Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Membagi waktu kuliah dan berorganisasi dapat diminimalisir degan mengutamakan prioritas dan tujuan masuk perguruan tinggi. Kuliah dan organisasi adalah kegiatan sebagai pembelajaran, tapi harus tetap memiliki prioritas utama supaya lancar dan perkuliahan tidak terbengkalai. 

Menjalankan pendidikan di perguruan tinggi  dan berorganisasi, dapat dilakukan cara bersamaan. Hal itu penting dilakukan untuk menunjang dan mengembangkan soft skill dan hard skill. Organisasi akan memberikan pengalaman yang baik, namun harus bisa membagi waktu dan fokus dalam jalur yang tepat. 
Sebagai mahasiswa berkuliah dan mengikuti organisasi adalah kegiatan yang baik untuk dilakukan. Selagi tidak mengganggu proses belajar mengajar di kampus maka mengikuti organisasi dapat menambah pengetahuan

Namun pastikan mengikuti organisasi tidak dengan paksaan atau sekedar mengikuti teman. Tujuan utama mahasiswa adalah kuliah dan menyelesaikannya. Jangan sampai pula terlena dengan organisasi. Ingat kedua orang tua dan keluarga menunggu keberhasilan dan selesainya pendidikan. 

Membagi waktu antara kuliah dan organisasi tergantung pada masing-masing. Namun jangan sampai terlena, sehingga prioritas utama menjadi terbengkalai. Sangat disayangkan jika prioritas utama tidak dijalankan dan mementingkan kegiatan lain yang akan menghambat penyelesaian pendidikan. 

Bagaimana cara membagi waktu kuliah dan berorganisasi supaya berjalan seimbang dengan baik?. Berikut tips sederhananya;

1. Tentukan Prioritas

Membagi waktu kuliah dan organisasi tentu memiliki prioritas yang diutamakan. Prioritas utama ialah kuliah maka tugas mata kuliah mesti dikerjakan dengan baik. 

Untuk organisasi dapat ditunda terlebih dahulu. Skala prioritas dengan perencanaan yang baik dapat membuat kegiatan lancar.

2. Totalitas

Memiliki totalitas baik kuliah dan berorganisasi. Totalitas dalam menjalankan perkuliahan dan totalitas berorganisasi degan baik supaya hasilnya bermanfaat. (Ambil Ilmunya). 

3. Batasi Waktu

Batasi waktu untuk kuliah, bermain dan berorganisasi. Berorganisasi sesuai waktu yang tidak mengganggu perkuliahan. Jika waktu kuliah maka lebih di utamakan. 

Mengatur waktu bermain, waktu berorganisasi dan kuliah perlu di perhatikan dengan baik. Kemudian kegiatan di luar juga diimbangi dengan baik supaya mendapatkan pengalaman dan pembelajaran. 

4. Wadah Belajar

Kuliah dan organisasi niatkan untuk belajar. Jika niat belajar mudah-mudahan berkah. Karena belajar yang baik akan menghasilkan sesuatu ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat. 

5. Management Waktu

Pastikan membuat perencanaan dari semua kegiatan. Kegiatan ditulis dan dijadwalkan. Maka kegiatan terencana akan fokus sesuai jadwal yang telah dibuat. Sehingga waktu antara kuliah dan berorganisasi akan terjadwal dengan baik.

Untuk membagi waktu anatar keduanya tergantung bagaimana menyikapi. Berhubung terdapat waktu luang, dapat diisi dengan berbisnis atau berorganisasi. Hal itu sangat penting, supaya waktu dapat bermanfaat dengan baik.