Menu Buka Ramadan Sederahana

Buka puasa adalah waktu membukakan puasa ditandai beduk tanda menunaikan shalat magrib. Buka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat musim untuk menikmati makanan dan minuman.

Orang yang berpuasa, diawali niat, dan melakukan makan sahur sebagai sunnah sampai waktu tiba imsak dengan menahan haus, lapar dan hawa nafsu. Berpuasa adalah rukun islam ke tiga wajib bagi umat Islam di manapun berada.
Dalam berpuasa tentu masyarakat akan sibuk dalam mempersiapkan menu berbuka puasa. Maka dari itu, menu berbuka puasa yang biasa dilakukan Rasulullah, diantaranya sebagai berikut;

1. Buah kurma

Kurma sangat aman bagi tubuh yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW. 

Kurma menjadi makanan anjurannya yang membuat perut menjadi kenyang dan tahan lama. Selain sehat, mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah sunnah sesuai yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

2. Anggur

Anggu adalah kesuakaan Rasulullah SAW yang ia konsumsi saat berbuka puasa. Anggur sebagai makanan berbuka puasa, sesuai hadist yang diriwatkan oleh Abu Nuaim, "kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak".

3. Buah zaitun

Menu berbuka puasa Rasulullah SAW, salah satunya ialah Zaitun. Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Hadis tersebut sebagai pembelajaran yang dapat dilakukan dalam berbuka atau dikonsumsi. Dikatahui buah Zaitun memiliki khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit.

4. Buah Ara

Buah Ara atau buah tin dapat menjadi pilihan menu untuk berbuka. Diketahui Buah Ara sangat disukai Rasulullah SAW, yang telah diriwatkan oleh Abu Darda RA bahwa nabi pernah memakan buah tersebut. 

Beliau bersabda bahwa buah tin adalah buah surga tanpa biji yang mengandung khasiat, seperti mengobati sembelit, penyakit usus, lambung, bisul dan haid. 

5. Buah Delima

Buah Delima telah tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68, "di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima." Dalam hadist menjelaskan bahwa sangat dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Kemudian Buah Delima masuk dalam daftar buah surga.

6. Buah Melon

Buah Melon menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut berdasarkan hadist Rasulullah SAW yaitu "Tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat."

Melon memiliki rasa yang manis dan lezat. Sehingga sangat tepat jika dikonsumsi saat berbuka. Rasulullah pernah bersabda, terkait Kurma dan Melon.
"Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin." (HR. At-Tirmidzi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel