersebut langsung diolesi dengan kecap manis sambil mengoleskan campuran bumbu yang telah dihaluskan di atas.

- Pembuatan sambal seruit.
Untuk menikmatinya maka disiapkan terlebih dahulu sambal untuk santapan seruit yakni cabai merah, cabai kecil, masako, rampai, garam, gula dan terasi yang sudah di bakar. Bahan-bahan tersebut dibersihkan dan langsung ditumbuk sampai halus.

Untuk menikmatinya sediakan tempoyak yakni durian yang sudah dipisahkan dari bijinya dan telah diawetkan dengan cita rasa yang asem. Tempoyak bisa di campurkan saat pembuatan sambal atau dipisah.

Tak ketinggalan untuk menambahkan menu kuah santan kental sebagai sayurannya, termasuk tambahkan beberapa jenis lalapan yang sudah disiapkan diawal.

Seruit pun siap disantap, dengan nasi hangat. Ambil daging ikan, tambahkan sambal, tempoyak, dan lalapan, nikmati bersama kuah santan yang telah dicampurkan dan langsung di santap.