Contoh Karangan Bebas Tema: Inspirasi

Belajar membuat narasi karangan sebagai materi pembelajaran. Narasi karangan bebas yang memiliki inspirasi. Contoh Karangan Narasi sangat beragam, meliputi karangan tentang pengalaman pribadi, Pendidikan, Liburan, Lingkungan, Guru, dan Sekolah.  

Menulis karangan yang bersifat menginspirasi tentu bermanfaat untuk memotivasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Inspirasi merupakan sesuatu yang dapat menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu, dan sebagainya).
Pengertian lain dari Inspirasi adalah percikan gagasan kreatif yang timbulkan dari proses pembelajaran dan kepedulian terhadap lingkungan. 

Karangan yang bersifat Inspiratif ialah teks narasi berisikan kisah fiksi atau kenyataan sebenarnya terjadi yang dapat memberikan inspirasi kepada pembaca dengan judul: "Seorang kakek tangguh yang mandiri".

Seorang Kakek Tangguh Yang Mandiri

Dikisahkan seorang kakek yang hidup dalam kesendiriannya. Namanya seorang kakek, tentu saja akan sedih jika harus tinggal sendiri dan berpisah dari anak-anaknya yang sudah memiliki kehidupan masing-masing. Mungkin banyak yang berhasil melewati kondisi dan situasi seperti ini, namun tentu tidak bagi seorang laki-laki bernama Mbah Parno.

Mbah Parno terlihat tangguh tinggal sendirian di rumah tanpa anak-anak dan cucunya. Istrinya sudah lama meninggal dunia. Walaupun berusia 84 tahun, ia masih tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari dengan santai. Setiap minggu diantara anak dan cucunya masih tetap datang untuk sekedar mengobati rindu. Mbah Parno memiliki anak-anak yang sudah berkeluarga dan tidak tinggal bersama karena telah memiliki tempat tinggal masing-masing.

Meski demikian, keluarganya mulai dari anak dan cucu-cucunya sangat bersyukur karena Mbah Parno masih diberikan kesehatan. Bahkan, sampai saat ini Mbah Parno masih mampu tinggal sendiri, bekerja, dan mengurus rumahnya. Mbah Parno sudah berusia senja, mata dan telinga sudah tidak seperti waktu muda. 

Kondisi Mbah Parno sudah tua, rasa sakit pada tubuhnya sering muncul tiba-tiba. Namun karena sering melakukan pengobatan, rasa sakit yang ia rasakan berangsur-angsur pulih, bahkan hingga saat ini Mbah Parno masih dapat berkumpul bersama tetangga dan saudara dekat. 

Bahkan ia masih mampu beraktifitas mengurus beberapa ternak unggas miliknya di rumah dan masih tetap rajin beribadah kepada tuhan. Semangat hidup Mbah Parno sebagai bentuk syukurnya kepada tuhan.

Sepenggal kisah ini dapat diambil pelajaran. Seseorang yang sudah lanjut usia masih tetap semangat beraktifitas walaupun hidup sendirian tanpa ditemani anak dan cucunya.
Oleh karena itu, sesedih apapun dalam hidup tidak perlu bersedih hati. Pada dasarnya hidup itu untuk dijalani bukan di tangisi dan terpuruk dalam kesedihan.

Termasuk ketika orang-orang yang kita sayangi tidak tinggal bersama. Jangan sampai kehilangan akal sehat, dan melakukan bebagai tindakan yang merugikan. Hal tersebut dikarenakan, segala sesuatu akan kembali kepadaNYA. Setiap orang akan merasakan jalan hidup baik suka maupun duka, dan itupun akan berlaku untuk semua tinggal menunggu waktu giliran. 

Selain itu, jika anda mengalami hal serupa di tinggalkan orang tua, di tinggal istri, anak, dan keluarga terkasih tidak perlu bersedih yang berlebihan karena dengan ikhtiar, doa, dan meminta petunjuk dari yang Maha Kuasa, kondisi terpuruk, kesedihan, dan kesengsaraan hidup akan kembali kepada kondisi semua. Kebahagian, keberkahan kembali terasa berkat kuasaNYa.

Bahkan, bisa saja dia akan menjadi pribadi  lebih baik untuk tetap semangat dalam menikmati karuniaNYA. Hal ini telah di buktikan oleh Mbah Parno yang melewat kehidupan mandiri dengan kondisi yang sudah senja.yang satu ini pun di ceritakan sendiri oleh sang putri yang begitu senang karena ayahnya telah kembali seperti sedia kala.

Mbah Parno sangat mengharukan. Bahkan, cerita inspiratif ini diceritakan langsung oleh orang terdekat yang merasa senang karena Mbah Parno sudah kembali sehat seperti biasanya.

Demikianlah pembahasan terkait Contoh Karangan Bebas dengan Tema: Inspirasi. semoga adanya contoh teks karangan bebas tersebut dapat bermanfaat kepada pembaca. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel