Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Contoh Menu Buka Puasa Senin Kamis Yang Praktis

Contoh menu buka puasa senin kamis yang praktis dapat memilih sesuai selera. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunah sebagai salah satu ibadah umat muslim yang banyak manfaat. 

Puasa Senin Kamis banyak dilakukan umat muslim. Puasa sunnah senin kamis juga dianjurkan makan sahur terlebih dahulu. Makan dengan sayuran sesuai selera. 

Begitu pula saat berbuka puasa, jangan lupa berbukalah dengan yang manis. Mengenai hidangan saat puasa senin kamis harus di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan. 

Jangan memaksakan diri menikmati makanan yang berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Cukup berbuka dengan sederhana, air putih, buah, nasi dan lauk, dilengkapi sayuran.  
Contoh Menu Makanan Buka Puasa

Puasa senin kamis tidak dilakukan secara bersamaan seperti puasa di bulan ramadan. Sehingga kadang tidak perlu persiapan untuk menu sahur dan berbuka. 

Apalagi bagi yang sedang merantau dan rutin puasa senin kamis tak perlu khawatir, ada banyak pilihan menu buka puasa yang lebih praktis yang tidak akan membuat kantong jebol. Berikut contoh menu buka puasa senin kamis;

1. Nasi Sayur

Nasi sayur cukup efektif dijadikan menu buka puasa. Nasi sayur dapat dibuat sendiri, misalnya nasi, rebusan bayam, ikan atau telur. Untuk yang lebih mudah tinggal beli nasi sayur di kedai terdekat.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng  menu sederhana yang cocok untuk buka puasa. Nasi goreng langsung dibuat dengan bahan nasi, kecap, garam, dan bawang putih dihaluskan. Tambahkan telur dadar atau direbus. 

3. Ikan Goreng dan Sambal terasi

Menu buka puasa senin kamis dengan ikan goreng dan sambal terasi sangat nikmat. Ikan digoreng kemudian di sambal atau dengan membuat sambal terasi.

4. Nasi dan Telur Dadar

Menu buka puasa lainnya ialah nasi dan telur dadar. Telur bisa langsung di goreng dengan tambahan tepung dan irisan bawang, atau direbus lalu dibuat sambal goreng.

5. Bihun goreng

Contoh buka puasa senin kamis yang sederhana ialah bihun goreng. Bihun direbus lalu digoreng dengan bawang, kecap, lada, garam, dan telur. 

6. Nasi padang

Untuk lebih praktis menu buka puasa senin kamis ialah nasi padang. Tinggal pilih menu sesuai selera seperti ayam, ikan, rendang, dan lainnya. 

7. Pecel lele, ayam, dan bebek

Nasi pecel lele sangat praktis untuk menu buka puasa senin kamis. Pecel lele, ayam, dan bebek sangat lezat. 

8. Sayur bening

Sayur bening memang sederhana tapi nikmatnya mantap. Sayur bening jadi menu buka puasa senin kamis dengan tambahan ikan goreng dan sambal terasi akan lebih nikmat dan disantap dengan nasi hangat.

9. Tempe dan tahu goreng

Tempe dan tahu goreng adalah menu buka puasa senin kamis yang lebih hemat. Ada tempe, tahu goreng dan telur goreng atau ikan goreng serta sambal sebagai pendukungnya.

Tips Berbuka Puasa Senin Kamis

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat berbuka puasa maka hindari mengkonsumsi minuman dingin karena sangat kurang baik. 

Maka berbukalah dengan minum air hangat.
Berikut ini tips buka puasa senin kamis agar badan tetap sehat;

1. Utamakan minum air hangat, sebagian orang tidak suka dengan minum air hangat saat berbuka, padahal manfaatnya sangat banyak diantaranya badan tidak lesu, dan menstabilkan badan agar tetap kuat.

2. Berbukalah dengan yang manis, makanan yang manis seperti kurma, dan buah-buahan. Makanan yang manis dapat menambah energi dan kondisi tubuh stabil. 

3. Hindari berbuka puasa dengan makan gorengan. Sebaiknya minum air hangat, buah-buahan, dan makan.

4. Hindari saat berbuka langsung makan dan minuman yang mengandung soda. Ini sudah pasti tidak baik untuk kesehatan, apalagi saat perut kosong maka akan membuat perut anda terasa nyeri dan sakit.

5. Jangan berbuka puasa dengan minum kopi. Ini sangat berbahaya, dan ini sangat mengkhawatirkan jika anda memiliki penyakit mag. Usahakan minum kopi setelah beberapa menit setelah berbuka puasa.

Tips berbuka puasa senin kamis diatas memang sederhana. Tergantung masing-masing orang. Sebelum makan dan minum sebaiknya baca doa terlebih dahulu. Agar selalu mendapatkan keberkahan dan bermanfaat.