Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Lolos Tes Masuk Perguruan Tinggi

Setelah pengumuman kelulusan bagi Sekolah Menengah Atas sederajat, maka salah satu yang dipikirkan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya adalah bagaimana cara agar dapat lolos tes masuk perguruan tinggi di Indonesia.

Persiapan pun dilakukan untuk mewujudkan keinginan agar dapat diterima di perguruan tinggi yang di idamkan. Salah satu cara agar lolos tes masuk di perguruan tinggi ialah persiapan yang baik.

Tes masuk perguruan tinggi dapat mengikuti berbagai jalur, misalnya SNMPTN, SBMPTN, dan lainnya. Jika tidak lolos, jangan berkecil hati, masih ada jalur ujian mandiri, atau melalui penelusuran minat akademik (PMA).  
Lalu bagaimana cara lolos tes perguruan tinggi ? Sekedar bahan pembaca untuk para pelajar yang akan mengikuti tes ujiannya. Berikut persiapan sebagai tambahan refrensi:

1. Perbanyak latihan soal 

Tahapan pertama yang perlu Anda lakukan adalah perbanyak latihan mengerjakan soal. Kerjakan kisi-kisi soal tahun-tahun lalu, melalui internet ataupun dari rekan-rekan anda yang tengah menempuh pendidikan di kampus tersebut. 

Tujuannya agar lebih mudah mengerjakan soal tes. Kisi soal setiap tahunnya memiliki kesamaan dan biasanya sesuai dengan yang pernah di pelajari. 

2. Banyak tanya dan sharing 

Agar menambah pengetahuan dan wawasan tentang soal tes masuk di perguruan tinggi. Tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan dewan guru di sekolah. 

Mintalah masukan dan tanyakan pengalaman mereka saat mengikuti tes masuk perguruan tinggi, untuk menambah persiapan. 

3. Fokus kerjakan soal 

Saat tes seleksi berlangsung maka gunakanlah kesempatan tersebut sebaik mungkin. Perhatikan waktu, dan soal sudah selesai terjawab dalam waktu yang sudah di tentukan.

Hindari sikap ceroboh mengerjakan soal dan menganggap remeh. Ingat waktu, jangan sampai bertele-tele mengerjakan soal. Kerjakan terlebih dahulu soal di anggap mudah dan gampang. 

Dalam mengisi jawaban soal harus yakin dengan jawabannya. Fokus dan kerjakan dengan teliti. Niatkan pasti bisa lolos dan mampu menjawab soal-soal tes tersebut dengan lancar.

4. Perhatikan petunjuk aturan skor nilai 

Biasanya setiap panitia yang masuk ke ruangan akan menyampaikan informasi terkait skor dalam aturan nilai. Jika pada informasi sebelumnya setiap peserta wajib mengisi seluruh jawaban soal maka harus waspada, Jangan sampai ada yang kosong ataupun tidak terjawab.

Begitu juga sebaliknya, apabila aturannya jika salah dalam menjawab soal akan dikurangi skor, nah ini harus berhati-hati jangan sampai ceroboh mengisi jawaban yang belum tentu kebenarannya. 

Salah menjawab bisa saja mengurangi skor nilai. Sebaiknya jangan dulu dikerjakan kalau belum mengetahui jawaban. Cukup kerjakan yang lain dan ulangi sampai selesai. 

5. Utamakan mengisi data diri  

Mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi utamakan mengisi data diri sesuai identitas. Mengisi data kehadiran dan lainnya. 

Hindari mengisi soal terlebih dahulu tanpa mengisi data diri dan nomor peserta yang lengkap. 

Hal tersebut sering terjadi bagi calon mahasiswa baru karena terlalu ceroboh. Sehingga menjadi salah satu penyebab tidak lolos tes masuk perguruan tinggi. 

Lolos tes masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta adalah keinginan setiap pelajar yang sudah lolos di bangku sekolah. Sangat penting mempersiapkan berkas pendaftaran yang lengkap.