Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menjadi Presenter Tv? Berikut Panduannya

Presenter Televisi adalah seseorang yang bertugas sebagai pembawa acara pada program televisi dalam menyampaikan informasi kepada publik. Menjadi seorang presenter bukan hanya mengandalkan wawasan, public speaking, dan suara yang bagus. Akan tetapi dapat membawakan program acara tv dengan baik sesuai program acaranya.
Menjadi presenter tv dapat dipelajari dengan baik mulai dari pembawaan, artikulasi penyampain berita, dan lainnya. Gagal mengikuti audisi atau casting karena tidak memperhatikan kriteria penilaian.

Bagaimanakah menjadi Presenter Tv yang baik? Jika anda ingin menjadi seorang presenter tv simak tips sederhana berikut ini;

1. Memiliki karakter yang unik.

Maksudnya adalah Anda harus memiliki keunikan yang ada pada diri Anda. Hal tersebut akan menjadi ciri khas bagi anda agar membuat para penonton menjadi terkesima. ini akan menjadi sebuah kepribadian anda agar lebih mudah di ingat dan dikenali penonton.

2. Berpenampilan menarik.

Presenter atau pembawa acara televisi harus didukung dengan penampilan sebaik mungkin sesuai tempat dan kondisinya. Seorang presenter akan menyampaikan informasi kepada pemirsa harus didukung penampilan yang tepat sesuai aturan.

3. Berwawasan luas.

Selain itu, presenter juga harus didukung dengan wawasan yang luas dan pengalaman yang mendukung. Seperti pernah menjadi mc, atau moderator dalam kegiatan anda sebelumnya. Ini akan memudahkan anda untuk mengolah kata menjadi kalimat yang baik dan cepat mengalihkan suasana.

4. Percaya diri dan public speaking

Kepercayaan diri dan public speaking yang mumpuni memang harus dimiliki oleh seorang presenter. Di saat menyampaikan berita di depan khalayak tentu harus memiliki sifat yang tenang dan fokus terhadap topik yang disampaikan.

Salah satu untuk mengasah agar memiliki public speaking yang baik adalah berlatih dan tampil secara terus-menerus diberbagai kegiatan serta perbanyak membaca. Hal tersebut memiliki poin utama agar anda lebih mudah memahami public speaking dan menumbuhkan rasa percaya diri.

5. Berwawasan 

Presenter yang baik memiliki wawasan, yang mampu menyajikan informasi sesuai program acara. Untuk program televisi yang dibawakan presenter seperti Infotaiment, Bulletin Berita, Talkshow, dan sebagainya. Pentingnya wawasan supaya lebih mudah memahami topik berita yang akan disampaikan.

6. Mengikuti Casting 

Cara menjadi presenter tv bagi pemula dapat diawali dengan mengikuti casting/audisi. Pastinya sebelum mengikuti audisi mesti mempersiapkan tehnik membawakan acara. Misalnya public speaking, dan cara membawakan berita.

Menjadi presenter tv sebaiknya jadilah diri sendiri. Tak perlu mengikuti atau menyamakan dengan gaya pembawaan orang lain. 

Jika cara menjadi presenter tv yang sudah tertera diatas anda persiapkan lebih matang, maka tahap selanjutnya adalah mengikuti casting pada program televisi. Lakukan yang terbaik dan tetap yakin bahwa anda mampu melakukannya dengan baik.