7 Tips Sukses Menghadapi UTS dan UAS

Aktivitas mahasiswa di bangku perkuliahan akan menghadapi berbagai ujian. Maksudnya seperti ujian tengah semester (UTS), Ujian akhir semester (UAS), dan ujian sidang akhir (Skripsi). Untuk menghilangkan rasa takut menghadapi ujian tersebut maka harus melakukan persiapan yaitu belajar materi perkuliahan secara berulang dan konsisten.

Materi ujian dalam perkuliahan mesti dipersiapkan dengan membaca dan menghafalkan kisi-kisi soal yang telah dipelajari selama proses belajar. Jika menganggap sepele akan menjadi pemicu keterlambatan dalam menyelesaikan studi. 
Selain itu dampak negatifnya ialah akan mempengaruhi nilai Indeks Prestasi yang anjlok. Penyebabnya adalah tidak mempersiapkannya. Perlu ketahui bahwa nilai UTS dan UAS akan berdampak terhadap nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di setiap semester.

Nilai yang diperoleh mahasiswa terdiri dari kehadiran, keaktifan dalam belajar, tugas perkuliahan, mengikuti UTS dan UAS selama perkuliahan hingga selesai. 

Tips Sukses Menghadapi UTS dan UAS

Selama menjadi mahasiswa tentu akan mengorbankan waktu, dana, tenaga, dan pikirkan. Maka sangat penting untuk aktif belajar dan menyerap ilmu yang disampaikan pihak Dosen. Sangat disayangkan jika UTS dan UAS tidak dipersiapkan dengan baik.  

Maka UTS dan UAS jangan dijadikan beban dan dianggap sepele, akan tetapi dijalankan dan berusaha lebih awal untuk mempersiapkannya dengan baik.

Kiat sukses menghadapi UTS dan UAS dengan hasil yang memuaskan untuk motivasi mengubah pikiran negatif, semangat belajar, dan menjalankan UTS dan UAS dengan baik. Berikut langkah-langkahnya;

1. Rajin Belajar  

Sejak awal perkuliahan harus rajin belajar. Sesibuk apapun baik organisasi, berbisnis, dan rebahan, maka persiapkan materi perkuliahan yang akan dibahas dan mengulas kembali materi yang telah dipelajari di kampus.  

Sehingga mendekati pelaksanaan ujian UTS dan UAS, tinggal mengulas kembali point penting dari materi yang akan diujikan. Saat jadwal UTS dan UAS sudah ditentukan maka jangan lupa ditulis sebagai pengingat agar memprioritaskan waktu belajar.

Mulailah mempelajari materi sesuai mata kuliah, dan latihan mengerjakan soal sesuai kisi-kisi materi. Untuk materi perkuliahan yang lebih sulit dapat dipahami secara perlahan dan berulang-ulang sampai berhasil. 

2. Berkomitmen

Komitmen pada diri untuk membagi waktu belajar dengan fokus dan konsisten. Berjanjilah pada diri sendiri dan yakin dengan kuasa sang pencipta, agar diberikan kemudahan dalam menjalankan ujian UTS dan UAS dengan baik. 

Berkomitmen akan berpengaruh pada kelancaran menyelesaikan studi, dan dapat menyerap materi perkuliahan dengan baik. 

3. Berfikir Positif

Berfikir positif menghadapi UTS dan UAS akan mempengaruhi semangat belajar dan hasil yang memuaskan. Berfikir positif sama dengan berprasangka baik terutama pada diri sendiri bahwa dapat menghadapi ujian dengan fokus dan semangat. 

Sehingga akan membangun keinginan untuk belajar dan mempersiapkan segala macam materi yang akan diujikan. Jika berfikir negatif maka menghadapi ujian UTS dan UAS akan merasa terbebani dan malas untuk belajar. Padahal UTS dan UAS adalah kewajiban sebagai proses belajar dan tahapan yang harus dilalui dalam menyelesaikan studi. 

4. Latihan Soal

Pelajari kisi-kisi UTS dan UAS yang diajarkan para dosen supaya tidak cepat lupa. Jika belum paham bertanya langsung dengan dosen supaya lebih jelas. Bertanya juga dengan kakak tingkat. Cari refrensi di buku perpustakaan, internet, dan lainnya. 

Sharing dengan kakak tingkat terkait mata kuliah tersebut. Latihan mengerjakan soal supaya mudah dipahami. Fokus membaca dan dipahami dengan baik.

5. Berdiskusi

Berdiskusi secara santai yang tidak terlalu formal dengan teman kelas maupun satu jurusan. Diskusi saat berkumpul dengan santai sambil membahas perkuliahan.
Ini bertujuan untuk saling mengingatkan tentang materi perkuliahan dan sebagai persiapan menghadapi UTS dan UAS. Saling mengingatkan dalam hal kebaikan akan sangat bermanfaat. 

6. Jangan Malu Bertanya 

Sebagai salah satu persiapan menghadapi UTS dan UAS adalah bertanya tentang materi perkuliahan. Waktu UTS dan UAS akan diberitahukan dosen langsung dikelas. Sehingga mendekati waktu ujian akan diberikan kisi-kisi materi yang akan diujikan sesuai yang telah diajarkan. 

7. Tulisan di Perjelas

Waktu ujian tiba baik UTS dan UAS maka hindari mengerjakan soal yang terburu-buru. Hal tersebut akan membuat tulisan menjadi sulit terbaca dan dikoreksi oleh dosen. Mulai dari mengisi identitas, dan jawabannya. Tulisan yang terburu-buru akan sulit dikoreksi, sehingga kerjakan dengan tenang sesuai waktu yang telah ditentukan.

Demikianlah tips sukses menghadapi ujian baik UAS maupun UTS. Semoga dengan cara diatas dapat membantu sekedar tambahan refrensi dalam menjalankan ujian diperkuliahan dengan lancar dan sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel