Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula

Bisnis merupakan salah satu hal yang sangat digemari bagi setiap orang karena dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagi mahasiswa dapat menggunakan waktu luang untuk belajar berbisnis. 

Memulai bisnis bagi mahasiswa, biasanya di mulai dari yang terkecil dan menyesuaikan waktu dan kondisi agar tidak mengganggu aktivitas belajar. Sebab, sebagai mahasiswa peran utamanya ialah fokus belajar, mencari ilmu pengetahuan. 

Bisnis bagi mahasiswa, pasti memerlukan perencanaan, strategi dan konsep yang baik di dukung keterampilan organisasi, baik manajemen dan leadership yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis tersebut dengan lancar.
Sebelum memutuskan menjalankan bisnis dari awal, pastikan modal dan usaha yang akan dijalankan. Berikut tips sederhana menggunakan waktu luang untuk berbisnis bagi mahasiswa. 

1. Bulatkan tekad untuk berbisnis dengan baik.

Pertama yang harus diniatkan ialah kemauan dan tekad. Kemudian jadikan sebagai pembelajaran. Sebab fase merintis usaha bagi mahasiswa seringkali gagal, itulah pembelajaran yang harus dimaknai. 

Dalam memulai dan menjalankan usaha akan mengalami kerugian, keuntungan, hingga kekecewaan, bahkan rasa jenuh. Hal itu dipengaruhi dari kondisi, karena mahasiswa terkadang memiliki waktu luang dan memiliki kesibukan lain sesuai kegiatan yang di ikuti. 

2. Catat pengeluaran dan pemasukan.

Mencatat pengeluaran dan pemasukan memang harus dilakukan, guna mengetahui jumlah pendapatan hasil akhir sebagai keuntungannya. Pengelolaan keuangan yang baik akan mempengaruhi keberhasilan dari bisnis yang dijalankan.

Pastikan semuanya tercatat rapi dan terlihat jelas. Dan usahakan catatan tertata dalam satu buku, hindarkan catatan yang banyak dan tidak menentu. Tujuannya lebih mudah merincikan pendapatan dan pengeluaran. 

3. Jangan ulangi kesalahan

Dalam berbisnis pasti akan menghadapi berbagai macam rintangan dan permasalahan. Usahakan dalam menghadapi kesalahan yang datang, hadapi dengan santai dan dikaji dengan teliti. Sebab mahasiswa adalah waktunya belajar dan memulai menjalankan sesuai usaha yang di inginkan. 

Kesalahan yang ada, memang harus di dukung dengan strategi-strategi baru, misalnya dalam pemasaran. Untuk itu, bisnis dengan gaya sendiri, jauh lebih santai. Tak perlu menirukan gaya bisnis orang lain, jika menambah beban dan usaha jadi terbengkalai.

5. Tetap fokus dengan satu bisnis 

Kegagalan dalam bisnis dapat dihadapi dengan sabar, santai dan tetap fokus. Dalam berbisnis harus mampu bertahan lebih lama dan terus menghadapi rintangan tersebut dengan penuh kesabaran. 

Fokus dan sesuaikan dengan modal yang dijalankan. Walaupun usaha nantinya gulung tikar, setidaknya pernah mencoba dan pengalaman usaha sudah didapatkan. 

6. Jangan tergiur dengan usaha lain.

Maksudnya adalah Jika sudah memulai sebuah usaha, maka sebaiknya di tekuni. Jangan mengikuti informasi dari rekan bisnis yang baru, sehingga terpengaruh dan membuat usaha ditinggalkan. 

Padahal kunci sebuah bisnis yang baik dan benar adalah mampu bertahan lebih lama dan terus mengembangkan dengan konsep-konsep baru, agar usaha tersebut semakin lancar dan berhasil.

7. Simpan keuangan sebagai cadangan.

Setiap bisnis pasti harus membutuhkan asupan modal. Itu artinya hal yang harus di pikirkan secara berkepanjangan. Permasalahan kekurangan modal, dapat diatasi dengan menyisihkan sebagian hasil dari usaha yang didapat secara berkesinambungan.

Jadi, perlu menyimpan sebagian uang yang diperoleh karena tidak akan pernah tahu kapan akan membutuhkan uang yang paling penting. Salah satunya untuk tambahan biaya hidup dan membantu pembayaran biaya di kampus. 

Bahkan saat pendapatan bisnis menurun dan pengeluaran meningkat, tentu modal usaha harus ditambah. Sehingga jika membutuhkan dana penting, dapat menggunakan dana cadangan yang sudah disiapkan.