Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Manfaat Silaturahmi Dalam Islam

Silaturahmi dalam ajaran Islam memiliki manfaat banyak. Menjaga hubungan silaturahmi antar sesama teman, kerabat, dan keluarga perlu dilakukan agar hidup dalam keberkahan.

Keutamaan silaturahmi dapat membuat hubungan semakin baik, kepada rekan kerja, kenalan, bahkan tetangga, dan lainnya. Berusaha menjaga silaturahmi akan memperoleh manfaat banyak dari Allah SWT, untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lainnya. 

Berikut manfaat keutamaan silaturahmi dalam Islam yang mesti diketahui, berikut diantaranya:

1. Bertawakal Kepada Allah

Silaturahmi merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Menjalin silaturahmi seringkali dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya dan penduduk sekitarnya. 

Dalam silaturahmi akan terciptanya hubungan kekeluargaan yang baik bagi sesama manusia yang sudah dijalankan dalam tuntunan agama Islam (Hablum Minannas).

Sebagai insan yang hidup berdampingan, setiap manusia tidak dapat menjalankan kehidupan secara sendiri tanpa bantuan orang lain. Hidup rukun dan damai, menjaga silaturahmi agar berkah dalam dunia dan akhirat. 

2. Memperpanjang Usia

Salah satu manfaat dalam menjalankan silaturahmi ialah dapat memperpanjang usia. Semua akan terjadi atas kehendakNYA, karena dia maha pemberi Rezki. Mengenai keutamaan silaturahmi, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”.

Maksudnya ialah bagi siapa saja yang melakukan silaturahmi dengan kerabat, keluarga dan kenalan lainnya akan memperoleh umur panjang dan rizky yang luas. Maka melakukan silaturahmi dapat dimulai dari orang-orang disekitar tempat tinggal seperti tetangga dan lainnya dengan niat karena Allah SWT. 

3. Mempererat Rasa Saudara

Mengunjungi atau dikujungi teman maupun keanalan akan terbentuknya rasa persaudaraan. Dimana hubungan tersebut dapat lebih akrab dan lebih baik. Manfaat lain yang dapat diraskan dari silaturahmi ialah terciptanya kemudahan untuk saling tolong menolong, bekerjasama yang baik, saling menasihati dan mengingatkan, dan bertukar informasi berfaedah.

Dilingkungan tetangga, yang tadinya terasa canggung dan tidak terlalu akrab. Namun saat saling bersilaturahmi akan membuat hubungan semakin baik dan dapat lebih mudah untuk saling tolong menolong.

4. Hidup Lebih Nyaman dan Bermakna

Silaturahmi akan berdampak positif terhadap upaya mencegah terjadinya konflik, baik antar sesama teman, kerabat, dan keluarga. Bahkan dapat meminimalisir terjadinya permusuhan dan pertengkaran lainnya. 

Saling berkunjung bersilaturahmi akan menghasilkan ikatan yang baik. Ketika kerabat ingin bersilaturahmi, maka layanilah dengan baik dan ramah. Untuk sementara waktu dalam menerima tamu tinggalkan dahulu kesibukan dirumah. 

Manfaat dari silaturahmi lain ialah menjadikan hidup terasa lebih nyaman dan damai dan akan menghindari sikap saling menyalahkan satu sama lain. Selain itu, hidup akan sangat bermakna dan lebih leluasa dalam beribadah kepada Allah SWT. 

5. Mendekatkan diri Kepada Allah

Silaturahmi sebagai salah satu ibadah yang mesti dilakukan diluar kewajiban lainnya. 
Bersilaturahmi dapat bermanfaat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kebaikan dalam bersilaturahmi bukan hanya untuk diri kita tetapi untuk orang lain yang kita datangi. 

Apapun yang kita lakukan selama masih berada dalam jalur ketentuan Allah niscaya akan mempermudah dalam memperoleh keberkahan hidup, dan tercatat sebagai amalan kebaikan agar kelak meraih surga-NYA dan dapat menjauhkan diri dari siksa neraka yang berakibat dari permusuhan kerena tidak pernah bersilaturahmi dan menjaga hubungan dengan baik. 

6. Menjaga Keharmonisan

Melahirkan suasana rukun dan damai antar sesama. di sekeliling kita sebagai gambaran cara hidup orang-orang yang mulia. Sebab kita telah menjalankan cara hidup terpuji, sesuatu yang diperintahkan oleh Allah.

Hidup dalam lingkungan sosial masyarakat, tentu setiap orang memiliki kesalahan. Namun, dengan menjalin silaturahmi agar dapat memaklumi dan saling memaafkan untuk menjaga hubungan yang baik. 

7. Mendapatkan Rezeki

Manfaat keutamaan lain dari silaturahmi adalah mendatangkan rezki dari Allah SWT. 
Kesehatan dan kebahagian akan terasa begitu luar biasa. Sebagai umat muslim, silaturahmi sangat dianjurkan dalam islam karena bersilaturahmi akan banyak mendapatkan keberkahan hidup yang aman, tentram, dan damai. 

Itulah manfaat dari silaturahmi yang bisa kita dapatkan dari Allah SWT. Perlu diingat bahwa menjaga silaturahmi dengan siapapun pasti dengan kehendakNYA, akan mendapatkan kebaikan. Terutama kepada orang-orang disekitar.