Pengertian Muli Mekhanai Lampung

Mengenal kata Muli dan Mekhanai Lampung merupakan sebutan dalam Bahasa Lampung kepada orang yang belum menikah dan sudah baligh. Kata Muli dan Mekhanai menggunakan Bahasa Lampung.
Bahasa Lampung merupakan suatu Bahasa dalam kelompok dialek Austronesia yang memiliki jumlah penutur jati 1,5 juta. Bahasa Lampung dipakai terutama masyarakat Lampung dan rumpunnya di Sumatra, Indonesia. Bahasa Lampung artinya Cawa Lampung atau rumpun Bahasa Lampungik.

Pengertian Muli Mekhanai

Muli Mekhanai merupakan sebutan untuk pemuda/i Lampung yang masih berstatus belum menikah dan belum pernah menikah. Jika seseorang yang sudah pernah menikah baik yang belum memiliki keturunan dan yang pernah menikah yang sudah memiliki keturunan maka bukan Muli Mekhanai tetapi sudah berganti status menjadi orang tua.

Muli adalah sebutan untuk anak perempuan yang sudah baliqh. Sedangkan Mekhanai adalah sebutan untuk anak laki-laki yang sudah baligh. Kata Muli dan Mekhanai.

Secara umum Muli dan Mekhanai (Mulei Meghanai) adalah sebutan untuk Pemuda dan Pemudi sebagai individu secara fisik tengah mengalami proses perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional baik jenis kelamin Laki-laki dan Perempuan.
 
Sedangkan menurut pengertian dari draft RUU kepemudaan, dapat disimpulkan bahwa Pemuda-Pemudi adalah mereka yang berusia antara 18 sampai 35 tahun. Jika dilihat pada segi usia maka pemuda merupakan masa perkembangan secara biologis dan psikologis.

Nah, dari pengertian Muli dan Mekhanai di atas dapat dipahami bersama sebagai ucapan untuk menyebut identitas bagi bujang dan gadis dalam membedakannya dengan anak-anak atau orang tua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel