Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Diskusi Kelompok

Kegiatan diskusi sangat penting dilakukan baik lingkup keluarga, pendidikan, pekerjaan, komunitas, dan masyarakat. Diskusi dapat memotivasi dan membangun sinergitas serta berdemokrasi. 

Diskusi akan membentuk sportifitas, mempertajam kreatifitas, mengeluarkan dan mempertahankan pendapat, menyatukan sudut pandang serta evaluasi kinerja.

Pengertian Diskusi Kelompok

Menurut Moh Surya 1975, Diskusi adalah proses di mana siswa atau orang-orang yang berdiskusi akan mendapat suatu kesempatan untuk berdiskusi dan berkontribusi dari pengalaman mereka dalam memecahkan suatu masalah-masalah secara umum. 

Kegiatan diskusi dilakukan 2 orang atau lebih, dalam menggali bentuk pengetahuan dan memusyawarahkan suatu kegiatan atau hal-hal untuk meluruskan dan mencari solusi apa yang sekiranya terjadi untuk perbaikan dan kemajuan kedepannya.
Diskusi juga memiliki tema dan topik pembahasan sehingga menghasilkan suatu pemahaman yang dapat disepakati bersama. Dan diskusi juga akan memunculkan berbagai ide, konsep dan gagasan sesuai tujuan pada tema atau topik yang dibahas. 

Manfaat Diskusi Kelompok

Adapun manfaat dari diskusi kelompok antara lain sebagai berikut;

1. Setiap orang yang berdiskusi akan melatih kemampuan dalam berpikir lebih luas.

2. Diskusi yaitu berdemokrasi karena para anggota yang terlibat akan dengan senang hati manyampaikan pendapat.

3. Membangun rasa saling menghargai antar sesamanya.

4. Merumuskan konsep yang lebih baik.

5. Melancarkan komunikasi antar individu dengan kelompok.

6. Memecahkan suatu permasalahan, sehingga terjadinya komitmen 

7. Bersilaturahmi antar sesamanya.

8. Mendapatkan solusi dari topi yang dibahas.

9. Sebagai pembelajaran karena akan mendapatkan cara dan metode diskusi yang baik.

10. Belajar berfikir dan membuat suatu gagasan.


Dalam jalannya diskusi sebaiknya dipimpin oleh moderator dan notulen. Supaya dapat mengendalikan diskusi dengan lancar dan kondusif. Moderator harus bijaksana dan memanfaatkan waktu diskusi diawali dari pembukaan, hingga penutup. 

Melakukan diskusi sangat tepat agar terus meningkatkan komitmen, bertukar informasi, dan menumbuhkan sikap kekeluargaan yang baik. Karena diskusi akan menghasilkan ide yang cemerlang sesuai tujuannya.