3 Cara Menghitung Persen/Persentase Pada Excel

Cara menghitung persentase atau persen pada excel maka tidak dapat dipisahkan saat mengolah, dan menyajikan dari hasil analisa data. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna atau pembaca data menangkap pesan dari hasil analisa data yang telah disampaikan dan disajikan.

Pada microsoft excel menyediakan banyak sistem perhitungan mulai dari melibatkan rumus persen/persentase excel. Contohnya dalam menghitung bunga bank, menghitung persen pada diskon, persen komisi, persentase tunjangan karyawan, persentasi  keuntungan/kerugian dan lainnya.

Cara Mudah Menghitung Persen Pada Excel

Memahami cara menghitung persen/persentasi pada excel sangat penting. Supaya dapat meringankan aktivitas, terutama menghitung persentasi menggunakan excel. Lalu bagaimana cara menghitung persentase sesuai rumus dengan microsoft excel ?
Persentase dinyatakan dalam satuan persen  artinya per seratus karena pada bilangan persen dengan lambang satuan yang dinyatakan yaitu: % (Persen).

Sebelum menghitung persen di excel, alangkah baiknya jika menghitung persentase secara umum terlebih dahulu karena persentase dapat dihitung dengan 2 Variable.

1. Cara menghitung Persentasi Pada Excel  

Perhatikan soal berikut: Jik dari 10 soal pertanyaan yang diujikan, anda hanya dapat  menjawab 8 soal pertanyaan dengan benar. Maka cara menghitung persentasenya ialah 8/10=100* penjabarannya sebagai berikut:

Perhatikan soal diatas, kita peroleh angka yang tertera yaitu: 8/10=100%, maka perlu dirincikan agar mudah dihitung, menjadi 80 berarti 80%, Angka 8 ialah nilai yang akan dihitung persennya, dan Angka 10 ialah nilai pembandingnya.

Rumus menghitung persentase, dikenal dengan 2 tipe rumus, yakni persentase proporsi dan persentase perubahan. Sedangkan persentase perubahan sendiri ada 2 jenis yakni: Persentase Kenaikan dibagi dengan Persentase Penurunan. Kedua rumus perlu dipahami agar tidak terbolak-balik.

2. Cara Menaikkan atau Menurunkan Angka Sesuai Persentase

Contohnya, Jika anda membelanjakan rata-rata uang sebesar Rp 25.000 setiap minggu, dan ingin berhemat dalam pengeluaran mingguan sebesar 25%, berapa banyak yang dapat anda belanjakan?

Atau, apabila anda menambah alokasi makanan mingguan yakni Rp 25.000 sebesar 25%, berapa alokasi mingguan baru Anda? Simak cara menghitung persen pada Excel dalam menaikkan dan menurunkan Angka. Berikut cara penyelesaiannya;

Apabila B2 adalah jumlah belanja, dan C2 adalah persentase yang akan dikurangi dari jumlah belanja, maka diperoleh yaitu =B2*(1-C2) karena D2 untuk mengetahui hasil persentasenya.

Nah, pada rumus ini, 1 digunakan dalam menunjukkan persen yaitu: 100%. Begitu juga jika anda ingin menambahkan jumlah tersebut sesuai besaran persentase tertentu, maka tinggal anda masukkan menjadi=B2*(1+C2) di D2.

3. Cara menghitung persen/persentase pada excel akan berbeda saat menghitung jumlah dengan jumlah lain dan persentasinnya

Misalnya untuk menghitung harga diskon baju adalah Rp 15.000, yang merupakan potongan 25% dengan harga aslinya. Berapa harga aslinya? Pada soal ini, kita akan mengetahui 75% dari suatu angka yang sama dengan 15.000.

Untuk menyusun rumus yang akan dipakai ialah: Jika B2 adalah harga diskon, dan C2 ialah 0.75, yaitu 100% minus diskon 25% (format desimal), maka menentukan rumus awal berupa =B2/C2 dan D2 untuk mengetahui dari harga baju yang asli.

Demikian informasi mengenai cara menghitung persentase/persen pada excel untuk mengingat langkah dan rumus dalam persentase sudah tersedia pada excel otomatis. Sehingga sangat mudah dalam menghitung persentasenya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel