Pengertian Halal Bil Halal, dan Manfaatnya

Halal bi Halal tidak asing ditelinga masyarakat. Kegiatan Hal bi Halal merupakan salah satu moment tepat untuk memperbaharui dan mempererat persaudaraan antar sesamanya. Biasanya Halal bi Halal dilakukan pada moment Idul Fitri dalam satu tahun sekali.

Menjalankan dan mengikuti kegiatan Halal bi Halal adalah sesuatu yang baik. Dalam acara tersebut akan berkumpul bersama rekan-rekan, kerabat, dan handaitaulan yang saling memaafkan. 
Sehingga hubungan antar sesama akan terjalin dengan baik. Kegiatan Halal bi Halal tidak hanya dilakukan pada pondok pesantren saja tetapi sudah merambah di masyarakat.

Pengertian Halal Bil Halal

Pengertian menurut Bahasa, kata halal dapat terbentuk beberapa kata dengan makna yang beragam, diantaranya: “Menyelesaikan masalah”, “Meluruskan benang kusut”, “Melepaskan ikatan”, “Mencairkan yang beku”, dan “Membebaskan sesuatu”. 

Kemudian apabila dikaitkan dengan kata dzanbin; "halla min dzanbin", maka bermakna “mengampuni kesalahan”. Maka dari itu, kegiatan ber-Halal bi Halal adalah aktivitas yang akan mengantarkan kita pada hal kebaikan. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan orang disekitar kita. 

Misalnya permasalahan dengan saudara, mengembalikan dan meluruskan hubungan yang kusut atau rusak, melepaskan ikatan dosa dari saudaranya dengan cara saling memaafkan. Sehingga akan terciptanya hubungan yang harmonis dan sehat. 

7 Manfaat Halal Bil Halal

Hala bi Halal adalah kegiatan untuk bersilaturahi dan saling memaafkan antar sesama teman, kerabat, dan keluarga. Tradisi Halal bi Halal paling terasa pada hari raya Idul Fitri baik dalan acara keluarga maupaun acara yang dibuat untuk masyarakat. 

Maanfaat Halal bi Halal sangat banyak, untuk lebih jelas simak informasinya berikut ini:

1. Saling Memaafkan

Setiap manusia tak lepas dari kesalahan dan kehilafan. Melalui Halal bi Halal sangat baik untuk berkumpul dan saling memaafkan. Dalam tradisi Halal bi Halal sebagai ungkapan untuk saling membersihkan hati terhadap kesalahan dengan cara bersilaturahmi sembari saling memaafkan.

Dalam Halal bi Halal tidak ada istilah rugi untuk mengikutinya. Apalagi ditengah masyarakat kegiatan Halal bi Halal dikemas dalam berbagai kegiatan. Misalnya acara pentas budaya, pengajian, sholawat bersama, hiburan, dan lainnya. 

2. Mempererat Tali Persaudaraan

Salah satu berkat dari kegiatan Halal bi Halal, adalah sarana berkumpul khususnya keluarga dan kerabat. Misalnya pada moment lebaran kita biasa menerima tamu keluarga dan orang-orang sekitar untuk saling memaafkan. 

Mendatangi keluarga ke rumah yang terdekat akan terasa manfaatnya. Dampaknya ialah terjadinya hubungan keluargaan yang harmonis dan semakin erat. Bukan hanya itu, biasanya moment hari raya sekaligus Halal bi Halal, para tetangga menerima tamu masing-masing dan saling mengunjungi. 

Menyantap hidangan dengan makan bersama, tawa, dan berkomunikasi bersama, sehingga akan terjalinnya perkenalan terhadap orang baru yang datang. Antara keluarga dan orang-orang terdekat saat melakukan silaturahmi membuat tali persaudaraan yang erat. 

3. Terhapusnya Penyakit Hati

Manfaat lain dari Halal bi Halal adalah terjadinya keramahan. Sehingga penyakit hati seperti iri, dengki, dan hasad, perlahan akan terhapuskan. 

Halal bi Halal dapat menjaga hati dan membersihkan hati dari sifat negatif yang merugikan diri maupun orang lain. Melalui Halal bi Halal dapat bertemu langsung dan saling menyadarkan akan hal-hal yang buruk baik yang pernah terjadi sebelum dan mengantisipasi agar dapat saling menjaga hubungan dengan baik. 

4. Terbentuknya Rasa Kepedulian 

Halal bi Halal sebagai sarana untuk bersilaturahmi yang memiliki banyak pembelajaran. Bersilaturahmi akan menumbuhkan kepedulian antar sesama. 
Melalui Halal bi Halal, sikap saling mencintai dan mengasihi dengan hati yang tulus akan tumbuh dengan sendirinya. 

5. Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Manfaat lain dari Halal bi Halal ialah mensyukuri nikmat Allah SWT. Berkumpul dalam acara Halal bi Halal akan menanamkan rasa syukur atas nikmat dan rahmat tuhan. Sehingga kehidupan akan terasa bahagia dan penuh keberkahan.

6. Saling Mendoakan

Pertemuan dalam Halal bi Halal akan saling mendoakan. Kemudian mendukung untuk segala kebaikan dan meningkatkan semangat. Saat Halal bi Halal dilakukan baik bersama keluarga dan kerabat, maka akan menumbuhkan rasa saling mengasihi, sehingga doa-doa yang baik akan terucapkan. 

7. Mendapatkan Kebaikan

Sesuai ajaran sunnah bahwa dalam hidup harus berlomba-lomba dalam kebajikan. Maka tradisi Halal bi Halal sudah pasti akan mendapatkan kebaikan baik untuk diri sendiri dan orang lain. Kebaikan dalam bersilaturahmi, berkumpul, saling mendoakan, dan terciptanya hubungan yang baik adalah kebaikan yang akan didapatkan. 

Maka dari itu, teguhkan hati dan kesadaran diri untuk menguatkan rasa persaudaraan dan berbagi keceriaan antar sesama. Hal ini tercantum dalam surat al-Hajj ayat 77, yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan berbuatlah kebaikan supaya kamu mendapat kemenangan".

Bukan hanya itu, kegiatan kebaikan lain juga terdapat dalam surat al-A'raf ayat 199, yang berbunyi: "Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh".

Semoga dengan penjelasan terkait pengertian Halal bi Halal dan manfaatnya tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca. Sehingga terus berbuat kebaikan agar hidup dalam keberkahan dari Allah SWT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel