Pusat Konservasi Gajah di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Wat Kambas (TNWK), berada di Kabupaten Lampung Timur yang  terkenal sebagai Pusat Konservasi Gajah Way Kambas, objek wisata edukasi terbuka bagi masyarakat.

Pengunjung dapat menyaksikan atraksi kawanan gajah Sumatera dan Bagaimana upaya pelestarian untuk mencegah kepunahan.
Gajah yang masuk di pusat konservasi merupakan gajah yang telah mengalami korban konflik, biasanya yang pernah mengalami korban fisik sehingga perlu dilakukan perawatan yang intensif. 

Biasanya gajah yang telah jinak sangat sulit untuk dilepaskan kembali karena sudah Tertinggal dengan rombongan yang lain.
Taman Nasional Way Kambas memiliki pelatihan-pelatihan khusus untuk seluruh gajah agar lebih cerdas. 

Latihan Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Untuk latihan di bagi dalam tiga jurusan yaitu atraksi untuk gajah anakan, jurusan tenaga kerja untuk gajah usia remaja dan jurusan penanganan konflik untuk gajah Kecamatan.

Gajah atraksi biasanya mengambil gajah anakan karena memiliki daya tangkap yang lebih cepat dan lebih baik. Umumnya untuk menguasai satu atraksi, seekor gajah membutuhkan waktu 1 hingga 3 bulan lamanya.

Sementara bagi jurusan tenaga kerja, kawanan gajah dituntut untuk bisa melayani pengunjung yang hadir. Kegiatannya memberikan pelayanan penunjang dengan jarak tertentu.

Adapun untuk gajah penanganan konflik biasanya diikuti oleh pejantan dewasa, tugasnya mengawal gajah yang masuk dalam pemukiman warga penyangga kawasan.

Penasaran melihat atraksi unik kawanan gajah di Taman Nasional Way Kambas, segera kunjungi ke pusat konservasi gajah yang ada di Taman Nasional Way Kambas Provinsi Lampung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel