Pengalaman Membawakan Acara Lomba Pidato Tingkat Pekan Bahasa Se-sumatera

Assalamulaikum sahabat, menjadi seorang MC atau pembawa acara sangat menyenangkan. Selain melatih mental dan memeberikan rasa percaya diri didepan umum. Seperti hal nya pengalaman saya saat menjadi pembawa acara pada lomba pidato tingkat pelajar se-sumatera yang di adakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung di Hotel Emersia, Bandarlampung. 

Pada saat itu, saya bersama patner mbak rosidah berprofesi sebagai guru dan salah satu sahabat yang tergabung dalam Ikatan Duta Bahasa Provinsi Lampung. Alhamdlillah kami dipercayakan oleh Kantor Bahasa untuk memandu acara tersebut.

Acara lomba pidato dimulai sejak pagi pukul 09:00 wib sampai selesai, dihadiri 3 dewan juri sekaligus, diantaranya Ibu Dra. Yanti Riswara, M.Hum selaku Kepala Kantor Bahasa Lampung, kemudian dihadiri bapak Hendarto setiawan sebagai Deputi General Manager Radar Lampung Tv, dan perwakilan Kantor Bahasa Provinsi Bali.

Kegiatan Pekan Bahasa begitu ramai, membuat saya bersemangat yang berpacu dalam melodi. Selama acara berlangsung alhamdullah lancar hingga selesai, saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. 

Peserta lomba pidato yang tampil begitu percaya diri, suaranya lantang, dan artikulasi yang mantap. Tapi pada dasarnya kriteria penilaian yang paling utama adalah penggunaan kata dan kalimat Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Menurut saya, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar memang gampang-gampang susah. Karena berkomunikasi yang baik dan benar bukan berarti kita harus berkomunikasi dengan Bahasa Baku setiap waktu, melainkan disesuaikan dengan kondisi, tempat, dan lawan berbicara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel