Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menghilngkan Haus Saat Puasa !

Menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban bagi umat muslim. Perlu mengurangi aktivitas yang tidak berlebihan supaya menghindari batalnya puasa. Dalam menjalankan puasa seringkali merasa haus, terutama disiang hari atau saat tengah beraktivitas. 
Berbagai cara pun dilakukan untuk menahan haus, seperti makan dan minum yang banyak diwaktu sahur. Namun tetap merasa haus di tenggorokan saat berpuasa. 
Berpuasa wajib menahan hawa nafsu yang membatalkan. Mengkonsumsi makanan sehat memberikan kekuatan tubuh saat kondisi puasa.

Tips Menghilangkan Haus Saat Berpuasa

Rasa haus saat puasa bukan karena kurang minum saat sahur. Tapi disebabkan minyak atau lemak yang melekat pada dinding kerongkongan yang berasal dari makanan saat sahur. Minyak tersebut membuat kerongkongan terasa haus. 

Nah, Berikut cara mengatasi agar puasa tetap merasa kuat tanpa merasa haus di kerongkongan:

1. Hindari minuman dingin yang berlebihan, ini akan membuat lemak dari yang anda makan akan susah hilang di kerongkongan.

2. Usahakan minum susu, karena kandungan protein dan vitamin pada susu mampu membuat tubuh terasa kuat dan sehat.

3. Makan makanan yang mengandung serat diantaranya ubi, kentang, ketela, dan sebagainya. Makanan berserat mampu memberikan pencernaan lebih lama. Sehingga lambung akan terasa kenyang seharian.

4. Sebaiknya minum air hangat sebagai penutup sahur. Apapun menu makanan saat sahur sebaiknya akhirilah dengan minum segelas air hangat.

5. Termasuk bagi anda yang suka minum kopi, jangan lupa akhiri dengan minum air hangat sebelum imsak. 

Air hangat dapat mengurangi penumpukan minyak yang menempel di rongga kerongkongan. Sisa minyak akan hilang dengan air hangat. Jadi tak perlu minum air yang berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. 

Demikian cara menghilangkan rasa haus saat berpuasa, agar menjadikan diri kita kuat dan dapat menjalankan aktiviatas seharian. Jangan lupa share ke rekan-rekan anda agar bermanfaat.