Cara Chek In Online Pesawat Terbang

Chek in pesawat terbang dapat dilakukan secara langsung maupun online. Untuk chek in pesawat terbang secara online dapat dengan mengikuti petunjuk yang berlaku sesuai operasi standar. 
Biasanya chek in pesawat terbang di lakukan saat di Bandara, namun kemajuan tehnologi membuat aktivitas lebih mudah yang dapat dilakukan secara online. Berikut cara chek in pesawat terbang secara online melalui tiket2.com

1. Lakukan pemesanan tiket pesawat terbang melalui situs Tiket2.com 

2. Setelah melakukan pemesanan, Anda akan dikirimkan e-ticket.

3. E-ticket akan dikirkan melalui alamat e-mail pada Smarphone (terdaftar saat memesan tiket).

4. E-ticket akan dicetak dan dibawa pada saat keberangkatan menuju Bandara.

4. Tentukan tiket pesawat untuk pulang pergi (pp) atau pemesanan untuk 1x keberangkatan.  

5. Tentukan untuk maskapai penerbangan yang dipilih dan perhatikan terminal Bandara pesawatnya.

6. Tiba di terminal Bandara, maka tunjukan tiket pesawat telah dipesan sebelumnya (dibeli). 

7. Masukan tiket kedalam saku atau tas bersama dengan identitas dan kartu lainnya. Supaya saat chek in lebih mudah.

8. Jangan lupa bawaklah barang seperlunya saja. Karena pada saat di bandara akan melewati pengecekan barang sebanyak 3x, mulai dari sebelum ke konter check in dan lapis kedua dan ketiga sesaat sebelum masuk di boarding room.

9. Barang berharga sebaiknya pisahkan ke tas pegangan khusus yang mudah dibawa, dan barang lainnya dapat dibagasikan atau di kabin.

 10. Perhatikan kuota bagasi  maskapai karena masing-masing maskapai memiliki ketentuannya.

11. Kemudian langsung check in di konter maskapai penerbangan yang akan dinaiki. Pastikan KTP dan tiket pesawat yang sudah dicetak. 

12. Jika bingung tempat konter check in penerbangan yang akan dinaiki, maka tanya langsung dengan petugas di bandara yang akan senang hati memberitahukannnya.

13. Saat berada di konter check in, perlu menyiapkan tas (koper) untuk di taruh di bagasi pesawat. Lakukan penimbangan yang berada di sebelah petugas, dan tas Anda akan diberi label khusus dan bukti nomor tas yang masuk bagasi oleh petugas. 

14. Bukti nomor tas jangan sampai hilang, tujuannya untuk mengambil tas (koper) di bandara tujuan.

13. Selesai chek in, akan mendapatkan Boarding Pass yaitu tiket untuk memasuki pesawat yang akan dinaiki. Boarding Pass berisi data diri lengkap, nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan pesawat.

14. Kemudian setelah semua selesai, segera masuklah ke boarding room yang dipisahkan oleh gate. Duduklah di gate yang tertera di boarding pass pegangan anda.

15. Jika bingung dan belum yakin maka tanyakan ke petugas yang ada di boarding room, silahkan menunggu pesawat.

16. Tunggu dan perhatikan informasi kedatangan pesawat yang akan dinaiki. perhatikan informasi rute pesawat dan nomor penerbangan yang akan diumumkan petugas dan memberitahu penumpang untuk menuju pesawat.

17. Masuklah bersama rombongan yang satu maskapai menuju kedalam pesawat dan cek kembali nomor kursi anda. 

18. Jika nomor kursi anda berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu bagian depan pesawat. Namun, jika kursi anda memiliki nomor tengah sampai akhir, naiklah dari pintu belakang.

19. Jika membawa koper kecil atau tas barang bawaan yang muat di bagasi pesawat, Anda bisa langsung meletakkannya di bagasi kabin di atas kursi anda. 

20. Jika hanya membawa tas tangan kecil, tak perlu menaruhnya dalam kabin, Anda bisa memangkunya saat duduk. Selesai menaruh tas di bagasi kabin, duduklah dan kenakan sabuk pengamanan.

21. Setelah sampai di bandara kota tujuan, lepaskan sabuk pengaman sampai pesawat benar-benar berhenti.

22. Ambil tas yang dititipkan di bagasi pesawat, Anda harus segera menuju ke tempat pengambilan bagasi sesuai nomor pesawat Anda dan tunjukkan nomor bukti penitipan ke petugas. 

Untuk lebih mudah dalam pengambilan tas, maka sebaiknya disiapkan saat di kota keberangkatan telah memberi tanda khusus atau disebut luggage tag di tas yang Anda titipkan. Cara lain ialah memilih tas  dengan warna yang mencolok supaya lebih mudah mengenalinya.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel