Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tari Nyambai Daerah Lampung Warisan Leluhur

Tari nyambai merupakan salah satu kesenian melayu. Nama Nyambai ialah Sirih. Sirih ialah suatu simbol keakraban bagi masyarakat melayu pada umumnya.

Hal ini menunjukan bahwa sirih selalu digunakan di dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan kinangan dan bahan obat. 

Tari Nyambai dibawakan berkelompok secara berpasangan oleh gadis dan bujang. Tari nyambai di bagi 2 yaitu nyambai untuk laki-laki dan nyambai perempuan. Sebagai ajang pertemuan atau ajang silahturahmi dan seni tarian ini sangat lama sebagai warisan masyarakat melayu.

Menurut imformasi dari Suntan Sarif, beliau merupakan seorang tokoh adat dan juga sebagai ketua marga way napal mengungkapkan bahwa tarian Nyambai sejak lama sudah dipertunjukan dan ditampilkan sebelum negara Indonesia merdeka. 

Tari nyambai merupakan salah satu bentuk kesenian adat melayu yang masih ada di daerah, dalam kegiatan upacara adat dan festival tertentu.

Tarian nyambai pada umumnya dibawakan oleh Bujang Gadis. Tari nyambai banyak gerakannya. Nama tarian nyambai juga beragam.

Pada perkembangannya hingga saat ini, tarian nyambai dibawakan oleh semua kalangan orangtua maupun bujang gadis. 

Tempat pertunjukan tari nyambai ini diselenggarakan di ruang terbuka berupa tarub, panggung, dan pelataran rumah sesuai tempat pelaksanaanya.