Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Jadi Moderator Online Yang Baik

Menjadi Moderator Online mesti dipersiapkan. Moderator adalah orang yang mengendalikan suatu kegiatan diskusi baik formal maupun non formal. Kegiatan diskusi online tetap menggunakan peran moderator untuk mengkondisikan acara. 
Menjadi moderator dapat dipelajari dengan baik. Moderator online tetap sama dengan acara langsung mulai dari pembukaan hingga penutupan oleh moderator. Berikut tips jadi moderator online;

1. Memperkenalkan diri

Sebelum memulai acara maka lakukan perkenalan terlebih dahulu. Supaya audiens yang mendengar dan menonton mengetahui pengendali suatu acara baik diskusi dan lainnya.

2. Pahami waktu

Menjadi moderator online juga memastikan waktu acara. Supaya konsisten dalam membuka acara hingga selesai. Jadi tidak terlepas dari pembicaraan yang sesuai acara dan mengendalikan acara. 

3. Memberikan Himbauan

Sebelum acara dimulai, maka moderator memberikan himbau kepada peserta yang sudah bergabung untuk fokus dan mencatat poin penting diskusi. Berikan himbauan bahwa acara akan dimulai dan peserta daring diminta fokus.

4. Perkenalkan Narasumber

Moderator harus memperkenalkan narasumber sebelum acara dimulai. Memperkenalkan narasumber tidak membacakan semua CV, namun bacakan yang terpenting saja.

5. Membuka Acara

Moderator membuka acara dengan mengucapkan salam dan menghormati para narasumber yang bergabung pada kegiatan online tersebut serta menyapa audiens.

6. Mengenalkan Acara

Mengenalkan acara maksudnya moderator memberitahu tema acara dan tujuan kegiatan kepada peserta. Pada saat membuka acara hingga ke pemaparan materi narasumber.

7. Mempersilahkan Narasumber

Moderator memberikan waktu dan mempersilahkan narasumber secara bergantian untuk menyampaikan materi pembahasan. 

Peran moderator sebelum mempersilahkan masing-masing narasumber untuk mengingatkan waktu agar narasumber menyesuaikannya.

8. Mencatat Poin Penting

Menjadi moderator online harus mencatat poin penting terkait materi pembahasan. Poin penting dijadikan sebagai bahan diskusi kepada peserta dan digunakan untuk memperjelas materi agar tidak kehabisan kata-kata dalam mengkondisikan acara.

8. Tanya Jawab

Setelah materi selesai maka moderator membuka sesi tanya jawab kepada audiens.
Tanya jawab dibagi beberapa sesi sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

9. Acara penutup

Menjadi moderator online jangan lupa ucapkan terima kasih kepada narasumber dan peserta yang sudah bergabung di acara tersebut.

Kemudian moderator menutup acara dengan kalimat yang relevan sebagai kesimpulan dari materi yang dibahas atau dengan membacakan pantun yang merangkum seluruh materi atau kalimat motivasi untuk semua audiens.