Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Organisasi, Contoh dan Tujuan

Organisasi merupakan wadah perkumpulan suatu kelompok untuk saran belajar dan mewujudkan keinginan bersama. Belajar di Organisasi akan menambah pengalaman dan mendapatkan banyak pemahaman untuk mengembangkan diri agar lebih baik.

Pengertian organisasi dan tujuan sangat penting untuk dipelajari. Supaya dapat memberikan pemahaman dan sebagai sarana belajar tambahan. 

Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan dan cita-cita bersama. Organisasi  terdiri dari keanggotaan kelompok yang terstruktur dan memiliki cita-cita bersama.
Organisasi juga memiliki konsep masing-masing. Setiap anggota organisasi harus mengikuti aturan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Contoh Organisasi 

Organisasi sangat beragam baik lingkup pemerintah, sekolah, perguruan tinggi, Lembaga dan lainnya. Organisasi memiliki struktur kepengurusan dan pengkaderan sesuai ketentuan masing-masing organisasi. 
Berikut contoh organisasi Intra dan Extra khususnya dilingkup Perguruan Tinggi.

1. Contoh Organisasi Intra Kampus, yaitu 
semua Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di UKM Seni & Budaya, UKM Olahraga, UKM Beladiri, UKM Mahasiswa Pencinta Alam, dan lainnya.

2. Organisasi Extra Kampus,
Contoh: HMI, PMII, IMM, KAMMI, GMKI, KNPI, HIPMI dan lainnya.

Tujuan Organisasi

Dikutip dari laman salamadian.com tujuan organisasi secara umum meliputi: 
  1. Meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya yang dimiliki
  2. Wadah yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas
  3. Wadah untuk memiliki pengawasan dan kekuasaan
  4. Membantu setiap individu yang ada di dalamnya agar dapat meningkatkan pergaulan serta memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal serta bermanfaat
  5. Wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama yang sudah terbagi dengan baik
  6. Membantu untuk pengelolaan lingkungan bersama-sama
  7. Mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai dengan yang telah menjadi tujuan awal sebuah organisasi.
Organisasi sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Dalam organisasi par anggota yang tergabung akan mendapatkan banyak pembelajaran meliputi keorganisasian, kepemimpinan, kewirausahaan, dan lainnya. 

Organisasi salah satu sarana menuntut ilmu yang baik. Manfaatnya akan sangat banyak didapatkan oleh setiap anggota. Tingkatan organisasi juga beragam misalnya lingkup anak-anak seperti kegiatan ekstrakurikuler disekolah dan perkumpulan lainnya. 

Nah, itulah informasi mengenai pengertian organisasi dan tujuannya. Ikuti organisasi seusai keinginan untuk memperdalam keahlian, dan mengembangkan potensi diri untuk mempersiapkan tatanan kehidupan dimasa mendatang. Semoga bermanfaat..