Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menjadi MC yang Baik Bagi Pemula

Cara menjadi MC yang baik dan menarik mesti latihan Sebab, MC tak serta merta harus mengandalkan asal bicara saja tetapi harus didukung secara keseluruhan. Mulai dari pembawaan, komunikasi yang searah sesuai acara, dan menghidupkan suasana agar lebih kondusif. 

Misalnya untuk menjadi MC pemula yang belum pernah membawakan acara, maka pelajari dulu cara menyampaikan mulai dari pembukaan dan penutup. Ini sangat penting diperhatikan kemudian belajar tehnik dalam menyampaikan dan pembawaan MC. MC atau Master Of Ceremony adalah seseorang yang berperan dalam memandu acara. Diambil dari kata Master artinya seseorang yang sudah menguasai/ahli dalam hal tertentu berdasarkan pengalaman dan pembelajaran yang telah didapatkan selama menjadi MC.

Sedangkan kata Ceremony adalah merujuk kebagian sebuah acara atau event dalam hal pelaksanaan, dan penyelenggaraan. Maka perlu cara agar membawakan acara berjalan lancar.

MC Pemula adalah seseorang yang berniat untuk menjadi pembawa acara dan berniat untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan sistem pemandu acara. Menjadi MC bagi pemula adalah sebuah tantangan perdana, dimana semakin sering tampil dan dikoreksi akan terbiasa.

Cara Menjadi MC Pemula

Menjadi MC yang baik dapat dipelajari secara perlahan, bahkan memperhatikan ketika pembawa acara di suatu acara. Supaya mendapatkan banyak pemahamannya. Berikut cara menjadi MC yang baik bagi pemula;


1. Siapkan Susunan Acara

Siapkan susunan acara MC, sebaiknya dipersiapkan lebih awal, supaya tidak lancar dalam membawakan acara. 

2. Penampilan

Sesuai dengan tema MC maka jangan sampai outfit yang di pakai tidak sesuai dengan tema acara karena dapat membuat anda tidak nyaman dan tidak percaya diri.

3. Terus Berlatih

Berlatihlah secara rutin, dan terus belajar. Kemudian pelajari pembawaan cara menjadi MC yang baik dan cara mengkondisikan acara. 

4. Kritik dan Saran

Jangan malu untuk meminta kritik dan saran kepada rekan-rekan terdekat setelah tampil MC. Tanya kepada orang-orang terdekat, karena dengan begitu anda bisa mengetahui apa yg perlu di perbaiki agar lebih baik kedepannya.

5. Berempati

Memiliki rasa empati, harus terbuka dan peduli dengan keadaan sekitar. Ini bertujuan supaya lebih santai dan fokus dalam membawakan acara.

6. Percaya diri tidak berlebihan

Ini penting untuk percaya diri tapi jangan over confident, karena dengan percaya diri yang tepat akan membuat aura positif untuk pribadi dan untuk sekeliling/audience. Sehingga mereka percaya bahwa anda mampu membawakan acara yang sudah diamanahkan.

Sebenarnya tidak susah bagi yang ingin menjadi Profesional MC. Kuncinya hanya satu yakni yakin dan konsisten dalam berlatih. Semua materi MC baik dari tehnik dan pembawaannya pun harus terarah dan dipahami dengan baik. 

Apalagi bagi MC pemula memang sangat tepat dalam mendahulukan latihan dasar.
Tak salah bagi yang ingin menjadi seorang MC dan tertarik untuk menekuninya dengan baik. Semakin banyak berlatih akan semakin terbiasa.

Tehnik Menjadi MC Yang Baik Bagi Pemula

Lalu bagaimana cara menjadi mc yang baik bagi pemula? Untuk itu, akan kami bagikan tips untuk anda berikut ini dan jangan lupa pahami kemudian anda praktekkan langsung:

Tehnik Suara yang Baik

Tahap ini cara dalam mengahasilkan suara yang baik supaya para pendengar dan penonton terfokus. Tehknik suara yang dimaksud meliputi:

a. Speed

yakni standar dari kecepatan suara yang harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Termasuk bentuk acara yang anda bawakan bagaimana.

b. Volume

Yakni menghasilakan suara yang bulat dan renyah didengar. dalam memandu sebuah acara, suara yang dihasilkan harus terdenagr jelas dan tegas.

c. Tone

Ini juga wajib kamu ketahui, bahwa tinggi rendah suara sangat mempengaruhinya, agar penonton merasa nyaman, dan tidak merasa bosan selama anda berdiri membawakannya.

d. Timbre

Ini merupakan suara yang dikolaborasikan dengan ekspresif, hal ini bertujuan agar mudah dalam mempengaruhi pendengar.

e. Power

Selain itu, yang perlu anda jaga adalah kekuatan suara. Suara yang dihasilkan harus tepat yakni harus sesuai dengan pemakaian kata yang anda ucapkan.

f. Nafas

Tahknik nafas disini ialah posisi anda ketika berbicara dengan bernafas menggunakan perut, ini menghindarkan jika bernafas melalui hidung maka akan terdengar dengkusan angin yang keluar, sehingga mengurangi citra anda sebagai mc yang baik.

Teknik Komunikasi

Perlu anda perhatikan bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik dan sukses saat menjadi seorang MC agar anda lebih professional maka pahami petunjuk berikut:

a. Intonasi

Ini yang perlu dipahami dari segi suara, usahakan tidak datar, dan mengandung irama.

b. Artikulasi 

Yakni tentang pengucapan saat anda berkata, usahakan setiap kalimatnya harus jelas dan benar, agar mudah dimengerti oleh audiens.

c. Phrasing.
Ini sering dilakukan oleh profesional. Jadi, disetiap kalimat atau paragraf mengandung jeda dan tidak tergesa-gesa.

d. Stressing

Ini sangat penting, supaya ketika anda berbicara menghasilkan suara gema dan berwibawa. Tidak samar-samar dan tidak seperti orang posisi lapar.

e. Infleksi

Ini biasa dikenal dengan nada kalimat, yakni adanya perubahan dari nada disetiap kalimatnya, artinya tidak monoton dan berakarakter. Perlu anda perhatikan hindari pengucapan kalimat yang sama di bagian setiap kata (redundancy), karen orang akan bisan dan jenuh.

Setelah memahami dibagian tehnik melaui teori diatas, selanjutnya penguasaan panggung dan mempengaruhi audiens agar suasana menjadi hidup. Membacakan atau berbicara dengan kondisi para pendengar. Tepatkan posisi dimana waktunya anda memberikan lelucon, berkata dengan nada cepat, lambat, dan santai.

Ciptakan Karakter Suara Anda

Membawakan acara, saat membacakan teks atau dalam penyampaiannya mesti disesuaikan, hindari dengan pembawaan intonasi yang sama dari awal sampai acara selesai. 

Apa dampak yang terjadi? Dalam membawakan acara akan terlihat membosankan. Ada waktu dimana membawakan acara dengan santai, fokus, dan lainnya.

Misalnya di nada yang ngegas dan tinggi pada waktu mempersilahkan para penari. "INILAH TARI SIGERKH PENGUNTEN" atau pada kalimat "KITA SAMBUT INILAH PEMBAWA ACARA MALAM HARI INI ...dan..."

Jika dalam mempersilahka dan mengucapkanya dengan santai atau datar, audiens akan kurang bersemangat dan suasan menjadi sepi dan hening. Hal Ini yang mesti di pahami, oleh karena itu simak rumusnya:

a. Anda menajadi MC di Acara resmi.
Perhatikan gaya bahasa yang sesuai berikut ini.
  • Speed : Natural – lambat
  • Tone : Rendah
  • Volume : Kuat
  • Power : Kuat
  • Timbre : Khidmat, serius
b. Posisi anda MC acara hiburan.
Meliputi,
  • Speed : Kadang agak cepat
  • Tone : Fluktuatif
  • Volume : Kuat
  • Power : Kadang-kadang kuat
  • Timbre : Khidmat, serius
Dari keduanya kita harus bisa membedakan porsi pembawaannya. Begitu juga dengan MC semi formal hanya memainkan tehnik perpaduan keduanya.

Penampilan Tidak Berlebihan

Jika sudah siap membawakan acara, maka harus anda sesuaikan terlebih dahulu dengan konsep acaranya. Misalkan acara formal maka gunakan jas, kemeja, dasi, lengkap dengan celan bahan, dan sepatu pantopel. Begitu juga perempuan bisa menggunakan blezer dan lainnya.

Berbeda jika acara semi formal seperti acara ulang tahun misalnya. Maka gunakan pakai antar formal dengan non formal. Begitu juga jika acaranya non formal contohnya jalan sehat, maka gunakan kaos dari penyelenggara acara. Tambahkan aksesoris pelengkap seperti Topi, kacamata, dan sebagainya.

Gunakan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh dapat membuat seseorang tampil memukau dan lebih percaya diri, perlu anda ingat bahwa seorang MC jika sudah berada dipanggung maka akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Jika anda akan duduk, ingat selalu posisi tegak, bahu relaks, tangan diatas pangkuan, dan tersenyum.

Begitu juga sikap berdiri yakni Untuk wanita membentuk sudut 45°, posisi badan tegak, dan dada tegap, serta bahu relaks. Begitu juga bagi pria, kaki sedikit terbuka, posisi cool, dan energik. 

Selanjutnya perhatikan juga posisi anda berjalan, yakni tubuh tegap, bahu relaks dan langkah mantap, dagu posisi lurus ke depan disesuaikan dengan kondisinya. Ini bertujuan supaya anda tidak grogi dan demam penggung.

Tehnik Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri salah satu modal awal seorang MC, jika anda pemalu maka harus berusaha berlatih dan paksakan untuk tampil. Agar kepercayaan diri anda semakin mantap, berikut cara membangun percaya diri seorang MC:

- Selalu Evaluasi diri.
Evaluasi diri ialah mencari dan selalu menilai dimana letak kekurangan kita di atas panggung disaat membawakan acara.

- Memperbanyak wawasan, seperti mengikuti organisasi, terlibat dalam panitia kegiatan. Hal ini supaya tidak merasa khawatir apabila anda bertemu dan berbicara dengan orang-orang disekitar anda.

- Memperbaiki penampilan. Jadi, jika anda sebelumnya berpenampilan biasa saja, maka jika anda menjadi mc usahakan penampilan harus di sesuaikan dengan acaranya.

Sebenarnya membawakan acara atau MC harus banyak berlatih. Supaya mampu membawakannya dengan baik, terarah, dan kondusif. Jadi jangan sampai disepelekan.

Catatan:

"Materi dan Tehnik MC sangat beragam, setiap orang pasti punya cara tersendiri dalam membawakan berbagai acara. Anda bisa menjadikan informasi ini sebagai tambahan untuk pembelajaran saja. Buka berarti menggurui siapapun"

Kuncinya adalah yakin dengan kemampuan diri dan banyaklah berlatih.
Ingat, sukses tidaknya rangkaian acara  tergantung pembawaan MC. Karena MC sebagai pengendali acara.