Cara Menang Pemilihan Duta Bahasa


Hasbundoya.com - Menjadi pemenang Duta Bahasa ialah dambaan bagi setiap peserta yang lolos menjadi finalis. Berbagai  persiapan dilakukan guna meraih posisi yang terbaik yakni kemenangan. Berbagai materi, dan perlengkapan disiapkan secara maksimal. Namun masih banyak peserta yang gagal atau belum beruntung. Sebenarnya persiapan yang paling penting adalah niat, mental, dan penguasaan materi dalam pemilihan Duta Bahasa yang mesti dikuasai agar tampil memukau dan lebih percaya diri.

Berdasarkan pengalaman yang pernah diikuti, beberapa hal tersebut merupakan poin utama saat memutuskan untuk mengikuti berbagai perlombaan, salah satunya yakni pemilihan Duta Bahasa agar berhasil. Akan tetapi, aspek penilaian bukan berasal dari aspek tersebut saja, banyak faktor yang akan dipertimbangkan dewan juri seperti etika dan kepribadian para peserta dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik.

Banyak peserta yang mengikuti pemilihan Duta bahasa merasakan kekecewaan setelah mengetahui hasil di babak penyisihan. Untuk itu, strstegi anda adalah harus betul-betul mempersiapkan diri terlebih dahulu dari jauh-jauh hari secara matang dan selalu berpikir positif penuh keyakinan bahwasanya anda layak menjadi juara. Bukan berarti terlalu percaya diri, melainkan pahami kriteria pemenang yang diinginkan dewan juri.

Tak perlu menggunakan komunikasi dengan Bahasa Asing. Bahasa Asing itu cukup di kuasai saja bukan diutamakan karena sudah jelas kita tinggal di Negara Indonesia, dimana sesuai Undang-undang bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan dan sebagai Identitas bagi Warga Negara Indonesia.

Nilai tambahan lain adalah memahami Bahasa Daerah termasuk adat istiadat, kesenian, sistem pernikahan dan lainnya. Sangat baik lagi jika anda mampu berkomunikasi dengan Bahasa Daerah, mengenali adat dan budaya daerah anda. Jadi jangan salah memahaminya.

Bagaimana tips menang di Pemilihan Duta Bahasa? Sekedar tambahan pembelajaran anda saja, Berikut cara sederhana agar l menang dalam pemilihan Duta Bahasa:

1. Persiapkan mental penuh percaya diri

Sebagai jiwa pemenang pasti memiliki mental yang kuat. Katakan pada diri Anda bahwasanya "saya bisa melakukannya dan saya layak jadi juara". Maksudnya adalah disaat Anda mulai mengikuti proses penyeleksian dari awal sampai menuju final anda harus konsisten dan didukung dari sikap yang selalu berpikir positif.

2. Etika kepribadian yang baik

Etika dalam setiap peserta akan selalu diperhatikan oleh seluruh dewan juri, meliputi kesopanan ataupun tata krama kepada setiap orang. Sebagai pemenang tentu bukan hanya mengandalkan kecerdasan, penampilan yang baik, serta fisik yang mumpuni. Akan tetapi kepribadian yang baik merupakan salah satu bagian terpenting yang harus ada dalam diri pemenang.

3. Persiapkan materi dan banyak belajar

Gunakan kesempatan dengan banyak memahami materi-materi dari pemilihan Duta Bahasa sebelumnya, dan jangan ragu untuk terus mencari informasi-informasi kepada rekan-rekan Anda atau melalui media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan untuk memberikan gambaran berupa kisi-kisi agar anda lebih mudah memahaminya.

Usahakan mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apa faktor lain yang menyebabkan peserta gagal? Tidak lain tidak bukan karena lebih memahami Bahasa Asing ketimbang pemahaman Bahasa Indonesia baik dari penulisan dan pengucapan ejaan yang baku.

5. Berpenampilan yang Baik

Penampilan yang baik merupakan salah satu poin yang dapat menyelamatkan anda agar lebih dekat meraih juara. Jangan sampai di saat anda mulai mengikuti proses pemilihan, teralau ceroboh dengan tidak memperhatikan penampilan. Karena sosok pemenang juga dinilai dari segi penampilan yang tidak berlebihan dan sesuai porsinya. 

Pemilihan Duta Bahasa bukan pemilihan permodelan yang lebih mengutamakan penampilan semata. Terkadang banyak peseeta yang terlalu menonjolkan penampilan dibandingkan penguasaan materi. Wajar saja gagal.. !

6. Jangan Pesimis

Jangan pernah berpikir negatif tentang kemampuan diri. Merasa tidak mungkin ataupun bersikap pesimis karena melihat segudang prestasi dari peserta yang lain. Perlu anda ketahui Pemilihan Duta Bahasa adalah sebuah program untuk memilih seorang Duta atau panutan generasi mudah untuk mengkampanyekan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jargon dari Duta Bahasa adalah Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing. Dari jargon inilah anda bisa menebak Bahasa apa yang mesti diutamakan. Ketika anda menguasai Bahasa Indonesia berarti anda satu langkah lebih dekat dengan kemenangan. 

Seringkali terjadi dalam peserta, disaat memasuki tahapan tes wawancara dalam pengucapan kata tidak dengan Bahasa Indonesia yang baik misalkan menyebutkan kata benda: Handphone/android. Hal terkecil ini saja sudah salah. Seharusnya "Gawai" ini jelas sangat mempengaruhi nilai anda nantinya. 

Demikian Tips di atas agar anda bisa meraih juara dalam pemilihan Duta bahasa di daerah anda, bahkan di tingkat nasional. Jangan lupa informasikan kepada rekan-rekan anda tips sederhana ini agar bermanfaat untuk semuanya. Selamat mencoba, Tabikpun..

Baca juga:
1. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ikut Pemilihan Duta Bahasa
2. Cara Lolos Menjadi Finalis Duta Bahasa, Hingga Ke Tahap Akhir
3. Simak Rahasia Sukses di Pemilihan Duta Bahasa
4. Cara Menang di Pemilihan Duta Bahasa
5. Cara Menang di Pemilihan Putera Puteri Bahari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel