Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Amalan Bulan Ramadan Di Rumah

Bukan suci ramadan merupakan bulan yang terbaik bagi umat muslim. Amalan di bulan Ramadan akan dilipatgandakan oleh Allah. 
Selain berpuasa dan membayar zakat fitrah, tentu banyak amalan yang dapat mendatangkan kebaikan dari Allah. 

Ada banyak kegiatan ibadah yang dapat menambah amalan yang baik. Ibadah di bulan Ramadan merupakan kesempatan terbaik dalam mendapatkan pahala yang berlipat. Puasa dan membayar zakat di Bulan Ramadan salah satu amalan wajib bagi kaum muslimin dan muslimat.
Amalan di bulan Ramadan membawa keberkahan, dilakukan masing-masing sesuai kemampuan. Selain itu, Terdapat 4 amalan di bulan ramadan yang baik dan mendapatkan pahala yang banyak disisi Allah. Berikut informasinya:

1. Membaca Al-Qur'an

Membaca Alquran bagi umat Islam adalah ibadah yang dilipatgandakan kebaikannya oleh Allah SWT. Artinya dibulan suci Ramadan sangat tepat untuk membaca Alquran untuk meraih pahala yang lebih banyak. 

2. Dermawan

Ibadah di bulan Ramadan diharuskan untuk mengeluarkan zakat sebagai rukun Islam yang wajib dilakukan. Zakat dibagi 2 jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Kemudian bersedekah di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT yang sangat besar. 

3. Sholat Sunnah

Sebagai bulan penuh berkah, selain sholat wajib yang harus dilakukan. Terdapat sholat sunnah. Shalat sunnah yaitu shalat dhuha, sholat tarawih, sholat witir, shalat taubat, shalat tasbih, shalat hajat dan sholat tahajud di malam hari.

Shalat sunnah untuk mengisi kegiatan di bulan ramadan yang berfaedah untuk mendapatkan amalan yang baik. Kemudian waktu melaksanakan shalat sunnah disesuaikan dengan waktu, kondisi dan tempat. 

4. Buka Puasa Keluarga

Buka puasa bersama keluarga adalah ibadah yang mendatangkan pahala. Di bulan ramadan wajib berpuasa akan mendapatkan pahala. Ibadah puasa hukumnya wajib bagi umat islam dan ditinggalkan akan mendapatkan dosa. 

Melakukan buka puasa bersama tentu bernilai ibadah. Allah akan memberikan pahala berlipat. Buka puasa dengan keluarga mendatangkan kebaikan. Mengharap rido Allah agar hidup dalam karuniaNya. 

Semoga bulan Ramadan dapat menjalankan ibadah dengan khusuk karena Allah. Menjalankan kewajiban puasa dan zakat fitrah agar senantiasa mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat, dijauhkan siksa kubur dan azab api neraka. Aamiin..