Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Pasar Terhadap Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Pasar adalah tempat pembeli dan penjual bertemu. Pasar sebagai tempat yang tidak asing ditelinga masyarakat. Pasar sangat efektif membantu dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. 

Pasar dibagi menjadi dua, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Keberadaan pasar akan menunjang kemakmuran masyarakat. Hal itu, memberikan kemudahan dalam bertransaksi segala macam kebutuhan masyarakat. 
Perekonomian masyarakat akan maju, jika didukung adanya pasar. Sebab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil ialah adanya puskesmas, sekolah dan pasar. 

Sehingga pasar salah satu kategori yang berpengaruh dalam menggerakkan usaha masyarakat baik di kota maupun pedesaan. Pasar akan menjadi tempat transaksi dan bisnis bagi masyarakat, baik hasil bumi dan lainnya. 

Pasar juga membantu meringankan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Adanya  produk-produk kebutuhan mulai dari sembako, dan hasil pertanian yang dijual di pasar. Bahkan kelebihannya, masyarakat akan lebih mudah mencari peluang usaha untuk dipasarkan di lokasi terdekat. 

Sehingga apapun hasil bumi, hasil laut, keterampilan tangan, dan kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi di pasar. Bahkan masyarakat dapat memiliki usaha untuk menopang hidup. Adanya pasar akan sangat membantu masyarakat dalam berbisnis.