7 Tips Menghadapi UTS dan UAS di Kampus Agar Mendapatkan Nilai Terbaik


Hasbundoya.com – Setiap mahasiswa pasti pernah mengalami kegalauan saat akan mengahadapi ujian, baik ujian tengah semester (UTS) atau Ujian akhir semester (UAS). Berdasarkan faktanya sebagian mahasiswa jarang melakukan kegiatan belajar saat menghadapi ujian. Mereka tidak mempedulikan soal apasaja yang akan mereka kerjakan nantinya. Tak heran, kebiasaan seperti ini menjadi faktor pemicu terlambatnya dalam menyelesaikan perkuliahan. Selain itu dampak negatifnya nilai IPK akan dibawah rata-rata, Hal itu dikarenakan tidak memiliki kesiapan. Perlu anda ketahui bahwa nilai UTS dan UAS yang anda kerjakan akan berdampak terhadap nilai ideks prestasi kumulatif (IPK). Dimana nilai tersebut akan diakumulasikan dari nilai secara keseluruhan pada mata kuliah yang anda ambil.

Pada dasarnya penilaian dari seorang dosen mencakup banyak hal yang perlu dipertimbangkan, ada yang memberikan nilai akhir hanya berdasarkan keaktifan, dan kehadiran termasuk dari nilai UAS dan UTS yang anda kerjakan. Selama perkuliahan satu semester melakukan pembelajaran di masing-masing mata kuliah yang begitu banyak mengorbankan waktu, tenaga, dan fikiran. Apakah anda tidak berfikir jika nilai kuliah anda hancur hanya karena saat UTS dan UAS saja. Jika anda menganggap bahwa UTS dan UAS ini memang terkesan menakutkan seharusnya anda tidak perlu khawatir dan menyerah begtitu saja, akan tetapi berusaha lebih awal untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Berikut ini akan kita bahasa meliputi cara mudah bagi anda agar dapat sukses secara maksimal dalam menghadapi UTS dan UAS dengan hasil yang memuaskan dan tidak mengecewakan. Untuk itu, simak tips ampuh dibawah ini:

1. Siapkan jadwal belajar intensif.

Sebelum pelaksanaan ujian tiba, hal pertama yang perlu anda siapkan terlebih dahulu yakni jadwal belajar yang intensif. Hal ini dimaksudkan memberikan peringatan dan sebagai pengingat bagi anda agar tidak larut dalam kegiatan keseharian anda.
Sebab, jika sudah mendekati waktu ujian tiba maka semakin meningkat kesukaranyang akan anda hadapi, sehingga anda akan merasakan kegalauan yang berkepanjangan. apabila anda persiapakan dari jauh hari meliputi materi yang memang betul-betul tidak anda ketahui dan yang pernah anda pelajari sebelumnya.

Salah satu contohnya mulailah menyusun beberapa materi yang di mengerti dan tidak. Mulailah lakukan oret-oret kertas latihan, coba hal-hal yang dianggap sulit tersebut dengan berulang-ulang. Hal ini dimaksudkan agar anda lebih cepat memahami materi yang akan di ujikan. Sehingga anda akan merasa lebih santai dengan penuh kesiapan dalam menunggu waktu ujian berlangsung.

2. Tetapkan komitmen pada diri.

Setelah menentukan target tahap sepanjutnya tetapkan sebuah komitmen. Maka berjanjilah pada dirimu sediri dan fokus dengan komitmen mu. Jika anda komitmen artinya anda sudah memiliki peluang untuk lebih maju.

3. Tentukan target yang akan diraih.

Setiap pekerjaan harus memiliki target. Jika didunia kampus pasti banyak mahasiswa mengungunkan nilai bagus. Tapi untuk target anda usahakan yang terbaik. Hingga lulus tepat waktu dengan nilai yang sangat memuaskan. Dengan adanya tips ini dapat membantu anda agar sukses mengahadapi setiap ujian yang meliputi UTS dan UAS.

4. Lihat kisi-kisi soal sebelumnya dan perbanyak latihan.

Ini merupakan cara yang simpel artinya salah strategi anda yakni perhatikan kisi-kisi soal sebelumnya. Sebap berdasarkan pengalaman sebelumnya setiap periode soal yang diujikan akan sama persis, walaupun berbeda topik yang dibahas. Jika anda sudah mengetahui tipe soalnya maka segera lakukan latihan soal. Perbanyak saja latihan dengan melakukan coba-coba.

Selain itu, jangan lupa dekati dan banyak cari refrensi kepada kakak tingkat yang sudah pernah dan mengikuti mata kuliah tersebut sebelumnya. Simpan nomor ponsel nya dan rajinlah berkomunikasi, ini akan memudahkan anda leluasa bertanya jika ada yang belum anda pahami.

5. Lakukan belajar kelompok.
Sebagian orang mungkin ada yang kurang nyaman jika belajar kelompok. Belajar kelompok merupakan kegiatan yang sangat mudah memecahkan suatu masalah yakni bertikar pendapatan hingga tahap penyelesaian. Jika anda terbiasa belajar sendiri kali ini mulailah belajar berkelompok, ini akan lebih menyenangkan dan membuat anda lebih santai dan fokus.

6. Jangan malu untuk bertanya pada dosen.

Jika anda kurang mengetahui baik soal yang membingungkan tidak masalah langsung ditanyakan. Intinya di tahap ini janagam malu untuk bertanya. Maksudnya bukan menanyakan kunci jawaban, tapi jika ada soal yang membingungkan terkait sistem pengerjaannya sebaiknya bertanya. Karena jika anda malu untuk bertanya siap-siap anda akan tersesat..heheh

7. Tulisan di perjelas yang tidak membingungkan.

Salah satu hal yang berpengaruh terhadap nilai yang akan anda dapatkan yakni kejelasan tulisan. Hindari mengerjakan soal yang terburu-buru. Hal tersebut akan membuat tulisan anda akan sulit terbaca. Lain hal nya jika ujian yang anda kerjakan berupa pilihan ganda yang hanya sebatas menconteng jawaban. Semua lembar jawaban akan diperiksa oleh dosen anda, jika tulisan anda tidak bisa dibaca sudah dipastikan nilai anda yang tadinya bagus akan menjadi buruk.

Demikianlah tips sukses menghadapi ujian baik UAS maupun UTS. Semoga dengan cara diatas dapat membantu anda agar dapat meraih nilai yang terbaik. Jangan lupa share tips ini kepada teman anda yang sering mengalami masalah dalam ujian sehingga dapat berpacu dalam melodi dan menjadi rujukan untuk bahan persiapannya kedepan. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel