Kesimpulan Makna Hari Pancasila 1 Oktober

Memperingati hari Pancasila pada 1 Oktober, dikarenakan sejarah 30 September 1965. Peristiwa pemberontakan oleh PKI sekaligus perebutan kekuasaan. 

Tujuannya ialah untuk mengubah ideologi Bangsa Indonesia menjadi Ideologi komunis. Namun karena usaha yang dilakukan oleh PKI gagal, maka dianggap sakti dan begitu sakralnya Pancasila.
Hari kesaktian Pancasila merupakan kisah pilu dimana anggota dan pejabat tentara dan TNI berduka karena banyak prajurit dan anggota yang gugur dan hilang dalam tragedi G30S/PKI. 

Maka Warga Negara Indonesia harus menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan Pancasila.

Momen hari kesaktian Pancasila sangat penting yang memiliki makna bagi Bangsa Indonesia. Penghormatan sangat bermakna bagi masyarakat.

Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia yang berperan penting dalam mengatur  penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan di Negara Indonesia.

Pancasila digagas oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno. Dalam memperingati G30/SPKI, Indonesia selalu memutar film tersebut di media Nasional untuk mengenang peristiwa tersebut. 

Hingga saat ini dilaksankan Upacara Bendera di Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di Makam Pahlawan Revolusi yang berlokasi di TMP Kalibata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel