Cara Ampuh Lolos Tes Interview Kerja dan Jawabannya

Banyak orang yang bingung bagaimana caranya lolos dari interview kerja. Pastikan sebelum anda melakukan interview maka anda sudah melakukan pencarian informasi terkait perusahaan yang akan anda daftar. Jangan sampai anda sudah datang untuk di interview tetapi anda tidak mengetahui perusahaan ini bergerak dibidang apa dan tahun berdirinya kapan, ini akan menjadi fatal sekali.

Lakukan persiapan sebelum interview:

Sebelum anda melakukan interview sebaiknya anda mempersiapkan hal-hal yang sekiranya akan dipertanyakan oleh perugas, Berikut ini:

1. Cari info terlebih dahulu tentang background perusahaan yang anda lamar.

Pastikan anda harus Googling terlebih dahulu cari informasi sebanyak-banyaknya dan pahami tentang perusahaan tersebut secara detail. cari informasi tentang perusahaan tersebut meliputi kapan perusahaan tersebut berdiri, bergerak dibidang apa, pimpinannya siapa, dan cabangnya dimana saja.

Itu akan menjadi sebuah bekal anda untuk berkomunikasi saat interview berlangsung. kebanyakan orang-orang gagal dalam tahap interview hanya karena tidak mengetahui profil perushaan. sehingga pihaknya menganggap anda tidak konsisten dan belum niat untuk belerja di perusahaan tersebut.

2. Siapkan jawaban yang komplit dan terinci.

Anda harus membuat jawaban yang kemungkinan umum akan dipertanyakan terhadap anda saat interview berlangsung. Biasanya pertanyaan tentang dunia kerja hampir sama, seperti contoh berikut ini:

- Apa alasan anda melamar di perusahaan ini?
- Apakah yang anda ketahui tentang kami?
- Apa yang dapat anda lakukan dan berikan terhadap kami?
- Kira-kira Apa kelebihan anda?
- Menurut anda Berapa gaji yang akan anda harapkan?
- Bidang apa yang selama ini Anda tekuni?
- Apakah anda mampu bekerja dalam tim?
- Ceritakan pengalaman Anda saat berorganisasi?

Nah itulah pertanyaannya yang biasa diberikan kepada para pelamar kerja di saat tes interview berlangsung. Jadi anda harus mempersiapkan jawaban-jawaban yang keren agar anda bisa memberikan keyakinan terhadap pihak perusahaan yang anda lamar.

Sebagai salah contoh jawaban yang baik dari pertanyaan misalkan "apa alasan anda melamar perusahaan ini?", Jawaba saja dengan penuh keyakinan. seperti alasan anda memilih perusahaan ini karena anda rasa perusahaan tersebut sangat kredibel, memiliki kualitas yang baik dan anda yakin bisa maju dengan bergabung di perusahan ini. Kira-kira jawaban-jawaban seperti itulah yang perlu Anda siapkan dan harus anda sampaikan ketika interview berlangsung.

3. Buang mindset negatif yang ada dipikiran anda.

Salah satu penyebab kegagalan seseorang dalam mencari pekerjaan adalah selalu berfikir negatif. anda harus membuang mindset yang bersifat negatif tersebut. contohnya: Sepertinya mencari pekerjaan saat ini sangat susah, kayaknya tidak bakal keterima, sangat susah melamar pekerjaan di perusahaan itu. nah, mindset seperti inilah yang harus dibuang jauh-jauh dari pikiran anda agar anda bisa tampil powerful dengan santai dan tenang.

Adapun proses tahapan interview:

Berikuti ini cara mudah lolos tes intervie bagi anda yang tengah mencari pekerjaan:

1. Patenkan penampilan anda.

Penampilan adalah segalanya jadi pastikan anda harus berpakaian dengan rapi dan harus wangi. Silakan pakai parfum, agar membuat badan wangi sepanjang hari. Orang akan nyaman bertemu dengan anda dan berada di dekat anda.

2. Sopan santun

Sopan santun ini point terpenting ketika anda mencari pekerjaan. Di luar dari penampilan, sopan santun akan menjadi bahan utama yang akan dinilai. Semua itu akan diberikan penilaian dari awal anda masuk, anda berintraksi, hingga anda keluar ruangan. jadi, pastikan anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan menggunakan bahasa-bahasa gaul atau bahasa alay.

3. Anda harus bercerita bukan curhat.

Anda harus membedakan antara bercerita dengan curhat. Contoh Ketika anda ditanya apa skill anda?, jawab saja "skill saya adalah berbicara. karena saya merasa saat saya berbicara saya bisa memberikan informasi baru kepada orang lain sehingga orang lain akan mendapatkan pembelajaran atau hal-hal baru dari saya. Ketika orang lain belajar hal-hal baru tersebut dengan saya, maka saya akan merasa senang". berikan jawaban sesederhana mungkin.

Ingat Anda harus memiliki alasan jelas. Mungkin saya bisa menjelaskan dan cerita juga tentang profesi saya di mana profesi saya sendiri adalah seorang blogger, Mc, News presenter, dan lain sebagainya. artinya anda tinggal bercerita saja layaknya kepada seorang temen. jadi, jangan tanya cerita bagaimana.. ya santai saja! layaknya anda bercerita dengan orantua, dan saudaran anda.

Nah jika curhat beda lagi, ini yang perlu Anda waspadai. Jangan sampai Anda saat interview berlangsung malah curhat. Contoh curhat seperti ini " waduh Pak Rumah saya jauh, saya keluarga miskin Pak". Kurang lebih begitu. anda mengeluh dengan keadaan dnegan segala macam penderitaan dan beban hidup anda kepada orang yang menginterview anda. hindarkan hal tersebut.

Intinya adalah ceritakan saja pengalaman kerja anda sebelumnya atau pengalaman organisasi anda yang positif-positif saja.

4. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang belum pasti.

Maksudnya adalah ketika Anda di interview sebenarnya yang akan dilihat oleh tim penyeleksi adalah kelebihan apa dan keunggulan apa yang ada dalam diri anda. Jadi anda wajib dan harus mengetahui kelebihan dan keunggulan Anda agar bisa memberikan cerita yang memikat dan meyakinkan.

Contohnya jika anda melamar pekerjaan sebagai marketing. Kemudian ditanya oleh tim penyeleksi "apakah anda yakin anda bisa menjadi seorang marketing"? Anda tinggal menjawab dengan bercerita. "sebenarnya saya sudah sangat senang dengan bagian marketing karena ketika dulu saya masih kuliah saya sudah banyak mempelajari tentang dunia marketing dan sudah saya lakukan sejak lama. Saya sudah jatuh cinta dengan marketing ini. Saya sangat senang hal-hal yang berhubungan dengan branding, saya suka berkomunikasi dan bernegosiasi dengan orang banyak, saya juga suka menjaga relasi dengan banyak orang. Untuk itu saya memilih marketing ini sebagai profesi saya.

Saya berharap di perusahaan bapak ini akan menjadi marketing yang handal dan profesional dan terus berkembang untuk memajukan perusahaan ini".

Jadi anda harus menghindari janji-janji atau mengiming-imingi hal-hal yang belum pasti Contohnya seperti ini:

"Jika Bapak menerima saya sebagai karyawan di perusahaan bapak maka dalam waktu 3 bulan omset dari perusahaan Bapak ini akan meningkat 3 kali lipat". Nah ini yang dimaksud memberikan janji yang belum pasti. jika nanti tidak terjadi seperti itu bagaimana??. Oleh karena itu promosikan diri Anda apa adanya sesuai dengan kemampuan diri anda.

Demikianlah tips sederhana agar anda lolos saat tes interview dalam melamar pekerjaan. Ingat jangan berbohong dan jangan lebay saat di interview. Semoga bermanfaat, Tabikpun..
Baca juga:
- Kesalahan Terbesar yang Sering di Lakukan Mahasiswa Saat Mencari Kerja Berikut Cara Mengatasinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel