5 Tips Merawat Motor Matic Agar Awet

Motor matic memiliki bentuk yang ramping. Sangat simple dan praktis yang dapat memberikan kemudahan saat beraktivitas sehari-hari. Kendaraan motor juga perlu dirawat secara rutin supaya awet dan dapat terus digunakan.

Diketahui produksi pabrik motor matic kian bertambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Harga motor matic pun beragam tergantung tahun keluaran dan keunggulannya. 
Maka untuk mendapatkan kendaraan motor perlu dana yang tidak sedikit sehingga harus dirawat dengan baik. Pembahasan ini terkait cara tepat merawat kendaraan motor metik baik kondisi baru maupun bekas.  

5 Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

Pentingnya merawat motor matic agar mesin dan bodi motor tidak cepat rusak dan awet. Jika tidak dirawat motor akan mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara merawat motor matic agar awet? Berikut informasinya untuk anda.

1. Panaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor matic sangat penting dilakukan setiap hari sebelum dipakai untuk beraktivitas. Merawat motor dengan cara memanaskan setiap pagi memang perkara mudah tapi terkadang meanggap remeh bahkan melupakannya. 

Motor matic perlu dilakukan pemanasan mesin secara rutin. Ini bertujuan untuk memberikan persiapan pada motor yang dapat menghasilkan tenaga dan menyetabilkan oli pada mesin. Sehingga akan terjadi perubahan suhu secara perlahan yang membuat komponen mesin menjadi lebih awet. 

2. Cek Mesin Berkala

Kendaraan perlu dilakukan servis secara rutin secara berkala termasuk pada motor matic. Dampak pengecekan mesin kendaraan motor yang rutin guna menjaga kondisi mesin tetap prima. Begitu juga saat memiliki motor matic maka perlu melakukan pengecekan mesin. 

Pengecekan rutin misalnya mengganti motor oli setiap bulan. Tergantung perjalanan, jika motor dipakai jarak jauh maka rutin diganti oli setiap bulan, tapi jika pemakaiannya jarak dekat maka 2 bulan sekali.


3. Perawatan ECU

Motor matic memiliki sistem injeksi dan ada yang tidak. Jika motor matic yang digunakan injeksi maka perlu pengecekan ECU secara rutin. Electronic Contro Unit (ECU) merupakan otak dari sistem injeksi pada motor.

Apabila ECU rusak atau bermasalah, maka sistem kerja injeksi tidak akan lancar yang akan membuat motor matic menjadi mogok dan macet. Cara menghindarinya ialah dengan selalu melalukan pengecekan secara berkala langsung ke bengkel resmi.

4. Perawatan AKI

AKI pada motor yang tidak terawat akan menyebabkan kendaran tersebut macet. Hampir semua pengguna motor pernah mengalami bagian AKI yang mati, sehingga kekuatan motor akan berkurang.

Bukan hanya itu, kesalahan pada AKI akan berdampak pada kecerahan lampu. AKI motor yang mati starter pun kian tak berfungsi. Sebagai perawatan untuk menghindari AKI yang mati maka lalukan penggantian AKI sekitar 7-8 bulan setelah penggantian terakhir.

5. Kondisi Vanbelt 

Pemilik motor matic perlu memperhatikan kondisi Vanbelt. Kondisi Vanbelt terbuat dari karet yang tidai boleh ditinggalkan.
Vanbelt ketika putus dijalan maka motor matic tersebut akan terhenti. Mengganti Vanbelt perlu menggunakan cadangan original supaya motor matic lebih awet. 

Dari 5 cara merawat motor matic tersebut dapat diterpakan dengan rutin untuk menghindari kerusakan. Walaupun kendaraan motor dalam kondisi baru atau bekas tetap harus dilakukan perawatan maksimal supaya tidak menyesal saat terjadi kerusakan.

Walaupun dalam merawat kendaraan motor memiliki cara yang berbeda-beda, tidaklah salah yang penting melakukan perawatan rutin supaya kendaraan tahan lama. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel