Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Pemilihan Duta Museum

Memperingati Hari Museum Indonesia, Pemilihan Duta Museum biasanya dilakukan dimasing-masing provinsi dan nasional. Dalam. Penyelenggaraan pemilihan duta museum akan dilaksanakan berbagai tahapan. 

Pemilihan Duta Museum dilakukan mulai dari proses pendaftaran atau pengumpulan berkas meliputi data diri, KTP, Ijazah terakhir, surat rekomendasi perguruan tinggi dan surat kantor bagi yang bekerja, surat bebas narkoba, surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit, foto peserta, dan SKCK. 

Namun hal tersebut tergantung pada panitia penyelenggara pemilihan duta museum secara masing-masing. Tahapan pada umumnya hampir sama, namun konsep acara biasa kreasi masing-masing. Baca juga: Cara menang pemilihan duta museum
Setelah berkas terkumpul selanjutnya melakukan rapat bersama, dimana seluruh peserta yang mendaftar dikumpulkan di lokasi aula museum. Selanjutnya akan diumumkan  untuk peserta yang lolos menjadi finalis ke tahap selanjutnya. 

Bagi peserta yang lolos persyaratan akan diumumkan sebagai peserta finalis dan mengikuti karantina selama beberapa hari, tergantung waktu hingga selesai. Selama karantina akan melalui tahapan seleksi penilaian mulai dari;

1. Persentasi dalam bentuk power poin dengan tema Museum dan adat budaya. 

2. Penampilan bakat peserta dan penilaian langsung. Selama sehari sampai selesai. 

3. Pembekalan Materi dari narasumber, meliput pemahaman tentang Museum, etika kepribadian, materi kebudayaan, dan publik speaking. Dibagi beberapa sesi diwaktu berbeda. 

4. Mengenal koleksi museum dan berkeliling museum. Mengenal jenis dan jumlah koleksi museum secara langsung. 

5. Malam grand final, penilaiannya meliput; publik speaking, untuk menentukan 6 besar putra dan putri.

6. Menjawab pertanyaan dewan juri. Misalnya dengan pertanyaan "Menurut anda, Bagaimanakah sikap pemuda-pemudi terhadap museum aat ini, jelaskan?"  Waktu 30 detik

Mengikuti Pemilihan Duta Museum Lampung untuk menambah pengalaman dan pembelajaran yang baik agar dapat mengetahui sejarah dan peradaban zaman dahulu. 

Perlu anda ingat bahwa museum merupakan sumber informasi, sebagai jendela budaya, dan sebagai rumah peradaban yang berbicara secara fakta. Contoh pertanyaan duta wisata

Maka kesempatan dan sarana paling utama menjadikan museum sebagai tempat untuk menambah wawasan. Bahkan dijadikan lokasi penelitian bagi generasi Indonesia, membuat karya ilmiah dan lainnya. 

Museum memiliki peran strategis yang memiliki amanat, mencerdaskan bangsa, dan sebagai pertahanan nasional. Untuk itu, mari kunjungi Museum agar dapat mengenal Budaya warisan leluhur zaman dahulu.