3 Tips Sukses Menabung Celengan

Tips sukses menabung celengan agar tidak diambil cuma-cuma. Sering terjadi saat hendak mengisi celengan malah terpakai di esokan harinya. 

Sebenarnya tips menabung di celengan butuh komitmen yang kuat. Walaupun berusaha menyimpan uang di celengan tapi tetap saja habis terpakai. Permasalahan ini perlu diinisiasi agar dapat menabung dengan baik.
Menyisihkan sebagian uang untuk ditabung merupakan kegiatan positif. Menabung untuk digunakan mengisi keperluan yang lebih penting. Kunci menabung adalah konsisten dan jangan dipakai walaupun keuangan tidak stabil.

Untuk lebih mudah menyisihkan uang untuk ditabung di celengan maka perlu cara yang tepat. Supaya tabungan hasil celengan dapat terkumpul dengan banyak.

Berikut beberapa tips yang sangat mudah untuk menabung celengan dirumah agar lebih efektif dan semangat:

1. Sisihkan Setiap Pemasukan

Setiap gajian langsung sisihkan sebagian uang untuk menabung dan khusus tabungan di celengan. Jangan menunggu uang sisa  Sebab, kebutuhan tak terduga dan kebutuhan lain mesti disiapkan lebih awal. Untuk menyikapinya sisihkan setiap pendapatan untuk ditabung.

Yakinkan diri untuk tidak menguranginya. Walaupun keadaan uang sudah menipis. Jangan sampai celengan tersebut terpakai karena kebutuhan yang mendesak secara tiba-tiba.

2. Tentukan Nominal dan warna

Selanjutnya tentukan nominal yang tepat dan sesuai dengan kesanggupan. Caranya cari warna yang mencolok misalnya pecahan uang Rp. 10.000 atau Rp.20.000 yang identik dengan warna cerah namun nilainya standar.  

Ingat selalu warna dan nominal uang yang sudah ditentukan. Apabila terdapat sisa uang belanja dengan nominal tersebut, jangan ragu lagi segera masukan kedalam celengan yang sudah disiapkan. Artinya piliha salah satu nominal Rp10.000 atau Rp20.000 segera sisihkan.

3. Konsisten dan komitmen 

Sikap konsisten harus anda terapkan apabila ingin menabung agar tabungan rutin dilakukan. Selain itu, harus komitmen untuk tidak menggunakan atau memakainya untuk hal-hal yang tidak penting. Misal konsisten menabung dengan setiap hari atau setiap bulannya.

Sebenarnya menabung bukan hanya di celengan. Dapat dengan ATM atau Investasi secara langsung, seperti emas, berlian, tanah, rumah, dan lainnya. Tergantung keinginan dan kesanggupan masing-masing.

Manfaat menabung celengan, salah satunya dapat mengubah kebiasaan untuk selalu hemat. Minimal harus ada nominal yang di sisihkan yang penting fokus dan konsisten.

Sebenarnya menabung celengan penting. Pisahkan anggaran untuk kebutuhan pokok harian, bulanan, dan kebutuhan tak terduga. Supaya segala transaksi terlihat jelas dan terkonsep. Namun bukan berarti pelit, hanya menghitung agar pengeluaran terkontrol dengan baik. 

Menabung adalah tindakan menyimpan uang untuk kebutuhan sesuai rencana. Misalkan berkeinginan membeli rumah, memiliki mobil dan lainnya. Maka cara yang efektif adalah menyisihkan uang dengan menabung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel