Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Materi Lengkap Pemilihan Putera Puteri Bahari Indonesia

Pemilihan Putera Puteri Bahari merupakan kegiatan dalam memilih Duta Bahari, yang bekerjasama dengan berbagai pihak dan instansi terkait yang diadakan hampir setiap tahun. 

Diketahui Putera Puteri Bahari pertamakali dilakukan pada tahun 2012, bagi pemenang di tingkat provinsi akan di kirim ke nasional dan seleksi langsung melalui panitia di Jakarta.

Pengertian Bahari, Maritim, dan Putra Putri Bahari Indonesia

Pengertian Putra Putri Bahari adalah generasi pemuda indonesia yang terfokus pada kegiatan pelestarian kebaharian Indonesia. Sebagai wadah organisasi yang mempromosikan kekayaan Bahari di Indonesia, mempelajari batas wilayah laut indonesia, dan sebagainya.
Bahari Indonesia memiliki banyak ekosistem laut yang mesti dijaga agar tidak rusak dan tetap tumbuh serta berkembang di perairan laut indonesia.

Putra Putri Bahari Indonesia dilakukan dalam bentuk kegiatan pemilihan. Tahapan  pemuda di seluruh indonesia yang dinaungi oleh suatu organisasi. Setiap tahun sudah konsisten menggelar pemilihan baik di tingkat Kabupaten/kota, Provinsi, dan Nasional.

Kebaharian lebih menekankan pelestarian biota laut, mengenal sistem batasan perairan laut, dan perdagangan yang melintasi wilayah laut Indonesia.

Materi Lengkap Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia

Para Putra Putri Bahari Indonesia akan mempromosikan kekayaan bahari agar senantiasa menjaga kelestarian terumbu karang, dan tumbuhan mangrove, dan biota laut indonesia. 

Bagi anda yang ingin mengikuti pemilihan ini alangkah baiknya jika anda mempersiapkan materi terlebih dahulu dengan matang.


1. Pelajari tentang pasar ekonomi asean, dan jelaskan sektor pariwisata.

2. Pelajari tentang perbedaan maritim dengan bahari.

3. Materi seputar Bonus demografi.

4. Pelajari juga materi tentang hubungan unclus dengan zona ekonomi eksklusif.

5. Menteri Kelautan perikanan, meliputi fungsinya.

6. Pelajari tentang alki, dan macam-macamnya.

7. Pelajari sejarah Tragedi yang terjadi di laut cina.

8. Materi seputar Tol laut, dan dampak pembangunnya.

9. Hubungan Politik dan pariwisata.

10. Pelajari tentang tujuan dari kebijakan pemerintah yang membuat pulau baru.

11. Materi mulai dari kebaharian, tumbuhan mangrove, deklarasi juanda.

12. Pelajari batas wilayah laut indonesia, perbatasan dengan negara apa saja.

13. Pelajari Jumlah pulau di indonesia termasuk jumlah pulau kecil.

14. Pelajari jenis-jenis biota laut indonesia.

15.  Jenis ikan air tawar, air luar, air payau.

16. Makna Jalesvevajayamahe.

17. Sejarah Kapal Vinishe Chengho.

18. Pelajari tentang Sail Indonesia.

19. Hapalkan dan kembangkan Deklarasi Djuanda, dimana dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia.

Pada saat itu Djuanda Kartawidjaja, yakni deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

20. Pelajari sejarah peristiwa Pertempuran laut aru, dimana Pertempuran Laut Aru adalah suatu pertempuran yang terjadi di Laut Aru Maluku, pada tanggal 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda. 

Insiden ini terjadi sewaktu dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis Neptune dan Frely milik Belanda.

Kemudian menyerang RI Matjan Tutul (650), RI Matjan Kumbang (653) dan RI Harimau (654) milik Indonesia yang sedang berpatroli pada posisi 04,49° LS dan 135,02° BT. Komodoi Yos Sudarso gugur pada pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".

21. Pahami Ikan ekonomis sebutkan dan berikut penjelasannya.

22. Pelajari tentang Zona ekonomi eksklusif, yang di atur dalam bab 4 pada pasal 55 hingga 75.

23. Pelajari tentang sapta pesona, tujuan, dan dampak.

24. Pelajari juga pariwisata di daerah anda.

25. Pahami Jumlah tangkapan ikan pertahun.

Demikian materi pokok dari pemilihan putera puteri bahari indonesia. Dengan anda mempersiapkan diri lebih awal akan memudahkan anda saat karantina di tingkat nasional. Sebab, kegiatan selama karantina akan selalu ada sesi latihan tanya jawab.

Materi tersebut dipersiapkan dan dipahami, sehingga pertanyaan yang diberikan panitia akan mudah menjawab dan memahaminya. sehingga akan menambah point-point penilaian.