Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Pembukaan Menjadi Moderator

Pembukaan setiap persentasi juga mempengaruhi kenyamanan dan kefokusan peserta. Jangan sampai ketika anda memulai berbicara didepan rekan-rekan anda atau di bisnis anda, orang lain malah dibuat ngantuk dan banyak yang main handphone, sehingga materi yang anda sampaikan tidak mendapat perhatian dan respond positif dari audiens. 
Pembawa acara atau moderator akan membangun komunikasi yang baik yakni diawali dari pembukaan, agar memberikan pengaruh terhadap audiens untuk memperhatikan acara selesai.

Untuk itu, perhatikan terlebih dahulu mengenai penjelasan dan fungsi dari pembukaan dalam sebuah presentasi berikut ini:

- Pertama adalah untuk menjelaskan dari tujuan Anda, pembukaan presentasi berfungsi untuk memberikan informasi kepada seluruh pendengar/audiens terkait apa yang mereka dapatkan dari sisi persentasi yang anda sampaikan tersebut.

- Kedua sebagai sebuah pola dan bentuk dalam memebuat audiens semakin penasaran dengan melihat tampilan gambar-gambar yang tersaji meliputi masalah apa saja yang akan anda paparkan, berapa lama waktu yang anda pakai, dan konsepnya bagaimana.

- Ketiga sebuah pembukaan juga berfungsi untuk memotivasi dan menciptakan audiens untuk berkeinginan menyaksikan persentasi anda dari awal sampai akhir. Sehingga mereka akan fokus dab larut akan informasi yang anda sampaiakan.

Jadi, pembukaan dalam persentasi memiliki fungsi yang penting, karena ini merupakan suatu hal yang paling awal yang akan didengar dan disaksikan oleh audiens. 

Untuk itu, anda perlu membuat bagian-bagian yang menarik untuk menciptakan sebuah pembukaan yang baik agar anda lebih leluasa dalam menguasai situasi keadaan.