10 Dampak Positif Organisasi Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa organisasi sangat penting dalam pengembangan diri, dan sarana pembelajaran. Selama menjadi mahasiswa perlu memperbanyak pengalaman untuk menumbuhkan pribadi yang lebih baik. Organisasi menjadi salah satu sarana belajar mulai dari kepemimpinan, management, wirausaha dan sebagainya.

Mengikuti organisasi sangat penting khususnya bagi mahasiswa. Sebenarnya organisasi memiliki dampak positif bagi mahasiswa untuk kedepannya. Hampir setiap organisasi mahasiswa tidak memiliki dampak negatif tergantung pemahaman dari masing-masing mahasiswa dalam menjalankannya.

Pengertian Organisasi Mahasiswa

Organisasi merupakan wadah perkumpulan dari sekelompok orang yang tersusun dalam struktur kepengurusan yang sistematis dan untuk mewujudkan impian bersama. Organisasi sebagai sistem yang solid selalu menekankan kerjasama antar sesamanya.

Organisasi Mahasiswa adalah wadah yang hanya diikuti oleh mahasiswa sebagai syarat keanggotaan, dan memiliki tujuan bersama. sesuai aturan AD/ART dalam suatu organisasi tersebut.

Organisasi Mahasiswa harus sesuai dengan tri darma perguruan tinggi, sesuai tugas dan fungsinya. Aktivitas yang didalam tidak menghilangkan pemikiran kritis dan tidak ada kepentingan pribadi maupun golongan diluar ranah pembelajaran mahasiswa.

Pentingnya organisasi akan berdampak positif, baik dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Mahasiswa akan berupaya memanfaatkan organisasi sebagai saran belajar yang baik agar aktif dan kristis dalam menyerap informasi secara tepat.
Organisasi memiliki konsep yang beragam, baik organisasi dilingkungan masyarakat, pelajar, dan mahasiswa. Organisasi akan sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa yang sedangkan menempuh pendidikan.

5 Dampak Positif Organisasi Bagi Mahasiswa 

Mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai macam organisasi baik intra maupun exstra. Organisasi mahasiswa sebagai perkumpulan khusus bagi mereka yang berstatus mahasiswa. 

Tujuannya untuk menambah pengalaman dan pembelajaran selain di bangku perkuliahan. Pentingnya mengikuti organisasi bagi mahasiswa untuk terus berproses dan mengembangkan keahliannya. Berikut dampak positif oraganisasi bagi mahasiswa;

1. Melatih Kepemimpinan

Setiap orang yang tergabung dalam sebuah organisasi mampu mengkordinir sesama anggota. Berhimpun dan bergerak dalam membentuk suatu program untuk kepentingan bersama. Sehingga dapat melatih dan membentuk jiwa kepemimpinan.

2. Melatih Kewirausahaan

Dampak positif mahasiswa akan melatih jiwa kewirausahaan. Dalam organisasi akan diberikan pelatihan dan pemahaman untuk belajar menciptakan produk yang dapat diipasarkan dan hasilnya akan dikelola secara bersama.

Sehingga akan menumbuhkan ide bisnis untuk semangat berwirausaha baik dalam bentuk produk dan jasa yang bermanfaat.

3. Melatih Kedisiplinan

Bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi akan membangun kedisiplinan dan memanfaatkan waktu dengan baik. Sehingga hidup akan tetap terarah dengan baik. Disiplin waktu supaya dapat menggunakan waktu yang baik untuk beribadah, bekerja, dan beraktivitas yang bermanfaat.

4. Mempengaruhi Indeks Prestasi

Bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi tentu akan berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa seperti Indeks Prestasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa kedepannya. Sehingga dampak positif bagi mahasiswa akan mempengaruhi gaya belajar yang baik.

5. Kerjasama Baik

Melatih untuk menumbuhkan sikap untuk saling bekerjasama dengan baik. Berkomitmen dan bersatu agar terciptanya hubungan yang baik dan sehat. Dari kerjasama akan melatih kekompakan. Kerjasama yang baik akan memudahkan dalam mencapai tujuan bersama yang lebih baik. 

6. Bertanggung Jawab

Mengikuti organisasi bagi pemula akan menumbuhkan sikap tanggung jawab. Dalam organisasi akan terlibat dalam kegiatan pengkaderan dan program lain. Sehingga rasa tanggung jawab akan terbentuk dengan baik  

7. Berjiwa sosial

Berjiwa sosial ialah mampu berinteraksi dan saling membantu dengan baik. Menumbuhkan nilai toleransi dan sikap hormat-menghormati kepada semua orang.
Saling membantu dan berkontribusi pada kegiatan yang terlibat.

8. Kemampuan Berkomunikasi

Berorganisasi akan mempengaruhi kemampuan berkomunikasi yang baik. Dalam organisasi akan banyak berdiskusi, memberikan tanggapan, dan menyampaikan tugas baik dalam bentuk persentasi maupun memberikan materi secara bergantian. 

Sehingga akan meningkatkan komunikasi yang baik secara bertahap. Misalnya melatih percaya diri dalam berkomunikasi, dan lebih tertata dalam berkomunikasi baik di forum atau diluar forum.

9. Melatih Pola Pikir 

Melatih pola pikir yang baik adalah salah satu dampak positif dalam berorganisasi. Pemahaman akan terasah dengan baik karena proses kegiatan organisasi tak lepas dari materi belajar bak secara teori dan praktik. Sehingga akan membentuk pola pikir yang lebih baik.

10. Memperluas Networking

Organisasi dapat membentuk networking. Namun ini bukan menjadi prioritas dan tujuan. Networking akan terjalin dengan sendirinya melalui saling kenal mengenal dan tetap menjaga solidaritas hubungan yang baik antar kader. Jangan jadikan Networking sebagai peluang utama, akan tetapi fokuskan untuk belajar dan niatkan untuk mencari ilmu. 

Mengikuti organisasi bagi mahasiswa tentu akan menambah wawasan, terbinanya insan yang bermanfaat dan terus menjadi pribadi yang baik. Itulah beberapa dampak positif organisasi bagi mahasiswa. Terus belajar karena sejatinya hidup adalah pembelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel