Tips Jadi MC Pemula !

Car mudah jadi MC bagi Pemula harus banyak berlatih dan mencoba membawakannya acara dengan baik. dilansir dari elzha09.com Sebagai penyedia jasa tidak harus memiliki latar belakang pendidikan/ilmu komunikasi/public speaking karena lebih kepada pengalaman.
Sebagai MC perlu membawakan acara dengan maksimal agar suasana lebih kondusif. Menjadi pembawa acara dapat dilakukan oleh setiap orang yang penting belajar dan berlatih. Terdapat 5 tips untuk menjadi MC yang dapat dipraktikan dan dipelajari langsung.

1. Tata Bahasa 

Tata Bahasa akan mempengaruhi saat berbicara. Membawakan acara akan mengkondisikan acara agar berjalan lancar. Maka tata bahasa mesti dilatih dengan membaca dan praktik supaya lancar.

2. Komunikasi, 

Menjadi pembawa acara perlu komunikasi yang searah. Terdapat Bahasa Isyarat yang dapat digunakan, bertujuan dalam suatu acara misalnya terdapat peserta/audiens yang kurang pendengarannya. Bahasa isyarat dapat disesuaikan dengan gerakan tangan. 

Berkomunikasi pada saat membawakan acara usahakan dilafalkan dengan jelas. Gunakan smiling voice atau bicara sambil senyum dan menggunakan Intonasi yang tepat. Dalam menyampaikan/berbicara tidak perlu terburu-buru. Kontrol volume suara sesuaikan dengan alat pengeras suaranya.

3. Penampilan,

Penampilan bahasa tubuh dan penampilan. Hal yang mesti dihindari adalah menunjuk penonton dengan jari telunjuk dengan tangan terbuka. Hindari membelakangi penonton, dan sesuaikan acara dengan gestur tubuh dalam setiap menyampaikan peralihan acara berikutnya.

Untuk pakaian harus sesuai dengan acara. Formal, semi formal atau informal. Pakaian disesuaikan dengan ukuran badan, jangan kebesaran nanti melorot dan jangan pula kekecilan nanti tidak nyaman dan didukung tata rias yang seadanya.

4. Pahami Acara

Acara yang dibawakan perlu dipahami dengan jelas. Audiens dan narasumber yang hadir mesti diketahui dengan jelas. Supaya dapat menguasai acaranya agar berjalan lancar. 

5. Percaya diri, 

Jika hal-hal persiapan sudah dilakukan dengan baik. Maka percaya diri dalam membawakan acara. Tarik nafas dan tetap tersenyum. 

Itulah tips sederhana untuk menjadi MC pemula. Setiap orang bisa menjadi MC yang penting belajar dan berlatih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel