Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Jenis Koleksi Museum Negeri Lampung yang Wajib Anda Ketahui

Museum Negeri Lampung adalah museum terbesar di daerah Lampung. Museum ini, beralamat di Jalan ZA Pagar Alam, No.64 Rajabasa, Kota Bandarlampung. Museum ini menyimpan koleksi sebagai bukti perjalanan dan kisah masyarakat di daerah di masa Lampau. 

Selain tempat menyimpan berbagai macam benda bersejarah, Museum Lampung dijadikan sebagai daerah wisata edukasi, untuk pengunjung. Sebagai jendela budaya, rumah peradaban, yang menyimpan informasi secara fakta.

10 Jenis Koleksi Museum Negeri Lampung dan Penjelasannya

Museum Negeri Lampung memiliki 10 jenis koleksi yang tersimpan rapih dan terawat. Berdasarkan data tahun 2015 lalu, bahwa pada akhir tahun anggaran 2015, Jumlah keseluruhan koleksi museum adalah 4.747 buah.
Untuk jenis koleksi yang ada akan kita bahas dalam pembahasan mengenai 10 jenis koleksi yang tersimpan di Museum Lampung.

Untuk itu, anda wajib mengetahui agar menambah pengetahuan dan mengenal masyarakat di daerah Lampung. Berikut jenis koleksi yang dikelola oleh Museum Negeri Provinsi Lampung:

1. Jenis Geologika

yaitu koleksi yang terdiri dari benda-benda sebagai bukti sejarah alam dan lingkungan sekitar serta berkaitan dengan disiplin ilmu geologi.

2. Jenis Dialogika

yaitu koleksi yang berkaitan dengan alam dan lingkungan serta disiplin ilmu biologi.

3. Jenis Etnografika

yaitu benda-benda Hasil karya manusia yang cara pembuatannya sesuai dengan identitas yang mempunyai ciri khas dari suku bangsa daerah setempat.

4. Jenis Arkeologika

yaitu benda-benda yang merupakan bukti dari hasil peninggalan sejak masa prasejarah Hindu Budha dan agama Islam.

5. Jenis Historika 

Yaitu benda yang memiliki nilai sejarah yang digunakan orang-orang terdahulu untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

6. Jenis Numismatika/Heraldika 

Yaitu koleksi numismatika ini berupa mata uang atau sebagai alat tukar yang sah yang pernah ada dan pernah beredar di masyarakat. 

Hal ini terdiri dari mata uang Indonesia dan mata uang asing. sedangkan Heraldika sendiri adalah kumpulan tanda jasa dan peralatan pemerintahan saja.

7. Jenis Filologika

yaitu kumpulan tulisan atau naskah-naskah kuno yang telah ditulis melalui tangan di atas kulit kayu, bambu, daun lontar dan bebatuan lainnya.

8. Jenis Keramologika 

yaitu benda yang dibuat dari tanah liat ataupun porselin yang telah dibakar dengan suhu tertentu.

9. Jenis Seni rupa 

Yaitu benda hasil daya cipta oleh manusia yang berupa Karsa dan rasa yang diungkapkan secara konkrit dalam bentuk dua atau tiga dimensi yang memiliki keberagaman tema dari ide secara konseptual.

10. Jenis Teknologika, 

yaitu berupa peralatan yang telah dibuat dengan teknologi tradisional. hal ini umumnya berupa alat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Fasilitas Museum Negeri Lampung

Museum Lampung berdiri megah tepat dipinggiran jalan utama di ZA. Pagar Alam, No.64 Kota Bandarlampung. Bangunan cukup megah itu, telah direnovasi dengan menarik. Tujuannya untuk mengenalkan sejarah kepada masyarakat.

Museum Negeri Lampung memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari Gerbang Utama, dan Gerbang samping, halaman parkir kendaraan baik bus, roda empat, dan kendaraan bermotor yang luas.

Kemudian seperti Aula GSG juga tersedia, untuk disewakan pada kegiatan umum. Fasilitas toilet pria dan wanita, bioskop museum, ruang pertemuan, dan latar foto menarik di halamannya.  

Pada halaman Museum Lampung terdapat beberapa koleksi benda bersejarah seperti miniatur rumah adat Lampung, meriam, jangkar, dan miniatur letusan gunung anak krakatau yang menghiasi halaman Museum dilengkapi dengan taman bunga rerumputan, yang beroanora indah.

Bangunan Museum Lampung memang unik, pengunjung yang masuk pada pintu utama untuk kedalam, langsung di sambut petugas tiket dan pengelola museum. Pastinya seru sekali bermain di museum di daerah Lampung.

Jika berjalan disebelah kiri akan terlihat berbagai macam benda kehidupan masa lampau yang telah tersusun rapih, di sebelah kanan ruangan khusus benda-benda bersejarah seperti bejana, alat-alat perkakas lainnya. 

Sedangkan dilantai atas akan terlihat benda kuno seperti pakaian adat khas daerah, dan benda-benda yang biasa dipakai pada upacara adat turun temurun. 

Semua benda koleksi di Museum Lampung terawat dengan baik dan bersih. Setelah bertemu petugas, anda langsung masuk kedalam. Dalam Museum ini sepi, akan terlihat benda-benda unik yang ada.  

Demikian 10 jenis koleksi yang ada di museum Lampung. Semoga dengan adanya keterangan di atas mampu memberikan pemahaman terhadap benda-benda cagar budaya warisan leluhur zaman dahulu.