Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Tips Lolos Interview Kerja

Lulus interview kerja adalah keinginan setiap orang yang telah menyelesaikan tahapan lain. Untuk dapat lulus dalam interview kerja butuh persiapan yang tidak instan.  
Penting memahami perusahan tempat bekerja yang dipilih. Bergerak dibidang apa, dan kriteria pelamar yang dibutuhkan perlu dipahami. Supaya ketika memasukan lamaran kerja sudah memahami perusahaan yang dipilih.

9 Persiapan Interview Kerja Agar Sukses

Tips lulus interview kerja dalam pembahasan ini hanya untuk menyampaikan informasi kepada pembaca yang membutuhkan, bukan berarti untuk menggurui, tetapi hanya berbagi. Berikut tips lulus kerja untuk anda:

1. Info Perusahaan

Cari informasi dan pahami tentang perusahaan tersebut secara detail. Meliputi kapan perusahaan tersebut berdiri, bidang perusahaan, pimpinannya, dan lainnya.

Informasi tentang perusahaan akan menjadi bahan saat interview berlangsung. Jika tidak memahami profil perusahaan maka akan mengakibatkan gugur dalam Interview kerja.

2. Berikan Jawaban Santun

Menjawab pertanyaan saat interview berlangsung harus dengan santun. Biasanya pertanyaan tentang dunia kerja berpariasi tergantung panitia penerima kerja.

3. Tenang 

Bersikap tenang tidak terburu-buru dalam memberikan jawaban. Supaya apa yang disampaikan dapat dimengerti pihak perusahan. 

4. Ramah dan sopan

Sikap ramah dan sopan adalah wajib yang harus dilakukan. Ramah dan sopan pada setiap orang akan mendapatkan kebaikan. Keramahan dan kesopanan merupakan hal yang cukup berpotensi dalam penilaian penting dalam interview kerja.

5. Berbicara dengan kalimat yang bai

Menyampaikan jawaban dan berkomunikasi yang baik sangat penting diterapkan. Komunikasi akan mempengaruhi pandangan pihak panitia penerima kerja. Jadi, gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai tempat dan kondisinya.

6. Berfikir Positif

Salah satu penyebab gagal melamar pekerjaan adalah selalu berfikir negatif. Hindarkan pikiran negatif yang akan merugikan diri sendiri. contohnya: Mencari pekerjaan saat ini sangat susah, sepertinya tidak akan lolos, dan lainnya. Mindset negatif perlu dihilangkan karena dapat mempengaruhi kinerja, kepribadian, dan pikiran buruk.

7. Penampilan Rapih

Penampilan adalah berperan penting dalam yang dapat menebak karakter seseorang. Saat akan interview usahakan berpakaian  rapi dan wangi. Sehingga orang disekitaran akan betah saat bersamaan.

8. Menjawab pertanyaan bukan curhat

Anda harus membedakan antara menjawab dengan menceritakan dengan curhat. Contoh Ketika mendapatkan pertanyaan:

 "Apa skill anda?", jawabannya "skill saya adalah berbicara. karena saya merasa saat saya berbicara saya bisa memberikan informasi baru kepada orang lain. 

Sehingga orang lain akan mendapatkan pembelajaran atau hal-hal baru dari saya. Ketika orang lain belajar hal-hal baru tersebut dengan saya, maka saya akan merasa senang". berikan jawaban sesederhana mungkin.

Jika curhat tentu berbeda. Jangan sampai saat interview berlangsung menjawab dengan curhat. Contoh curhat seperti ini "Waduh Pak Rumah saya jauh, saya keluarga miskin Pak".

Kurang lebih begitu. Mengeluh dengan keadaan dan segala macam penderitaan, beban hidup kepada petugas Interview sangat kurang tepat dan mesti dihindari.

9. Jangan menjanjikan sesuatu yang belum pasti

Maksudnya jangan menjawab dengan janji yang belum pasti. Contohnya jika anda melamar pekerjaan sebagai marketing. Kemudian ditanya oleh tim penyeleksi: "Apakah anda yakin bisa menjadi seorang marketing"? Cara menjawabnya: 

"Sebenarnya saya sangat senang dengan bagian marketing karena saya pernah mempelajari dunia marketing dan menjadi marketing secara freelance. Saya begitu menyukai bagian marketing. 

Saya sangat senang bernegosiasi dengan orang banyak,  menjaga relasi, sehingga saya memilih marketing sebagai profesi saya dan Saya berharap di perusahaan bapak ini akan menjadi marketing yang handal dan profesional dan terus berkembang untuk memajukan perusahaan ini".

Bagaimana contoh jawaban yang memiliki janji-janji belum pasti. Ini mesti dihindari. Contohnya seperti:

"Jika Bapak menerima saya sebagai karyawan di perusahaan bapak maka dalam waktu 3 bulan omset perusahaan Bapak  akan meningkat 3 kali lipat". 

Nah itulah yang dimaksud memberikan janji yang belum pasti. jika nanti tidak terjadi seperti itu bagaimana??. Oleh karenanya promosikan diri apa adanya saja, sesuai dengan kemampuan diri yang sebenarnya.

Nah itulah gambaran persiapan dalam Interview. Jangan lupa teruslah belajar agar berhasil dan sukses. Demikianlah tips sederhana agar lolos Interview kerja.