Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Sedekah Dalam Kehidupan

Sedekah dalam kehidupan akan terasa manfaatnya. Sedekah akan membawa diri dalam keberkahan. Sedekah bukan hanya memberikan harta benda tetapi menolong secara iklhas baik makanan dan minuman.

Harta benda yang di sedekahkan salah satu cara untuk menyucikan diri. Supaya senantiasa meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Sebab, balasan rezeki bagi orang yang bersedekah akan dibalas berlipat dari yang maha kuasa.

Tentu saja dalam hal sedekah dilakukan bersamaan dengan kebaikan lainnya, seperti melakukan Rukun Islam dan Rukun Iman dalam ajaran Islam.

Manfaat sedekah bukan hanya dirasakan dalam hidup di dunia tetapi akan bermanfaat di akhirat. Keutamaan sedekah dapat memadamkan api di dalam kubur, sebagaimana hadist berikut ini:
“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

Dalam hal sedekah harus sejalan dengan hati nurani yang ikhlas. Seperti dijelaskan dalam hadist berikut ini:

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421).

Manfaat Sedekah Dalam Kehidupan

Perlu di ketahui, sedekah juga menjadi amalan selama hidup di dunia dan bermanfaat di akhirat. Ketika sedekah telah dilakukan maka jangan di ungkit atau di beritahukan kepada orang lain. Jangan sampai amalan sedekah hangus sia-sia tanpa pahala dari Allah SWT.

Sedekah akan menambah keimanan dan ke taqwaan kepada Allah SWT. Manfaat sedekah antara lain sebagai berikut:
  • Memadamkan api di dalam kubur
  • Hidup dalam keberkahan
  • Membuat ketenangan dalan hidup
  • Menyuburkan rezeki yang tak terduga
  • Untuk kesehatan dan keselamatan
  • Terhindar dari marabahaya
  • Menyucikan harta benda
  • Memperpanjang umur.
Seseorang yang gemar bersedekah sebagai salah satu amalan sunah sesuai ajaran yang  dianjurkan bagi umat Islam. Kemuliaan orang yang bersedekah tentu mendapatkan kebahagian dunia akhirat.

Bersedekah bukan hanya memberikan sebagian rezeki namun sangat beragam seperti sedekah dalam bentuk ibadah, membantu sesama dalam meringankan bebannya, menafkahi keluarga, mengajarkan ilmu pengetahuan, dan memberi makan dan minum orang lain bahkan mentraktir teman.

Bersedekah tidak harus dengan jumlah yang besar namun konsisten dengan ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT. Sedekah juga dapat dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi dengan niat karena Allah SWT.