Nyikut Tradisi Menangkap Ikan Sungai Setiap Tahun di Lampung Utara



Hasbundoya.com - Menangkap ikan atau nyikut menggunakan alat linggian menjadi salah satu tradisi masyarakat Lampung Utara yang tinggal di bantaran sungai. Saat ikan mudik dari hilir ke hulu di setiap tahunnya. Kegiatan menangkap ikan dengan nyikut ini dilakukan warga sekitar dengan menggunakan raket yang terdapat gubuk di atasnya dengan menggunakan alat linggian. Tradisi ini dilakukan warga setiap tahun sekali.

Sementara itu, ikan segar hasil dari tangkapan mereka ini langsung dijual di pinggir jalan raya yang tidak jauh dari lokasi sungai karena kondisi ikan yang masih segar sehingga banyak warga yang melintas sangat tertarik untuk membelinya. Ikan hasil tangkapan ini juga sangat jarang dijual di pasaran dan harganya begitu mahal. Namun, jika dibandingkan dengan harga ikan hasil nyikut tersebut, begitu murah sehingga menjadi rebutan warga.

Para nelayan menangkap ikan dengan cara nyikut tersebut menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu dan sangat dinantikan karena dapat menghasilkan pendapatan yang sangat signifikan. Karena tradisi ini dilakukan hanya 1 tahun sekali dan harus menunggu saat air sungai pasang hingga ikan mulai mudik dari lebo ke gabo. Tak heran banyak warga berbondong-bondong guna menangkap ikan tersebut.

Semoga adanya budaya Nyikut ini akan tetap terjaga dan terus terlestarikan oleh masyarakat sekitar, sehingga menjadikan lampung Utara menjadi kabupaten yang memiliki keunikan tersendiri dengan tradisi yang turun temurun dan belum tentu ada didaerah lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel