Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran dan Tugas Duta Bahasa

Peran duta bahasa bersama untuk menyuarakan penggunaan bahasa Indonesia. Mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa Asing. Duta bahasa dapat memberikan pengaruh terhadap penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. 

Tugasnya adalah menjalankan kegiatan yang telah dikuti, memahami dan mempelajari. Supaya bahasa Indonesia dapat di junjung sebagai bahasa Persatuan Indonesia. Duta bahasa tergabung dalam suatu ikatan, supaya dapat saling memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk saling mengingatkan akan  pengutamaan bahasa Indonesia. 

Ikatan duta bahasa dapat melakukan kegiatan belajar bersama, atau membual kegiatan amal. Misalnya berbagi di bulan Ramadan, menyebarkan informasi positif di media sosial berupa himbauan untuk menggerkan semangat membaca, menulis dan lainnya. 
Bahkan berparitisipasi dalam kegiatan duta bahasa, belajar sastra Indonesia dan lainnya. Salah satu kegiatan amal yang telah dilaksanakan oleh ikatan duta bahasa Provinsi Lampung ialah berbagi di bulan Ramadan. 

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Terdapat banyak kegiatan sosial yang di lakukan masyarakat. Tak terkecuali dikalangan pemuda. 
Program amal adalah kegiatan sosial yang baik. 

Salah satu kegiatan positif yang di lakukan oleh Ikatan Duta Bahasa Lampung, bertajuk "Ikadubas Lampung Beramal 2018" ialah mengajak masyarakat untuk berdonasi. 

Sumbangan donasi berupa uang tunai, sembako, pakaian layak pakai, buku, dan alat tulis. Donasi di kumpulkan dan diberikan kepada anak-anak yatim piatu. Para anggota lain juga berjualan takjil, seluruh pendapatan juga di sumbangkan ke panti asuhan. 

Menariknya, di panti asuhan Ikatan Duta Bahasa akan belajar bersama dan berbagi pengetahuan. Kemudian mengajak anak-anak belajar dan membaca. 

Kegiatan positif tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita. Bahwa dengan berbagi dapat menumbuhkan sikap toleransi atar sesama, menanamkan kebaikan, dan menjaga hubungan silaturahim yang baik.

Sebagai generasi Millenial Indonesia, menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama, menghargai, dan menghormati orang yang lebih tua perlu diterapkan dalam kehidupan. 

Berbagi bersama anak-anak yatim piatu akan memberikan pelajaran bagi kita agar senantiasa menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT. Rahmat dan karunia-NYA di setiap waktu. 

Berdonasi bukan hanya berupa materi, tapi dengan mengajak anak-anak Indonesia untuk terus belajar dan membaca adalah sikap yang tepat. Supaya anak-anak Indonesia kedepannya terus berhasil. Mari berbagi dan saling tolong menolong. Agar hidup berkah dan bermanfaat. Salam Bahasa !