Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Terbaru dan Cara Penulisan

Contoh  Daftar Riwayat Hidup (CV) Terbaru dan Cara Penulisan ini dapat menjadi pembelajaran bagi anda yang bingung saat akan membuat riwayat hidup (CV). Perhatikan penulisan yang sesuai pada kaidah kebahasaan. Apalagai jika anda ingin megajukan CV tersebut untuk melamar pekerjaan, sudah pasti daftat riwayat hidup anda akan dinilai dengan sangat jeli.

Bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup terbaru yang baik dan benar?, Apakah harus dengan bahasa indonesia yang baku?. Banyak yang bingung dengan cara menulis daftar riwayat hidup saat akan melamar suatu pekerjaan atau mengikuti sebuah kompetisi. Sebenarnya anda jangan menyepelekan hal ini, karena pada dasarnya di saat anda melamar sebuah pekerjaan untuk sistem point penilaian diambil secara keseleruhuan termasuk tehnik penulisan berkas-berkas anda meliputi daftar riwayat hidup.

Sebaiknya jika anda ingin membuat daftar riwayat hidup maka perhatikan sistem penulisannya terlebih dahulu agar terlihat rapi, tertata dan lengakap dengan biodata sampai ke pengalaman kerja anda secara menyeluruh.
Ingat, selama memulai menulis daftar riwayat hidup ini jangan lupa perhatikan aturan penulisan, kata, dan kalimat agar tidak rancu termasuk susunan biodata dari awal meliputi nama lengkap, sampai pengalaman kerja lainnya.

Salah satu bagian penting pada saat melamar pekerjaan selain penulisan surat lamaran kerja adalah penulisan daftar riwayat hidup (CV).  Terdapat dua contoh dalam pembuatan CV yakni untuk lamaran pekerjaan dan CV untuk fresh graduate.

Daftar riwayat hidup atau biasa dikenal dengan istilah CV (curriculum vitae) sebenarnya dapat dibuat dengan tulisan tangan secara langsung atau dengan menggunakan mikrosoft word. Saat ini tak perlu ribet karena sudah banyak penyedia jasa pembuatan CV yang beragam dan menarik. 

Contoh Daftar Riwayat Hidup Terbaru dan Cara Penulisannya

Menulis CV harus jelas dan lengkap. Jangan lupa cantumkan seluruh biodata data sesuai KTP atau Kartu Keluarga, dan dokumen pendidikan.

Perhatikan contoh penulisan daftar riwayat hidup (CV) sederhana, berikut ini:

1. Contoh  CV Untuk Fresh Graduate Berikut ini
:

Ini adalah contoh CV khusus bagi anda yang baru saja lulus kuliah dan belum memiliki pekerjaan sama sekali.
.............................................................

                Curriculum Vitae :
a. Data Diri

Nama Lengkap : 

Tempat & Tanggal Lahir :

Alamat : 

Jenis Kelamin : 

Status Perkawinan :  

Agama : 

No Telp :

Email : 

b. Pendidikan Formal:

1. 20020 - 2026 : 

2. 2026 - 2029 : 

3. 2029 - 2032 : 

4. 2032 - 2035 :  

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya tulis dengan sejujur-jujurnya sebagai informasi dan bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Lampung, 16 Juli 2018
(Nama anda)

2. Contoh CV untuk Lamaran Pekerjaan

Contoh bagian pertama diatas membahas mengenai penulisan CV khusus bagi fresh graduate. Lanjut ke contoh penulisan CV bagi yang memiliki pengalaman pekerjaan. Lihat contohnya berikut ini :

                 Curriculum Vitae

a. Data Diri:
Nama Lengkap :

Tempat & tanggal lahir : 

Alamat : 

Jenis Kelamin : 

Status Perkawinan : 

Agama : 

No Telp :

Email : doyaha

b. Pendidikan Formal :

1. 2010 - 2016: SDN 1 Sukarame, Bandar Lampung

2. 2016 - 2019 : SMPN 1 Bandar Lampung

3. 2019 - 2022 : SMAN 2 Bandar Lampung

4. 2022 - 2025 : Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang


c. Pendidikan Informal:

- 2016 : Kursus Bahasa inggris, Bandar Lampung

- 2017 : Kursus Montir, Bandar Lampung

c. Pengalaman Organisasi :

- Anggota Paskibra SMAN 1 Bandar Lampung 2020

- Ketua OSIS SMAN 2 Bandar Lampung 2020

- Presiden BEM Universitas Negeri Semarang 2023

d. Pengalaman Kerja:

1. 2026 – 2028 : Sales marketing PT. Honda Astra Motor

2. 2029-2031: Customer Service di Bank Mega

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenar-benarnya sebagai informasi serta bahan pertimbangan atas surat lamaran yang saya ajukan tersebut. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

        Bandarlampung, 17 Juli 2032
        (Pelamar) 
..........................................................

Demikianlah 2 contoh cara menulis daftar riwayat hidup versi terbaru (CV) yang baik. Bagian contoh CV diatas dapat dibuat secara kreatif yang tersusun secara rinci dan lengkap. 

Ini bertujuan agar CV yang dibuat lebih menarik dan rapih. Sehingga menjadi nilai tambahan bagi perusahaan yang ditujukan sekiranya dapat lolos untuk ikut serta pada tahapan seleksi lainnya. Itulah pembahasan mengenai contoh daftar riwayat hidup (CV) yang sederhana. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel