Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Teluk Kiluan, Populasi Lumba-Lumba

Provinsi Lampung terletak di ujung pulau Sumatra. Selain terkenal dengan gajah dan kopinya, provinsi ini juga memiliki keunggulan lain seperti wisata baharinya yang sangat menarik dan terluas.

Salah satu wisata bahari yang terkenal di Provinsi Lampung ini yakni teluk kiluan yang terletak di kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Di Teluk Kiluan ini anda dapat menikmati keindahan populasi lumba-lumba, dimana menurut informasinya populasi di lumba-lumba di teluk kiluan ini termasuk kategori terbesar se-Asia Tenggara.

Perjalanan menuju Teluk Kiluan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dari Kota Bandar Lampung. Jika ke Teluk Kiluan populasi lumba-lumba tersebut, anda akan mengendarai kendaraan berupa perahu nelayan yang sering disebut Jukung (Perahu) dengan waktu tempuh selama kurang lebih 30 menit.

Diketahui bahwa Jukung ini hanya mampu menampung penumpang sebanyak 4 orang saja, itupun sudah termasuk pengemudi Jukung. Untuk masalah biaya ongkos naik jukung ini juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 300.000.

Dengan biaya sebesar itu maka pengunjung dapat dengan leluasa menikmati secara langsung populasi lumba-lumba, dan berkeliling ke pulau, serta sudah termasuk santap siang. Selain sambil berwisata melihat lumba-lumba ini, anda juga dapat menikmati sejumlah wisata lainnya seperti snorkeling di laut yang jernih.

Masyarakat sekitar sangat ramah terhadap setiap pengunjung yang datang, dimana mayoritas masyarakat disini bekerja sebagai nelayan. 

Seiring perkembangan ekonomi setempat, para nelayan sudah mulai memanfaatkan keindahan alamnya sebagai potensi wisata yang sangat menguntungkan. 

Adanya wisata Teluk Kiluan yang masih asri dan alami ini tentunya tidak salah untuk dijadikan sebagai lokasi alternatif untuk liburan bersama keluarga selama berada di Provinsi Lampung

Oleh karena itu, jika anda sudah berada di provinsi lampung, alangkah baiknya untuk menyempatkan diri berwisata di teluk kiluan untuk sekedar bersinggah, melihat kawanan lumba-lumba yang ada.