6 Cara Menang Pemilihan Duta Bahasa

Menjadi pemenang Duta Bahasa ialah dambaan bagi setiap peserta yang lolos menjadi finalis. Berbagai persiapan dilakukan guna meraih posisi yang terbaik yakni kemenangan. Persiapan yang paling penting adalah niat, mental, dan penguasaan materi dalam pemilihan Duta Bahasa.Aspek penilaian bukan hanya dari penggunaan Bahasa Baku dan jawaban saat malam final saja, banyak faktor yang akan dipertimbangkan dewan juri seperti etika kepribadian peserta dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik sesuai tempat dan kondisinya.

Cara Sukses di Pemilihan Duta Bahasa Hingga Menang

Pada saat mengikuti Pemilihan Duta Bahasa perbanyak kenalan, jangan lupa bertanya tentang materi Duta Bahasa untuk sekedar belajar bersama, Selalu berpikir positif dan berikan yang terbaik agar sukses bersama untuk kedepannya.

Bagaimana cara menang di Pemilihan Duta Bahasa? Berikut cara sederhana sebagai tambahan refrensi khususnya yang akan menjadi Duta Bahasa;

1.  Percaya diri dan Mental Positif

Mental dan percaya diri mengikuti suatu kegiatan adalah salah satu hal penting. Percaya diri dengan kemampuan dan berikan yang terbaik.

2. Etika kepribadian 

Etika perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam perlombaan dalam pemilihan Duta Bahasa agar sukses meraih kemenangan. Etika perlu dijaga mulai dari, kesopanan, menghormati dan menghargai setiap orang.

Kriteria pemenang bukan hanya mengandalkan kecerdasan, penampilan yang baik, serta fisik yang mumpuni. Akan tetapi, kepribadian yang baik merupakan salah satu bagian terpenting dalam diri setiap orang.

3. Perbanyak materi dan berlatih

Pahami semua materi pemilihan Duta Bahasa dan berlatih dengan kisi-kisi perlombaan Duta Bahasa sebelum-sebelumnya. berlatih dengan siapa saja karena setiap orang adalah guru. 

5. Berpenampilan yang Baik

Penampilan yang baik merupakan salah satu poin untuk menempatkan diri dalam kondisi sesuai tempat. Penampilan yang rapih dan sopan.

6. Jangan Pesimis

Jangan pernah berpikir negatif tentang kemampuan diri. Merasa tidak mungkin ataupun bersikap pesimis karena melihat segudang prestasi dari peserta yang lain. 

Pemilihan Duta Bahasa adalah program dari Kantor Bahasa untuk memilih Duta generasi muda untuk mensosialisasikan penggunaan Bahasa Indonesia sesuai slogan Duta Bahasa yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.

Bahasa Asing perlu di kuasai tapi bukan untuk di utamakan karena sudah jelas dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bersumber dari bahasa yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan dan sebagai Identitas bagi Warga Negara Indonesia.

Kemudian saat tes wawancara, usahakan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai ketentuan juri di bidang Bahasa Indonesia. Perhatikan pengucapan kata benda, misalnya, Handphone/android, maka yang benar adalah Gawai.

Demikian Tips pembahasan dalam Pemilihan Duta Bahasa. Semoga bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan informasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel