Cara Presentasi Yang Baik Agar Kondusif Bagi Pemula

Presentasi yang baik diawali dari pembukaan dengan menyapa audiens dan narasumber yang hadir, menyampaikan topik pembahasaan, dan penutupan. Kemudian diakhiri dengan diskusi. Bagi pemula memahami persentasi yang baik sangat tepat agar lebih kondusif.

Diketahui Presentasi bertujuan menyampaikan topik yang dibahas, sebagai langkah awal berdiskusi guna mendapatkan  tanggapan dan masukan terkait materi yang dipresentasikan. 
Presentasi yang baik berusaha memberikan kenyamanan kepada audiens agar kondusif dan terjadinya diskusi yang searah yang tidak keluar dari konteks pembahasan.

Perlu di ketahui dalam dunia Psikologi menyebutkan terdapat istilah "Primacy effect" (Efek awalan), yang berada pada awalan pertama saat dilihat dan didengarkan. Maka persentasi dilakukan dengan mengawali  pembukaan dengan cara yang menarik dan tidak berlebihan.

Cara Membuka Presentasi Agar Kondusif Bagi Pemula

Bagi pemula persentasi dianggap sulit. Berani mencoba dan mengkoreksinya agar lebih baik ke depan. Kesalahan yang dialami saat persentasi merupakan hal yang wajar. Paling penting adalah fokus dan pelajari materi, dan buatlah persentasi semenarik mungkin.

Cara yang baik dalam persentasi agar kondusif bagi pemula dapat dipelajari dengan baik. Berikut 5 teknik dalam membuka presentasi yang menarik: 

1. Awali dengan pembukaan

Mengawali presentasi dengan mengucapkan salam, memuji tuhan yang maha esa, bersholawat kepada Rasulullah, dan menghormati para pimpinan, tokoh, narasumber, tamu undangan, dan audiens. Disesuaikan dengan kondisinya. 

2. Fokus dan Semangat

Presentasi harus fokus supaya pembahasannya tersampaikan kepada audiens. Kemudian bersemangat guna mempengaruhi audiens tidak ngantuk dan dapat memberikan tanggapan terkait materi yang dipresentasikan. 

3. Pembawaan yang Santai

Menyampaikan presentasi dengan pembawaan yang santai. Sehingga memberikan kesan baik yang dapat mempengaruhi jalannya persentasi. Jangan lupa, penyampaian yang ramah agar kondusif.  

Berikan candaan untuk menghangatkan suasana supaya tidak terjadi kesenjangan. Presentasi lancar dan audiens merasa nyaman.

4. Buka Sesi Diskusi

Setelah presentasi selesai buka sesi diskusi kepada audiens untuk memberikan masukan dan solusi terkait materi yang disampaikan. Jangan lupa, Mintalah kritik dan saran yang membangun terhadap materi yang dipresentasikan.

5. Siapkan Data Pendukung

Menyampaikan presentasi perlu mempersiapkan data dan fakta pendukung supaya presentasi yang disampaikan jelas. Data sangat penting supaya tema yang dipresentasikan tersampaikan dengan baik dan mendapatkan masukan sebagai kesimpulan nantinya.

Demikian cara menyampaikan presentasi agar kondusif bagi pemula. Tips di atas hanya refrensi tambahan supaya presentasi dapat lancar dan sukses. 

Untuk tehnik sesuai kemampuan dan kebiasaan saja. Sebab dalam presentasi dipengaruhi kondisinya. Sehingga jika memiliki cara lain justru lebih baik yang penting nyaman dalam menyampaikan presentasi dihadapan audiens.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel