Pengalaman Jadi Moderator Acara Diskusi Terpumpun Wartawan Sesumatera Pada Pekan Bahasa Sesumatera


Hasbundoya.com - Assalamualkum sahabat semuanya kali ini saya akan mengulas pengalaman yang begitu berkesan disaat saya memandu dalam rangkaian acara pekan bahasa sesumatera yang digelar oleh pemerintah provinsi lampung melalui kantor bahasa provinsi lampung yang berlangsung pada 17 Juli 2017 lalu di Hotel Emerisia Bandar lampung.

Acara ini begitu meriah yang dihadiri oleh peserta dari provinsi dikepulauan sumatera. Pekan bahasa merupakan kegiatan tahunan yang berkesinabungan secara bergantian. Kebetulan ditahun 2017 kemarin provinsi lampung sebagai tuan rumah.

Salah satu kegiatan selama pekan bahasa yakni acara diskusi terpumpun wartawan sesumatera dengan tema "Peran media massa dalam meningkatkan literasi masyarakat" yang dihadiri peserta dari seluruh jurnalis perwakilan media cetak, dan media online dari daerah masing-masing provinsi di sumatera. Saat itu saya diberikan amanah untuk memandu acara tersebut sebagai moderator, mendampingi jajaran kepala kantor bahasa lampung ibu Dra. Yanti Riswara, M.Hum dan staff lainnya.

Awalnya saya sedikit canggung dan hampir kehilangan cara jitu dalam membawakan dan menaklukkan acara ini. Sebap kegiatan ini cukup berbeda, dimana saya berusaha berkomunikasi dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Kali ini saya juga langsung berhadapan dengan pihak kantor bahasa yang mendampingi acara. Mereka begitu jeli dan piawai dalam mengamati setiap narasumber yang berkomunikasi. Salah satu penilaian yakni menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar dari tiap jurnalis yang persentasi. walaupun sempat gerogi tapi alhamdulillah bisa teratasi dengan santai dan lancar.

Selama acara ini berlangsung, saya memgamati kegiatan jenis ini begitu menarik. Bertemu dengan orang-orang hebat yang sudah ahli dibidang jurnalis. Kebetulan menulis merupakan sebuah kegemaran saya, jadi saya tidak menyiakan waktu tersebut untuk berkenalan dan bertukar informasi dengan mereka.

Tidak lama acara pun dimulai, saya buka dari awal hingga mulainya diskusi. Diawal tak lupa saya sapa kepala kantor bahasa dan staff dan seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. Acara begitu hidup setelah candaan yang saya lontarkan berdasarkan slogan saya yakni "Berpacu dalam melodi" sehingga peserta dalam ruangan begitu gembira. Ditengah berlangsungnya acara, saya sempat merasa heran kenapa saya tertawa mereka pun ikut tertawa. Saya bingung ada apa, apakah ada yang salah? Sembari kuamati dan infromasi dari rekan usai acara ternyata mereka tertawa dikarenakan tertawa saya, itulah jawabanya. Sebagian mereka ternyata menyukai ketawa saya. mendengar kabar tersebut saya merasa senang, yang penting mereka merasakan kenyaman dan bahagai. yang pasti anggap saja amal jariyyah .heeehe

Kemudian acara pun selesai, saya langsung menyimpulkan dari tema yang dibahas. Setelaha itu, saya buka sesi pertanyaan dan bediskusi untuk peserta. Tak lupa saya persilakan kepala kantor bahasa provinsi lampung ibu yanti memberikan tanggapan serta penjelasan tentang kebahasaan. Sembari memberikan koreksi terhadapat kosa kata yang disampaikan para peserta.

Ada beberapa hal yang saya dapatkan sebagai pembelajaran terkait pemakaian bahasa indonesia yang baik dan benar. Realitanya pada saat ini banyak orang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai pada tempat dan kondisinya. Sebagian orang ada yang mencampur adukan bahasa indonesia dengan bahasa asing. Kebanyak dizaman modern sekarang ini banyak orang menomor duakan bahasa indonesia dn cenderung lebih memahami dan mempelajari bahasa asing dengan sungguh-sungguh. Padahal bahasa indonesia sendiri wajib kita pertahankan sebagai bahasa pemersatu serta identitas bagi bangsa indonesia.

Oleh karen itu, mari kita utamakan bahasa indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Jadi, harus sesuia urutannya. Paling penting utamakan selalu bahasa indonesia tanpa menghilangkan bahasa daerah dan tidak meninggalkan bahasa asing untuk dipelajari. Saya sangat senang berpartisipasi diacara tersebut. Banyak pangalaman yang saya dapatkan beberapa hari selama mengikuti pekan bahasa. Selain diberikan amanah sebagai moderator, saya juga diberikan kepercayaan untuk menjadi pemabawa acara pada kegiatan lomba pidato tingkat SMP/SMA/Ma sederat sesumatera di hari berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel