Cara Jadi Penyiar Televisi: Contoh Pembukaan, Teks Berita, dan Penutup

Menjadi seorang presenter televisi bukanlah perkara mudah karena kita dituntut untuk menguasai berbagai teknik publik speaking seperti suara, intonasi dan Body Language yang tepat. 

Cara jadi presenter bisa anda simak secara lengkap panduan dibawah ini. Disini sudah tercantum lengkap contoh pembukaan, teks berita, dan penutup.
Anda tertarik menjadi penyiar televisi, maka lihat langsung contoh pembukaan, teks berita, dan penutupnya. Cara ini sudah biasa dilakukan para penyiar televisi saat tampil membawakan programnya.

Berkiprah di dunia penyiaran memang sangat menyenangkan, selain melatih mental, dan kelancaran publik speaking membuat pekerjaan ini menjadi banyak digemari. Seorang penyiar yang baik harus selalu bersikap profesional seperti waktu, penampilan, dan pembawaan diri. 

Cara Jadi Penyiar Televisi Yang Baik

Menjadi penyiar televisi mesti didukung  wawasan. Selain itu kemampuan public speaking yang baik supaya lebih santai dalam membawakan berita. Inilah yang perlu dipahami supaya mampu tampil dengan maksimal.

Disini ada beberapa tips untuk menjadi penyiar televisi yang dapat di jadikan sebagai bahan pembelajaran sebelum menjadi penyiar berita. Untuk itu, simak info selengkapnya berikut ini:

1. Disiplin waktu

Penyiar harus tepat waktu, saat sudah menjadi penyiar televisi harus datang ke studio minimal 30 menit sebelum dimulai. Ini bertujuan supaya anda lebih banyak waktu untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan.

2. Pilih warna wardrobe yang sesuai

Jangan memilih kostum yang sembarangan. Siaran televisi khususnya berita memang wajib berpakaian formal. Jika pria berjas, dasi, lengkap dengan kemeja. Begitu juga wanita dengan pakaian blezer, kemeja wanita, dan rambut yang terurai rapi dan tidak disanggul. Begitu juga yang berhijab menyesuaikan.

3. Pahami berita yang akan disampaikan

Silahkan baca dan lihat topik yang akan disampaikan. Jangan pasang muka ceria saat berita kriminal atau berita duka. Kecuali beritanya senang dan ceria maka tak masalah jika harus tersenyum santai.

Untuk praktek mengenai bacaan pembukaan, teks berita, dan penutup silahkan lihat teks yang sudah kami tulis berikut ini:

Contoh Pembukaan, Teks Berita, Penutup, dan Video Panduan Praktik

Bagi yang menyukai dunia penyiaran dan tertarik ingin mempelajarinya, disini terdapat contoh teks berita disaat presenter menyajikan informasi tersebut kepada publik. Berikut teks berita dan contoh video panduan jadi presenter tv wajib anda pahami, sebagai bahan latihan:

------------------------------------------------
PEMBUKAAN:

Selamat malam pemirsa/ Radar Malam hadir menjumpai anda di edisi kali ini/ bersama saya... / dan saya .../ sejumlah informasi terkini/ dan teraktual seputar provinsi lampung/ akan kami sajikan untuk anda/ berikut berita utama/// (silahkan kreasikan sesua gaya bahasa mu).

ISI:

Pemirsa/ Provinsi Lampung menjadi salah satu tujuan wisatawan saat liburan/ Lampung memiliki 7 tempat wisata yang menarik/ Diantarnya/ wisata bahari/ wisata alam/ wisata pendidikan/dan wisata religinya// 7 tempat wisata ini sangat cocok bagi anda/ yang akan berlibur bersama keluarga dan kerabat//tak heran/ belakangan ini tempat wisata Lampung pada pengunjung/// (Ket: untuk bahan belajar, ambil berita dari media online atau koran).

PENUTUP:

Pemirsa informasi tadi/ sekaligus mengakhiri perjumpaan kita di radar malam kali ini/ saya ... // dan saya...../ mewakili seluruh kerabat kerja yang bertugas/ pamit undur diri dari hadapan anda/ selamat malam/ sampai jumpa. 

----------------------------------------------

Untuk contoh teks cara membawakan berita disaat akan jeda iklan dan masuk setelah iklan, berikut ini:

"Pemirsa informasi lainnya akan kami hadirkan usai jeda pariwara/ tetaplah bersama kami/ Radar Malam segera kembali///".

"Terimakasih pemirsa anda masih bergabung bersama kami di Radar Malam///". (Langsung baca ke berita selanjutnya).


Dalam membawakan berita maka perlu memperhatikan 7 persiapan sebelum membawakan berita supaya lebih baik.

Sebagai informasi untuk anda, bahwa ketika membaca teks berita didepan kamera, anda wajib memperhatikan tanda baca berupa  (//),  (/) dan (///). Usahakan dalam penyampaian berita harus dengan penekanan dan suara yang lebih baik.

Cara jadi penyiar televisi yang lengkap dengan contoh pembukaan, teks berita, dan penutupnya di atas lebih mudah anda jadikan untuk melatih tehnik vokal secara dasar.

Jika bingung lihat dimana titik waktu anda berhenti sejenak, berhenti karena tanda titik, dan berhenti karena berita selesai. Anda bawakan saja secara santai dengan bahasa yang lugas dan jelas.

Demikian info mengenai cara jadi presenter televisi yang lengkap dengan contoh pembukaan, teks berita, dan penutupnya. Silahkan perbanyak latihan membaca teks berita supaya lebih mantap dan terbiasa. 

Nah untuk lebih membantu maka perbanyak mengikuti casting untuk mengawalinya dan menjadikan public speaking semakin baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel